home
close

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

4 Cara Efektif untuk Mencegah Penularan Trikomoniasis

4 Cara Efektif untuk Mencegah Penularan Trikomoniasis

Trikomoniasis adalah penyakit yang ditularkan melalui hubungan seksual. Penyakit kelamin ini bisa menular dengan sangat mudah karena kebanyakan orang yang terinfeksi tidak mengalami gejala apa pun sehingga tidak menyadari bisa menularkan penyakit. Meski begitu, Anda bisa melakukan beberapa pencegahan untuk menghentikan penyebaran penyakit trikomoniasis.

Cara mencegah penularan trikomoniasis

Dibandingkan pria, trikomoniasis lebih banyak dialami wanita.

Namun, setiap orang yang aktif berhubungan seksual bisa terinfeksi penyakit ini. Tak hanya hubungan seks yang melibatkan penetrasi vaginal, trikomoniasis bisa menular melalui seks oral dan seks anal.

Berdasarkan studi ilmiah dalam jurnal BMC Infectious Diseases, trikomoniasis disebabkan oleh infeksi parasit Trichomonas vaginalis.

Parasit ini menyebar ketika sperma dan cairan vagina yang terinfeksi masuk ke dalam penis, permukaan luar vagina, dan bagian dalam vagina.

Upaya pencegahan paling efektif untuk terhindar dari penyakit trikomoniasis adalah dengan tidak melakukan hubungan seksual apa pun.

Namun, Anda bisa memperkecil risiko penularan penyakit kelamin ini dengan melakukan cara pencegahan berikut.

1. Seks aman dengan kondom

kondom mencegah hiv

Menggunakan kondom saat melakukan aktivitas seksual merupakan cara efektif untuk mencegah penularan penyakit kelamin, termasuk trikomoniasis.

Alat kontrasepsi ini dapat menghindari perpindahan parasit penyebab trikonomiasis dari sperma ke dalam cairan vagina ataupun sebaliknya.

Gunakanlah kondom setiap kali Anda melakukan seks vaginal, seks oral, seks anal, atau interaksi seksual lain yang melibatkan pertukaran cairan kelamin.

Pilihlah jenis kondom yang terbuat dari bahan lateks karena ketahanannya kuat, elastis, dan nyaman digunakan.

Dengan begitu, Anda bisa terhindar dari risiko penularan trikomoniasis akibat kondom yang robek saat dipakai.

2. Tidak bergonti-ganti pasangan seksual

tentang seks

Mengurangi jumlah pasangan seksual dapat menekan risiko terinfeksi penyakit kelamin, termasuk mencegah trikomoniasis.

Jadi, lebih baik jika Anda bersetia dengan satu pasangan. Anda dan pasangan juga perlu mengetahui kondisi kesehatan seksual satu sama lain.

Oleh sebab itu, sebaiknya Anda dan pasangan saling memberi tahu jika terinfeksi trikomoniasis, pernah terinfeksi, atau memiliki riwayat hubungan seksual dengan orang yang terinfeksi penyakit ini.

Meskipun sulit untuk bercerita, Anda tak perlu terlalu khawatir karena penyakit kelamin ini bisa disembuhkan dengan pengobatan yang tepat.

Saat Anda mengalami gejala trikomoniasis, sebaiknya Anda tidak melakukan hubungan seks dengan siapapun sebagai upaya pencegahan.

Jika telanjur berhubungan seks, Anda dan pasangan perlu segera melakukan pengobatan trikomoniasis sampai benar-benar sembuh.

Setelah sembuh, menurut Planned Parenthood Anda tetap perlu melakukan hubungan seks aman dengan kondom.

Hal ini berguna untuk mencegah penularan dari infeksi yang masih berlangsung.

3. Melakukan skrining penyakit menular seksual

penyakit menular seksual

Bagi Anda yang hendak menikah, melakukan skrining (tes awal) penyakit kelamin dapat menjadi upaya yang tepat untuk mencegah infeksi trikomoniasis.

Seperti yang dijelaskan, orang yang terinfeksi penyakit kelamin ini belum tentu mengalami gejala atau tanda-tanda yang jelas sehingga sangat berisiko menginfeksi orang lain.

Tak hanya trikomoniasis, pemeriksaan penyakit kelamin bisa mendeteksi berbagai infeksi menular seksual lainnya seperti HIV, klamidia, dan sifilis.

Skrining secara berkala sebaiknya juga dilakukan oleh setiap pasangan yang aktif secara seksual setidaknya setahun sekali.

Berdasarkan hasil pemeriksaan secara rutin, Anda dapat mengetahui kondisi kesehatan seksual secara menyeluruh.

Namun, jangan menunggu jadwal pemeriksaan selanjutnya jika telah mengalami gejala trikomoniasis seperti bau tak sedap pada kelamin, gatal-gatal di sekitar organ intim, dan nyeri saat buang air kecil.

Saat ini terjadi, Anda dan pasangan perlu segera memeriksakan diri ke dokter.

4. Mengetahui cara penularan trikomoniasis

trikomoniasis

Penting juga untuk mencari informasi lebih jauh mengenai cara penularan trikomoniasis agar terhindar dari kekeliruan dan mitos yang menyesatkan.

Trikomoniasis tidak menyebar melalui kontak antarkulit seperti berciuman, berpelukan, atau berpegangan tangan.

Selain itu, penyakit infeksi ini tidak menular melalui batuk, bersin, atau sentuhan pada permukaan benda yang terkontaminasi.

Pencegahan penyakit trikomoniasis penting dilakukan karena jika sampai menimbulkan gejala, penyakit ini bisa menyebabkan vaginitis atau iritasi pada vagina.

Meskipun tidak mengalami gejala, pasien trikomoniasis lebih berisiko terinfeksi HIV yang menyebabkan AIDS saat terpapar.

Segera periksakan diri ke dokter ketika Anda tanpa sadar sudah berhubungan seksual dengan orang yang terinfeksi trikomoniasis, ya!

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Bouchemal, K., Bories, C., & Loiseau, P. M. (2017). Strategies for Prevention and Treatment of Trichomonas vaginalis Infections. Clinical microbiology reviews30(3), 811–825. https://doi.org/10.1128/CMR.00109-16

Kissinger, P. (2015). Trichomonas vaginalis: a review of epidemiologic, clinical and treatment issues. BMC Infectious Diseases, 15(1). https://doi.org/10.1186/s12879-015-1055-0

Planned Parenthood. (2021). How Do You Prevent Trichomoniasis? | Prevention Tips. Retrieved 2 June 2021, from https://www.plannedparenthood.org/learn/stds-hiv-safer-sex/trichomoniasis/how-prevent-trichomoniasis

Planned Parenthood. (2021). How Teens Can Prevent STDs | Prevention & Testing Info. Retrieved 2 June 2021, from https://www.plannedparenthood.org/learn/teens/stds-birth-control-pregnancy/what-do-i-need-know-about-stds#:~:text=Safer%20sex%20means%20using%20condoms,vaginal%20sex%20and%20anal%20sex

CDC. (2021). Prevention – STD Information from. Retrieved 2 June 2021, from https://www.cdc.gov/std/prevention/default.htm

 

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Fidhia Kemala Diperbarui 2 minggu lalu
Fakta medis diperiksa oleh Abduraafi Andrian
x