home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Bebas dari Cemas, Ini Tips Memilih Asuransi Perlindungan Lengkap

Bebas dari Cemas, Ini Tips Memilih Asuransi Perlindungan Lengkap

Ketika tubuh sehat, Anda akan memiliki banyak waktu untuk melakukan hal-hal yang diinginkan. Sayangnya, kadang terlupa, bahwa kesehatan perlu dilindungi. Maka itu, setiap orang perlu memiliki antisipasi akan risiko kesehatan yang mungkin saja mengintai sewaktu-waktu. Jika Anda belum memiliki asuransi, coba, yuk, ulik cara memilih asuransi dan investasi jangka panjang berikut ini.

Cara memilih asuransi untuk perlindungan kehidupan

Bila sampai saat ini Anda belum memiliki asuransi, ini saat yang tepat untuk memikirkannya. Sebagian orang bekerja untuk diri sendiri, sebagian lain bekerja juga untuk keluarganya. Masing-masing pasti memiliki keinginan tertentu yang ingin bisa segera terealisasi.

Agar tujuan bisa tercapai dan kehidupan juga berlanjut, Anda membutuhkan asuransi untuk memberikan perlindungan optimal dari sisi kesehatan, kehidupan, dan keuangan. Ketiganya memiliki kaitan erat satu sama lain di dalam lini kehidupan yang terus berjalan.

Kenapa butuh asuransi? Kita tidak pernah tahu risiko kesehatan yang bisa menjumpai sewaktu-waktu. Misalnya, tiba-tiba terkena sakit stroke dan membutuhkan biaya operasi ratusan juta rupiah. Bila kesehatannya dilindungi oleh asuransi dengan premi bulanan terjangkau, tentu akan sangat membantu dari segi pembiayaan.

Bila orang tersebut tidak memiliki perlindungan, ia bisa saja menanggung biaya perawatan yang cukup besar. Ini hanya sebagai gambaran saja. Ke depannya, langkah antisipatif sangat diperlukan sebagai langkah protektif.

Lalu, bagaimana cara memilih asuransi untuk pemula? Tak perlu bingung, coba simak beberapa tips berikut ini.

1. Memiliki kredibilitas

jenis asuransi kesehatan

Cara yang tidak boleh ketinggalan saat memilih asuransi, pastikan perusahaan asuransi memiliki kredibilitas, yaitu terdaftar dan di bawah pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Dengan begitu, kepentingan Anda sebagai nasabah asuransi pun lebih aman.

Anda juga bisa mencari informasi dan testimoni nasabah melalui media daring mengenai perusahaan asuransi yang akan dipilih. Cara ini bisa menjadi pertimbangan dalam menentukan jasa asuransi.

2. Cari manfaat yang optimal

ditanggung asuransi, asuransi kesehatan

Bila Anda ingin mendapatkan manfaat optimal, cobalah memilih asuransi dengan perlindungan yang menyeluruh. Manfaat asuransi tidak hanya bisa dirasakan oleh Anda saja, tetapi juga keluarga ketika ada risiko kesehatan dan kejadian yang tidak terduga. Adapun jaminan asuransi kesehatan yang menawarkan cakupan perlindungan lengkap, di antaranya:

Kelimanya penting untuk memberikan jaminan terhadap kesehatan, kehidupan, dan keuangan Anda. Misalnya dalam kasus terburuk, seseorang meninggal karena sebuah penyakit, asuransi pun akan memberikan biaya santunan untuk keluarganya. Biaya ini ibarat bisa memberikan harapan untuk melanjutkan kehidupan setelah salah satu anggota keluarganya telah tiada.

Namun, asuransi dengan perlindungan lengkap seperti di atas dapat memberi dukungan kesembuhan optimal bila Anda mengalami kecelakaan atau didiagnosis penyakit tertentu, sehingga membutuhkan perawatan.

Sebagian asuransi memberikan manfaat investasi yang menguntungkan bagi nasabahnya. Anda bisa memastikan kelima manfaat tersebut sebagai cara memilih asuransi dengan manfaat optimal.

3. Mudah digunakan dalam pemanfaatannya

cara memilih asuransi

Cara selanjutnya saat memilih asuransi, pastikan Anda mendapatkan kemudahan manfaat. Sebelumnya, pasti Anda akan berkonsultasi dengan agen perusahaan asuransi. Pertimbangkan kemudahan klaim yang diberikan kepada nasabah, serta rekanan fasilitas kesehatan apa saja yang ditanggung perusahaan asuransi. Penting untuk mengetahuinya secara detail, sehingga Anda mendapatkan manfaat yang sesuai dengan ekspektasi.

Usahakan memilih manfaat dengan proteksi yang menyeluruh, sehingga tak perlu cemas memikirkan biaya secara keseluruhan seandainya terjadi musibah. Jangan lupa, pilih asuransi dengan manfaat optimal yang bisa menjamin kesehatan, sesuai dengan kemampuan finansial.

4. Lihat kembali biaya premi dan polis

asuransi kesehatan

Bila telah menentukan rencana asuransi berdasarkan kebutuhan Anda, jangan lupa untuk melihat kembali biaya premi. Setiap orang memiliki penghasilan yang berbeda dan kebutuhan bulanan yang berbeda.

Pilihlah biaya premi sesuai dengan kemampuan finansial Anda. Pastikan kembali premi yang sesuai dapat memberikan perlindungan kesehatan yang luas maupun sesuai kebutuhan kesehatan Anda.

Setelah itu, cermati polis atau kontrak yang akan Anda sepakati dengan perusahaan asuransi tersebut. Polis merupakan kesepakatan antara nasabah dan perusahaan asuransi yang berlaku secara tertulis. Polis mengatur hal apa saja yang berlaku pada jasa asuransi yang telah dipilih. Bila semuanya sudah pas dan siap, ini saatnya Anda mendaftar asuransi.

Jadi, jangan ragu untuk memiliki asuransi yang dapat membantu melindungi kesehatan, kehidupan, dan keuangan Anda. Lakukan lima cara di atas dalam memilih asuransi yang terbaik untuk Anda.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

NPR Choice page. (2020). Retrieved 19 May 2020, from https://www.npr.org/sections/health-shots/2019/11/01/775391311/open-enrollment-is-here-6-tips-for-choosing-a-health-insurance-plan

INVEST SMART – The Economic Times. (2020). Retrieved 19 May 2020, from https://economictimes.indiatimes.com/five-steps-to-choosing-the-right-insurance-cover/investarticleshow/47232545.cms?from=mdr

About private health insurance. (2019). Retrieved 19 May 2020, from https://www.health.gov.au/health-topics/private-health-insurance/about-private-health-insurance

Merrick, K. (2020). Yes, You Probably Need Life Insurance And Here’s Why. Retrieved 19 May 2020, from https://www.forbes.com/sites/kristinmerrick/2017/05/11/yes-you-probably-need-life-insurance-and-heres-why/#4c3c7e737f30

Parrish, S. (2020). Is Life Insurance An Investment?. Retrieved 19 May 2020, from https://www.forbes.com/sites/steveparrish/2019/07/09/is-life-insurance-an-investment/#650da43432b4

Tentang OJK . (2020). Retrieved 19 May 2020, from https://www.ojk.go.id/id/tentang-ojk/Pages/Visi-Misi.aspx

Eight reasons to buy health insurance before you turn 30. (2020). Retrieved 19 May 2020, from https://economictimes.indiatimes.com/eight-reasons-to-buy-health-insurance-before-you-turn-30/tomorrowmakersshow/69426234.cms

Erlangga, D., Suhrcke, M., Ali, S., & Bloor, K. (2019). The impact of public health insurance on health care utilisation, financial protection and health status in low- and middle-income countries: A systematic review. PLOS ONE, 14(8), e0219731. doi: 10.1371/journal.pone.0219731

Dhawan, S. (2018). How to choose the right health insurance policy. Retrieved 3 June 2020, from https://economictimes.indiatimes.com/wealth/insure/how-to-choose-the-right-health-insurance-policy/articleshow/66586807.cms?from=mdr

Barnes, A., & Hanoch, Y. (2017). Knowledge and understanding of health insurance: challenges and remedies. Israel Journal Of Health Policy Research, 6(1). doi: 10.1186/s13584-017-0163-2


Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Maria Amanda Diperbarui 28/01/2021
Ditinjau secara medis oleh dr. Carla Pramudita Susanto
x