7 Buah dan Bahan Alami yang Dapat Mencerahkan Kulit Wajah Anda

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 11 Mei 2019 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Ingin memiliki wajah yang glowing alami alias cerah? Tenang, tidak harus selalu menggunakan perawatan mahal. Makan buah bisa jadi solusi praktis, lho! Sudah tahu apa saja buah yang bisa mencerahkan kulit secara alami?

1. Alpukat

resep alpukat

Alpukat adalah buah yang kaya vitamin A, E, C, K, B6, B1, folat, dan asam pantotenat. Selain itu, alpukat memiliki sifat antioksidan kuat yang dapat membantu mencegah kerusakan DNA dalam sel tubuh termasuk mencegah kerusakan sel kulit.

Bukan hanya itu, alpukat adalah buah yang kaya lemak sehat. Lemak sehat dalam alpukat inilah yang dapat membantu mempertahankan elastisitas kulit, mengurangi peradangan, dan mempercepat penyembuhan iritasi atau luka. Maka itu, alpukat merupakan buah yang sangat ampuh membentuk kulit wajah yang cerah alami.

2. Timun

manfaat kulit timun

Timun adalah buah yang sangat banyak mengandung air. Karena tingginya kadar air pada timun, ini membuat timun memiliki efek menyejukkan yang baik bagu tubuh. Ditambah lagi timun memiliki sifat antioksidan kuat yang bisa menjadi pelindung sel-sel tubuh.

Timun yang tidak dikupas sangat kaya akan vitamin K, C, serta serat makanan yang dibutuhkan tubuh.

Bahkan seperti dimuat dalam Asian Pacific Journal Tropical Medicine, timun dianggap sebagai buah yang dapat mencerahkan warna kulit dan mengurangi kerutan.

Karena efek tersebut, timun bisa membantu mencerahkan warna alami kulit.

3. Pepaya

manfaat daun pepaya

Buah yang terkenal dengan manfaatnya mencegah sembelit ini bukan hanya baik untuk pencernaan. Makan pepaya pun bisa membuat kulit Anda akan lebih glowing secara alami.

Pepaya mengandung banyak vitamin dan mineral, mulai dari vitamin A, C, asam pantotenat, folat, tembaga, magnesium, serta kalium.

Pepaya juga mengandung enzim yang membantu mencegah kerusakan kulit dari radikal bebas dan sebagai anti bakteri. Enzim ini adalah enzim papain, dan chymopapain.

Karena enzim inilah pepaya membuat pertahanan sel kulit semakin kuat dan tidak mudah rusak. Ditambah lagi, vitamin-vitamin di dalamnya membantu mencerahkan rona wajah secara alami. Maka itu pepaya jadi buah yang sangat penting untuk mencerahkan kulit

4. Mangga

manfaat jus mangga

Rasa yang manis dan asam dengan tekstur lembut membuat mangga jadi buah yang disukai banyak orang. Mangga adalah buah yang kaya dengan vitamin A, E, C, dan K. Bukan hanya itu, komponen antioksidan di dalam mangga pun sangat banyak, ada flavonoid, beta karoten, dan xanthophylls.

Karena komponen-komponen itulah, mangga dapat membantu melindungi kulit Anda dari kerusakan DNA dan peradangan pada kulit. Karena kulit lebih terlindungi, cerah alami kulit pun akan tetap terjaga sepanjang hari dengan mangga.

Karena mangga mengandung antioksidan tinggi, sekarang ini mangga juga semakin sering digunakan dalam industri kosmetik dan skincare sebagai komponen dalam produk untuk kulit dan rambut.

5. Apel

manfaat apel an apple a day keeps the doctor away

Peribahasa tentang makan satu buah apel sehari, dapat menjauhkan Anda dari penyakit ternyata memang bukan kabar burung. Kandungan vitamin A, C, kalium, kalsium, dan magnesium apel inilah yang jadi kekuatan utamanya. Paduan vitamin A dan C ini pula yang bisa membantu mencerahkan warna kulit Anda secara alami.

Bagian buah maupun kulit apel juga kaya akan antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas berbahaya bagi sel-sel tubuh, termasuk sel kulit. Kulit jadi jauh lebih sehat dengan makan apel secara rutin.

6. Pisang

makan pisang bisa atasi sembelit

Siapa yang tidak kenal dengan buah kaya serat satu ini? Pisang merupakan buah yang juga kaya akan vitamin A, C, E, K, serta mineral seperti kalium, kalsium, fosfor dan magnesium.

Semua vitamin dan mineral ini sangat dibutuhkan untuk menjaga kelancaran proses metabolisme dalam tubuh. Namun bukan hanya itu, pisang ternyata dikenal sebagai pelembab alami yang memiliki sifat antioksidan dan antimikroba.

Maka itu, pisang dipercayai sebagai buah yang bisa membuat kulit glowing secara alami alias bisa mencerahkan kulit tanpa perlu repot.

7. Lemon

mitos air lemon
(Source: www.shutterstock.com)

Lemon adalah buah yang memiliki zat pemutih alami. Buah ini kaya akan vitamin C dan antioksidannya yang sangat kuat membantu mengeluarkan racun dan melindungi kulit dari hiperpigmentasi.

Jadi, kalau terdapat pigmentasi yang tidak merata, bintik-bintik hitam, bekas jerawat lemon bisa jadi solusinya. Anda bisa menggunakan lemon di dalam minuman sehari-hari untuk mendapatkan efeknya secara optimal. Dengan begitu, lemon akan mencerahkan kulit Anda secara alami.

8. Centella Asiatica

tanaman english ivy
Sumber: Molekule

Centella Asiatica bukanlah buah melainkan tumbuhan yang sering dijadikan bahan aktif dalam produk skin care. Tumbuhan ini terkenal dengan efeknya yang bisa mempercepat proses regenerasi kulit.

Dengan lebih cepatnya proses regenerasi, ini membuat pembentukan kulit baru semakin cepat, alhasil sel-sel kulit mati yang membuat wajah Anda kusam jadi cepat berganti. Maka itu, bahan ini juga termasuk tumbuhan yang tidak bisa disepelekan khasiatnya untuk mencerahkan kulit.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Mengenal Iritasi Kulit dari Ciri-Ciri, Penyebab, Hingga Penanganannya

Iritasi pada kulit bukan hanya terjadi pada wajah, tapi juga pada area vagina. Tapi, banyak wanita yang tidak tahu tentang kondisi ini.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Kesehatan Kulit, Penyakit Kulit Lainnya 26 Desember 2020 . Waktu baca 6 menit

Hiperpigmentasi Kulit

Penyebab hiperpigmentasi kulit bisa beragam, namun banyak juga cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi kondisi tersebut.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Kesehatan Kulit, Penyakit Kulit Lainnya 26 Desember 2020 . Waktu baca 6 menit

6 Jus untuk Ibu Hamil yang Menyehatkan Kehamilan dan Janin

Jika Anda bosan makan buah potong saat hamil, bagaimana jika dibuat jus buah? Apa saja jus untuk ibu hamil yang menyehatkan kehamilan dan janin?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Rr. Bamandhita Rahma Setiaji
Prenatal, Kehamilan & Kandungan, Kehamilan 16 Desember 2020 . Waktu baca 6 menit

Bagaimana Cara Membuat Masker Beras untuk Kulit Cerah Memesona?

Beras sangat kaya akan vitamin B yang diperlukan untuk menjaga kesehatan kulit, terutama wajah. Berikut cara membuat masker beras yang dapat Anda coba.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Perawatan Kulit, Kesehatan Kulit 9 Desember 2020 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

manfaat buah stroberi

Manfaat Buah Stroberi yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Marsha Desica Arsanta
Dipublikasikan tanggal: 19 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
lemon dan madu

5 Manfaat Minum Campuran Lemon dan Madu untuk Kesehatan

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Rizki Pratiwi
Dipublikasikan tanggal: 18 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit
ekstrak bengkoang

Benarkah Lulur Ekstrak Bengkoang Bisa Memutihkan Kulit?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 8 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit
cepat tua

Cek Menu Harian Anda: 9 Makanan Ini Membuat Anda Tampak Cepat Tua

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Dipublikasikan tanggal: 1 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit