home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

6 Hal yang Menyebabkan Timbul Bercak Hitam di Bibir, Plus Cara Mengatasinya

6 Hal yang Menyebabkan Timbul Bercak Hitam di Bibir, Plus Cara Mengatasinya

Bibir merona merah alami membuat penampilan Anda tampak segar dan sehat. Nah, perubahan warna pada bibir Anda bisa menandakan ada sesuatu yang salah pada kesehatan Anda. Misalnya saja timbul bercak hitam di bibir. Apa artinya ini?

Berbagai penyebab timbul bercak hitam di bibir, plus cara mengatasinya

Reaksi alergi

Sumber: Health O Sphere

Bercak hitam di bibir yang muncul tiba-tiba bisa jadi timbul sebagai reaksi alergi, khususnya jika baru-baru ini Anda menggunakan produk baru — entah lipstik, lipbalm (pelembap bibir). Reaksi alergi ini dikenal sebagai kontak pigmen cheilitis.

Penyebab lainnya dari cheilitis adalah teh hijau yang mungkin mengandung nikel atau dari pewarna rambut yang digunakan di rambut wajah

Cara mengatasinya

Berhenti menggunakan produk tersebut.

Pastikan produk kecantikan yang Anda gunakan tidak kedaluwarsa, dan disimpan dengan cara yang tepat sesuai anjuran di labelnya. Produk kecantikan yang sudah kedaluwarsa dapat memicu alergi karena rentan ditumbuhi bakteri atau jamur lebih cepat.

Kelebihan zat besi

Kondisi bawaan hemochromatosis menyebabkan tubuh menyimpan kebanyakan zat besi dari makanan sehari-hari. Salah satu gejalanya adalah timbulnya bercak hitam keabuan pada kulit, termasuk kulit bibir.

Selain hemochromatosis, kelebihan zat besi juga bisa disebabkan oleh menerima terlalu banyak transfusi darah atau terlalu banyak minum suplemen zat besi.

Cara mengatasi

Untuk mengatasi masalah ini, Anda perlu mengonsultasikannya lebih lanjut dengan dokter Anda. Ada beberapa tindakan nantinya yang akan dilakukan. Misalnya, dokter mungkin menguras sebagian darah Anda dengan prosedur phlebotomy atau Anda diminta untuk mendonorkan darah secara teratur, dan pemberian obat khusus untuk menurunkan kelebihan zat besi.

Kekurangan vitamin B12

kekurangan vitamin B12

Jika Anda kekurangan asupan vitamin B-12 baik dari makanan maupun suplemen, kondisi ini juga berpotensi memunculkan bercak hitam di bibir.

Cara mengatasi

Kekurangan vitamin B-12 harus didiagnosis oleh dokter terlebih dahulu. Setelahnya baru dokter akan meresepkan suplemen vitamin B-12. Ia juga mungkin menganjurkan Anda memperbanyak makan makanan yang mengandung vitamin ini.

Pada kasus kekurangan vitamin B-12 yang parah, penanganannya melalui suntikan vitamin B12 yang diberikan mingguan atau dengan suplemen B-12 dosis tinggi.

Angiokeratoma

Angiokeratoma adalah kerusakan yang terjadi di atas jaringan kulit. Angiokeratoma bisa bervariasi ukuran bercaknya, bentuknya, dan warnanya. Paling sering angiokeratoma menunjukan warna merah gelap atau hitam.

Permukaan bercak ini tidak rata dan terlihat seperti kutil. Bintik hitam ini bukan hanya timbul pada bibir saja melainkan bisa ditemukan pada kulit yang menghasilkan lendir.

Angiokeratoma lebih sering muncul pada orang tua.

Cara mengatasi

Meskipun ini biasanya tidak berbahaya, dokter harus berhati-hati memeriksa setiap angiokeratoma untuk memastikan bahwa itu bukan cikal bakal kanker.

Bercak hitam angiokeratoma bisa dihapus dengan dengan laser atau dengan proses pembekuan.

Sunspot

sinar matahari pagi menurunkan berat badan

Jika bercak hitam di bibir Anda terasa bersisik atau berkerak, Anda mungkin mengalami keratosis actinic atau bintik matahari.

Bintik-bintik ini dapat memiliki karakteristik sebagai berikut:

  • Ukurannya kecil
  • Warnanya kecoklatan atau merah
  • Teksturnya kering, kasar dan berkerak
  • Bisa datar atau timbul

Selain di bibir, keratosis ini bisa muncul di area yang terpapar sinar matahari lain seperti wajah, telinga, leher, atau tangan.

Cara mengatasi

Keratosis dianggap sebagai pendahulu munculnya kanker. Maka, penting bagi dokter untuk memeriksa bintik-bintik ini dengan saksama. Tidak semua keratosis ini lantas aktif dan berpotensi jadi kanker, sehingga tidak semuanya perlu dihapus.

Dokter Anda akan memutuskan cara terbaik untuk perawatannya, yang termasuk cryosurgery, pemberian krim topikal, pengelupasan kimia, atau mengangkat bercak tersebut lewat pembedahan.

Dehidrasi

bahaya dehidrasi

Kekurangan cairan alias dehidrasi membuat bibir kering dan pecah-pecah yang lama kelamaan bisa mengelupas dan menimbulkan bekas luka seperti bercak hitam.

Cara mengatasi

Pastikan untuk minum setidaknya 8 gelas per hari. Jika Anda dituntut untuk sering beraktivitas di bawah sinar matahari, lindungi bibir Anda dengan lipbalm yang mengandung tabir surya, dan hindari menjilati bibir Anda.

Setelah Anda menghidrasi kembali diri Anda, bintik hitam akan memudar sendirinya.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Axtell Beth. 2017. WHat Causes Black SPots to Form on Your Lips? [Online] Tersedia pada: https://www.healthline.com/health/dental-and-oral-health/black-spots-on-lips#allergic-reaction (Diakses 14 Juli 2018)

Johnson John. 2018. Why Do I Have Dark SPots in my LIps. [Online] Tersedia pada: https://www.medicalnewstoday.com/articles/321362.php?sr (Diakses 14 Juli 2018)

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Rr. Bamandhita Rahma Setiaji Diperbarui 28/09/2020
Ditinjau secara medis oleh dr Tania Savitri
x