home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Apakah Haid Tidak Teratur Tetap Bisa Hamil?

Apakah Haid Tidak Teratur Tetap Bisa Hamil?

Saat merencanakan kehamilan dengan siklus menstruasi tidak teratur, Anda akan berhadapan dengan ketidakpastian. Apalagi, sebagian besar wanita juga mungkin mempertanyakan apakah kondisi haid tidak teratur bisa hamil? Walaupun mengalami kesulitan, bukan berarti Anda tidak bisa hamil sama sekali. Simak penjelasannya di bawah ini.

Apakah kondisi haid tidak teratur bisa hamil?

haid tidak teratur bisa hamil

Haid tidak teratur adalah kondisi ketika Anda mengalami siklus menstruasi yang berbeda dari biasanya. Jadi, jarak antara siklus haid atau menstruasi terus berubah.

Wanita dengan siklus menstruasi normal atau teratur, yaitu berkisar dari 21- 35 hari akan mengalami antara 11-13 kali menstruasi dalam satu tahun kalender.

Artinya, ada kemungkinan Anda akan mempunyai sekitar 13 peluang kehamilan setiap tahun.

Sebaliknya, wanita yang mengalami haid tidak teratur mungkin memiliki kesempatan hamil jauh lebih sedikit karena masa subur pun tidak pasti.

Mengutip dari Kids Health, wanita yang mengalami haid walaupun tidak teratur masih bisa hamil. Namun, memang menjadi lebih sulit karena tergantung dengan penyebabnya.

Apalagi, Anda juga tidak dapat mengetahui kapan masa haid serta ovulasi akan tiba. Jadi, semakin jarang mengalami ovulasi, semakin sedikit pula kesempatan Anda agar cepat hamil.

Cara merencanakan hamil untuk haid tidak teratur

haid tidak teratur bisa hamil

Umumnya, penyebab utama dari haid tidak teratur adalah ketidakseimbangan produksi hormon estrogen dan progesteron.

Namun, jika terjadi dalam jangka waktu yang cukup lama tidak menutup kemungkinan penyebabnya adalah masalah kesehatan seperti PCOS, endometriosis, fibroid, stres, hingga gangguan makan.

Maka dari itu, Anda perlu melakukan pemeriksaan terlebih dahulu agar mengetahui program atau cara merencanakan hamil yang tepat untuk kondisi haid tidak teratur sehingga bisa cepat hamil.

Berikut adalah cara merencanakan kehamilan untuk mengatasi haid tidak teratur agar bisa cepat hamil yang bisa Anda lakukan, seperti:

1. Memperhatikan siklus menstruasi

Walaupun siklus haid tidak dalam waktu yang teratur, tidak ada salahnya bagi Anda untuk mencatat waktu menstruasi untuk menambah peluang bisa hamil.

Mungkin saja, Anda dapat memperkirakan kapan masa subur serta ovulasi sekaligus menjadi catatan tambahan untuk dokter.

2. Menggunakan alat tes masa subur

Tak hanya alat tes kehamilan, Anda juga bisa menggunakan alat tes kesuburan saat melakukan program hamil untuk kondisi haid tidak teratur agar bisa hamil.

Alat ini digunakan untuk mendeteksi luteinizing hormone (LH), yaitu hormon reproduksi yang memicu wanta untuk berovulasi dan melepaskan sel telur.

Selain itu, Anda juga bisa mencoba kalkulator masa subur untuk membantu menentukan kapan waktu yang paling memungkinkan untuk hamil walaupun siklus haid tidak teratur.

3. Rutin berhubungan seksual

Dalam kondisi siklus haid teratur, dokter mungkin menyarankan Anda untuk melakukan hubungan seksual pada masa subur atau mendekati waktu ovulasi.

Namun, salah satu cara mengatasi haid tidak teratur agar cepat hamil adalah dengan rutin berhubungan intim tanpa alat pengaman.

Untuk menentukan waktunya, Anda bisa memperkirakan kapan kira-kira siklus menstruasi akan tiba. Selain itu, Anda juga bisa melakukan hubungan seksual 2 hari sekali atau 2 – 3 kali dalam seminggu.

4. Mengonsumsi obat

Haid tidak teratur bisa saja terjadi karena Anda mengalami masalah kesuburan sehingga memengaruhi bisa hamil atau tidak.

Jika ada hubungannya dengan kesuburan, mungkin dokter akan memberikan obat kesuburan sesuai dengan penyebab haid tidak teratur.

Sebagai contoh, apabila penyebabnya adalah karena ketidakseimbangan hormon tiroid kemungkinan dokter akan memberikan pengobatan yang sesuai.

Ini dilakukan untuk mengembalikan kesuburan serta siklus haid yang tadinya tidak teratur sehingga Anda bisa merencanakan program hamil.

5. Mengubah gaya hidup

Mungkin saja, penyebab siklus menstruasi yang tidak teratur adalah karena obesitas atau malah berat badan kurang (underweight).

Kondisi ini pula yang dapat mengakibatkan ketidakseimbangan hormon sehingga siklus menstruasi menjadi tidak normal.

Maka dari itu, cara mengatasi haid tidak teratur yang sebaiknya Anda lakukan adalah dengan mengubah gaya hidup agar bisa cepat hamil.

Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui diet seimbang yang tepat sesuai dengan kondisi tubuh.

Intinya, wanita mempunyai kondisi tubuh yang berbeda-beda. Hal ini pula yang membuat Anda sebaiknya berkonsultasi ke dokter saat mengalami haid tidak teratur.

Pemeriksaan haid tidak teratur perlu dilakukan walaupun Anda sedang merencanakan agar bisa hamil atau tidak.

Sebagai contoh, Anda tidak mengalami menstruasi lebih dari 90 hari dan tidak mengalami kehamilan. Begitu juga saat jendela haid kurang dari 21 hari atau 35 hari.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Irregular Periods (for Teens) – Nemours KidsHealth. (2021). Retrieved 7 April 2021, from https://kidshealth.org/en/teens/irregular-periods.html

Irregular periods . (2017). Retrieved 7 April 2021, from https://www.nhs.uk/conditions/irregular-periods/

Can a Girl Get Pregnant if Her Periods Are Irregular? (for Teens) – Nemours KidsHealth. (2021). Retrieved 7 April 2021, from https://kidshealth.org/en/teens/irregular-periods-qa.html

Menstrual cycle: What’s normal, what’s not. (2021). Retrieved 7 April 2021, from https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/womens-health/in-depth/menstrual-cycle/art-20047186

Irregular Periods: Why Is My Period Late? – Penn Medicine. (2021). Retrieved 7 April 2021, from https://www.pennmedicine.org/updates/blogs/womens-health/2020/november/irregular-periods-why-is-my-period-late

Hospital, T. (2021). Healthy periods. Retrieved 7 April 2021, from https://www.thewomens.org.au/health-information/periods/healthy-periods

Trying to conceive | Womenshealth.gov. (2016). Retrieved 7 April 2021, from https://www.womenshealth.gov/pregnancy/you-get-pregnant/trying-conceive

 

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh Atifa Adlina
Tanggal diperbarui 08/02/2017
x