Berbagai Risiko Akibat Berhubungan Seks dengan PSK

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 6 September 2017 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

PSK atau pekerja seks komersial, sejatinya merupakan salah satu profesi tertua yang telah eksis sejak berabad-abad lalu. Maka, tidak dipungkiri jika PSK memiliki porsi penting dalam konteks mencari kepuasan alat kelamin. Para lelaki khususnya, sering menikmati para pekerja layanan jasa pemuas birahi ini, dan tentunya hal tersebut tidak luput dari risiko dan bahaya yang mungkin saja menghampiri mereka yang suka “jajan.” Untuk lebih lengkapnya, simak beberapa risiko dan alasan seseorang berhubungan seks dengan PSK di bawah ini.

Risiko ketika seseorang berhubungan seks dengan PSK

Berhubungan seks dengan PSK dapat berpotensi berisiko tertular infeksi menular seksual (IMS), pastinya Anda telah paham tentang risiko yang satu ini. Infeksi menular seksual dapat diakibatkan karena adanya interaksi kontak antar seks, kulit, dan bahkan dengan ciuman sekalipun. Mengapa demikian?

Pada dasarnya, saat Anda berhubungan seks dengan PSK, Anda tidak tahu bagaimana kondisi kesehatan para penghuni rumah bordil tersebut. Jadi, pastinya Anda dapat berisiko besar untuk terkena penyakit menular seksual tersebutm meskipun Anda telah menggunakan kondom (kondom bisa robek). Nah, simak beberapa penyakit yang Anda bisa dapatkan akibat melakukan seks dengan PSK:

1. Terkena HIV

Human Immunodeficiency Virus atau HIV merupakan salah satu virus yang cara penyebarannya melalui cairan tubuh (pada kasus ini, cairan sperma bertemu cairan vagina). Virus paling mematikan ini, sering kali disebabkan oleh seks bebas, begitupun dengan hubungan seks dengan PSK.  Pada dasarnya, virus menyerang sistem kekebalan tubuh, ketika sudah berkembang menjadi parah, virus ini akan berubah menjadi AIDS.

Pertama kali Anda terinfeksi, mungkin tidak akan menunjukkan gejala. Apalagi jika Anda masih terus menggunakan jasa pemuas seks. Bahkan setelah bertahun-tahun Anda bisa saja tidak sadar bahwa Anda telah terkena. Berikut beberapa kondisi tubuh yang terkena gejala HIV:

  • Demam berkepanjangan
  • Sakit kepala dan pusing, rentan terkena virus infulenza
  • Sakit tenggorokan
  • Pembengkakan kelenjar pada getah bening
  • Muncul ruam
  • Lemah

2. Human papillomavirus (HPV)

Human papillomavirus (HPV) adalah salah satu virus yang umum tertular lewat hubungan seksual. Sama seperti yang lain, terkadang virus ini tidak menunjukkan tanda-tanda kemunculannya, tapi tetap ada beberapa tanda yang bisa Anda perhatikan, berikut ini:

  • Terdapat beberapa kutil yang menyebar dengan jarak berhimpitan menyerupai bunga
  • Rasa gatal atau tidak nyaman di area genital Anda
  • Perdarahan saat berhubungan seks

3. Ketagihan seks

Berbicara soal ketagihan, sesuatu yang dianggap “menyenangkan” pastinya akan dilakukan terus menerus, maka kebutuhan akan kesenangan ini menjadi adiktif. Bila sudah ketagihan seks, bila tidak melakukannya akan menjadikannya frustrasi dan berbagai gejala psikologis lainnya. Studi menemukan bahwa keterusan mencari dan “menggunakan” PSK, akan menimbulkan kerusakan emosi (emotional damage) pada pria. Pada tahap ini maka kesadaran diri dan penyesalan tidak cukup, perlu ada terapi khusus mengatasi ketagihan seks ini.

Alasan mengapa seseorang memilih berhubungan seks dengan PSK

Berbicara risiko, tidak lengkap tanpa alasan dan tujuan mengapa seseorang melakukan seks dengan PSK. Beberapa penjelasan di bawah ini, umumnya dipengaruhi oleh stimulasi otak yang terhubung dengan kelamin, lalu berdampak kepada pemikiran dan perilaku yang mengacu kepada keinginan tertentu, seks contohnya.

Berikut ini merupakan alasan-alasan paling mendominasi mengapa seseorang mau melakukan seks dengan PSK:

1. Ingin mendapatkan seks dari wanita yang lebih “jago”

PSK pastinya, secara tidak langsung dilatih dan dididik memuaskan pelanggan, dengan begitu pengalaman mereka di bidang memuaskan pelanggan telah teruji dan banyak diakui oleh para lelaki. Maka, tidak jarang pria mau membayar PSK, demi mendapatkan kepuasan seks yang maksimal.

2. Cara mudah mendapatkan seks

Pergi ketempat penjajah seks, memang menjadi cara termudah bagi orang yang ingin melakukan seks. Selain itu, bberapa pria yang melakukan seks dengan PSK menyatakan, bahwa berhubungan seks dengan pelacur tidak merepotkan. Pria tidak perlu mementingkan perasaan mereka ataupun harus berhubungan jauh selepas melakukan seks, hal ini dikenal dengan sebutan “cinta satu malam”.

3. Syndrom mysogyny

Sindrom misogyny ini merupakan penyakit mental yang dapat menyerang pria yang memiliki trauma masa lalu. Pria ini pada dasarnya mencari PSK karena membenci sosok wanita. Maka pria model ini akan berusaha merendahkan perempuan yang dibayarnya. Berbagai kekerasan dan perendahan yang membuat malu perempuan akan dilakukan, karena merasa sudah membayar. Ini merupakan salah satu  penyakit mental berbahaya yang ada pada pria.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

3 Hal yang Membuat Seks Tidak Lagi Terasa Memuaskan, dan Cara Mengatasinya

Lama-lama, seks bisa jadi membosankan. Apakah artinya sudah tak saling cinta lagi? Bisakah hubungan suami istri terasa nikmat seperti dulu lagi?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Hidup Sehat, Seks & Asmara 24 September 2020 . Waktu baca 4 menit

5 Hal yang Harus Anda Lakukan Ketika Menyaksikan Bullying

Anda sering melihat bullying tapi tidak tahu harus berbuat apa? Anda ingin menolong korban tapi takut? Cari tahu di sini apa yang harus Anda lakukan!

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Hidup Sehat, Psikologi 24 September 2020 . Waktu baca 5 menit

Apakah Posisi Kencing Berdiri Berbahaya untuk Kesehatan?

Kencing dengan posisi berdiri kerap dilakukan pria, tapi mereka yang mengidap gangguan saluran kemih justru dilarang. Apa alasannya?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Novita Joseph
Urologi, Kandung Kemih 24 September 2020 . Waktu baca 5 menit

Kenapa Cuaca Dingin Bikin Rematik Kumat dan Bagaimana Mengatasinya?

Istilah 'dingin sampai menusuk tulang' bisa terjadi pada penderita rematik Nyeri sendi akibat rematik kambuh bisa disebabkan oleh cuaca, bagaimana bisa?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Hidup Sehat, Tips Sehat 24 September 2020 . Waktu baca 3 menit

Direkomendasikan untuk Anda

pasangan malu berhubungan intim

6 Tips Membantu Pasangan yang Malu Berhubungan Intim

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 28 September 2020 . Waktu baca 4 menit
cedera kaki pakai tongkat kruk

Begini Cara Menggunakan Tongkat Kruk yang Benar Saat Sedang Cedera Kaki

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 28 September 2020 . Waktu baca 4 menit
psoriasis kuku

Penyebab, Gejala, dan Cara Mengatasi Psoriasis pada Kuku

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 28 September 2020 . Waktu baca 7 menit
ensefalopati uremikum

Ensefalopati Uremikum, Komplikasi Gangguan Ginjal yang Menyerang Otak

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 25 September 2020 . Waktu baca 4 menit