home

Artikel Bersponsor

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

5 Manfaat Punya Asuransi di Masa Pandemi COVID-19

5 Manfaat Punya Asuransi di Masa Pandemi COVID-19

Di tengah pandemi COVID-19, kehidupan jadi tidak menentu, baik dari sisi kesehatan maupun ekonomi. Namun, segalanya masih dapat diantisipasi dengan mendaftarkan diri ke asuransi. Kulik pentingnya memiliki asuransi di masa pandemi COVID-19.

Manfaat asuransi di masa pandemi COVID-19

Persoalan COVID-19 tidak bisa dianggap remeh. Transmisi virus yang begitu cepat membuat angka penularan juga bertambah dari hari ke hari. Terdapat juga pasien yang tak mampu bertahan melawan virusnya.

Di samping itu, sektor perekonomian pun lesu. Banyak masyarakat yang terdampak imbas COVID-19. Tak satu pun orang menduga akan pandemi yang cepat meluas dan merambat ke beragam sektor.

Salah satu cara yang bisa dipertimbangkan sebagai antisipasi adalah dengan memiliki asuransi kesehatan. Langkah ini bisa membuat kehidupan Anda lebih terlindungi dari segi kesehatan maupun finansial baik saat ini maupun di masa mendatang. Yuk, kulik apa saja manfaat yang bisa Anda dapatkan ketika memiliki asuransi kesehatan di masa pandemi COVID-19.

1. Jaminan kehidupan yang lebih utuh

asuransi kesehatan

Memiliki asuransi kesehatan di masa pandemi tentunya memberikan jaminan kesehatan. Bagi Anda yang hendak mencari asuransi, jangan lupa untuk memastikan manfaat asuransi yang Anda dapatkan.

Pastikan Anda mendapat perlindungan yang lengkap dengan harga yang terjangkau, seperti manfaat meninggal, manfaat kecelakaan, manfaat penyakit kritis, manfaat rawat inap, serta manfaat investasi.

Melalui manfaat tersebut, setidaknya kehidupan Anda lebih terjamin secara utuh. Jika terjadi peristiwa yang tak terduga di tengah pandemi ini, kesehatan Anda sudah terlindungi melalui asuransi. Sehingga Anda tak perlu lagi memikirkan biaya tambahan karena biaya telah ditanggung asuransi.

2. Mengurangi beban kecemasan

asuransi di masa pandemi

Di masa pandemi COVID-19, asuransi dibutuhkan untuk mengurangi beban kecemasan. Melihat situasi yang tidak menentu dari sisi kesehatan, bisa saja membuat seseorang kian cemas. Bagaimana jika saya mengalami COVID-19? Lalu, bagaimana nanti biaya perawatannya?

Ada beragam pertanyaan yang mengintai dan menekan pikiran menjadi stres. Belum lagi, ketika tak ada asuransi yang menjamin kesehatan Anda.

Ketika Anda mendaftarkan diri pada jasa asuransi, tentunya mengurangi beban stres yang melanda. Disebutkan dalam penelitian Journal of Development Economics, memiliki asuransi dapat menenangkan pikiran seseorang dan mengurangi stres. Karena asuransi kesehatan dapat memberikan manfaat yang bisa menguntungkan dari segi kesehatan. Jadi, tak ada salahnya mempertimbangkan untuk memiliki asuransi selama masa new normal ini.

3. Bentuk perhatian terhadap diri Anda sendiri

senyum bikin bahagia

Sebelumnya dikatakan bahwa asuransi dapat mengurangi beban stres. Hal ini berkesinambungan dengan kesehatan mental Anda. Memiliki asuransi di masa pandemi COVID-19, menjadi bentuk perhatian yang penting bagi diri Anda sendiri.

Selain melindungi diri dari segi kesehatan fisik, kesehatan mental Anda pun juga terjaga. Mental yang sehat membuat Anda dapat fokus dalam mengerjakan sesuatu dan dapat berpikir lebih jernih.

Seandainya Anda memiliki hal yang direncanakan, mental yang sehat mendorong kreativitas. Dengan demikian, Anda termotivasi untuk merealisasikan rencana atau impian Anda tersebut.

4. Investasi sederhana untuk masa depan

asuransi di masa pandemi

Mengantongi asuransi di masa pandemi COVID-19 juga menjadi bentuk investasi sederhana bagi masa depan dari sisi kesehatan maupun finansial. Mengulik dari sisi kesehatan, Anda juga bisa mendapatkan jaminan kesehatan dengan manfaat yang ditawarkan perusahaan asuransi kepada nasabahnya.

Sementara itu, dari sisi finansial, memiliki asuransi ibarat memiliki tabungan berjangka. Biasanya, setiap asuransi memiliki kebijakan jangka waktu investasi, sehingga pada akhirnya nasabah bisa memperoleh manfaatnya.

Tentunya manfaat ini cocok bagi Anda yang memiliki rencana pada masa depan. Maka itu, tak ada salahnya mempertimbangkan mendaftarkan asuransi sekarang ini sebagai langkah antisipasi.

5. Perencanaan keuangan yang lebih baik

asuransi di masa pandemi

Kita tidak bisa memprediksi apa yang terjadi di masa yang akan datang. Seperti sekarang ini, tak ada yang memprediksi ternyata tahun ini seluruh dunia dilanda kondisi yang sama karena kehadiran pandemi COVID-19.

Tak sedikit orang “gelagapan” menanggapi masalah COVID-19, terutama dari sisi finansial. Penting untuk memiliki asuransi sebagai langkah antisipatif untuk bertahan hidup selama masa new normal dan dalam menghadapi situasi ke depannya.

Setidaknya, Anda memiliki tabungan simpanan cadangan di tengah kondisi yang tidak menentu. Dengan memiliki asuransi di tengah pandemi, Anda dapat memiliki perencanaan keuangan yang lebih baik untuk meneruskan langkah ke depan.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Maji, P. (2020). 5 reasons millennials should buy health insurance. Retrieved 22 July 2020, from https://www.financialexpress.com/money/5-reasons-millennials-should-buy-health-insurance/2029486/

Leyes, M. (2020). 5 Reasons Why Having Life Insurance Is Good for You | Life Happens. Retrieved 22 July 2020, from https://lifehappens.org/blog/5-reasons-why-having-life-insurance-is-good-for-you/

Gautam, S., & Hens, L. (2020). COVID-19: impact by and on the environment, health and economy. Environment, Development And Sustainability22(6), 4953-4954. doi: 10.1007/s10668-020-00818-7

Haushofer, J., Chemin, M., Jang, C., & Abraham, J. (2020). Economic and psychological effects of health insurance and cash transfers: Evidence from a randomized experiment in Kenya. Journal Of Development Economics144, 102416. doi: 10.1016/j.jdeveco.2019.102416

Wersebe, H., Lieb, R., Meyer, A., Hofer, P., & Gloster, A. (2018). The link between stress, well-being, and psychological flexibility during an Acceptance and Commitment Therapy self-help intervention. International Journal Of Clinical And Health Psychology18(1), 60-68. doi: 10.1016/j.ijchp.2017.09.002

The Benefits of Mental Health According to Science. (2019). Retrieved 22 July 2020, from https://positivepsychology.com/benefits-of-mental-health/

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh Maria Amanda
Tanggal diperbarui 29/07/2020
x