home

Artikel Bersponsor

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Mengenal Perbedaan Manfaat Antara Asuransi Jiwa dan Kecelakaan

Mengenal Perbedaan Manfaat Antara Asuransi Jiwa dan Kecelakaan

Usia dan musibah seperti kecelakaan merupakan hal yang mungkin terjadi, tetapi tidak bisa diprediksi kedatangannya. Jika ingin mempersiapkan diri untuk menghadapi kejadian tersebut, Anda dapat mempertimbangkan untuk memiliki asuransi jiwa dan kecelakaan. Namun, Anda sebaiknya tahu dulu masing-masing manfaat dan perbedaan dari asuransi jiwa dan kecelakaan. Apa saja di antaranya?

Perbedaan manfaat dari asuransi jiwa dan kecelakaan

Apabila melihat budaya asing, asuransi merupakan salah satu cara untuk menjamin atau melindungi diri serta keluarga dari musibah yang sering datang secara tiba-tiba. Namun, di Indonesia asuransi belum menjadi pertimbangan utama ketika membangun keluarga atau mempersiapkan kehidupan di masa depan.

Beberapa manfaat dari asuransi berikut (terutama asuransi jiwa dan kecelakaan) bisa jadi pemicu Anda untuk mulai mempertimbangkan asuransi sebagai jaminan hidup agar lebih tenang.

Apa itu asuransi jiwa dan mengapa diperlukan?

Tidak ada orang yang ingin terlalu sering memikirkan tentang kematian. Hanya saja, hal ini akan terjadi pada semua orang dan tidak ada yang tahu kapan waktunya akan tiba.

Menjalankan gaya hidup sehat dan seimbang merupakan bentuk jaminan untuk masa depan. Di sisi lain, memiliki asuransi jiwa adalah salah satu cara untuk menjamin keberlangsungan hidup Anda dan keluarga dari sudut finansial.

Asuransi jiwa sangat dibutuhkan terutama pada orang dengan keluarga yang bergantung padanya sebagai sumber penghasilan. Hal ini dikarenakan asuransi jiwa dapat memberikan jaminan biasanya dalam bentuk uang dalam jumlah tertentu atau secara bertahap pada tanggungan yang Anda sudah tentukan. Jumlah tanggungan yang diberikan bergantung pada Anda sendiri.

Manfaat dari asuransi jiwa yang perlu Anda pertimbangkan seperti yang dilansir dari Lifehappens.org berikut:

  • Membantu menjamin kebahagiaan dan kesehatan keluarga yang ditinggalkan
  • Tidak semahal seperti yang Anda kira sehingga tidak akan memberatkan kondisi keuangan
  • Terdapat perusahaan asuransi yang mengembalikan premi hingga 120 persen
  • Tambahan manfaat kecelakaan/cacat tetap akibat kecelakaan

Apa itu asuransi kecelakaan dan mengapa perlu punya?

Meski memiliki perbedaan manfaat dengan asuransi jiwa, asuransi kecelakaan juga tidak kalah penting.

Menurut data dari Kepolisian RI yang dilansir di laman resmi kominfo.go.id, setiap jam rata-rata 3 orang meninggal akibat kecelakaan di jalan. Data tersebut juga menyatakan bahwa besarnya jumlah kecelakaan tersebut disebabkan oleh beberapa hal, yaitu:

  • 61% kecelakaan disebabkan oleh faktor manusia yaitu yang terkait dengan kemampuan serta karakter pengemudi,
  • 9% disebabkan karena faktor kendaraan (terkait dengan pemenuhan persyaratan teknik laik jalan)
  • 30% disebabkan oleh faktor prasarana dan lingkungan.

Mengingat tingkat kecelakaan di Indonesia tergolong cukup tinggi, asuransi kecelakaan merupakan salah satu jaminan yang perlu Anda pertimbangkan.

Asuransi kecelakaan menyediakan tanggungan bagi Anda, pasangan, dan anak (yang sudah cukup umur). Asuransi ini biasanya menawarkan perlindungan dengan cara menanggung sebagian besar biaya yang dibutuhkan ketika terjadi kecelakaan terutama untuk biaya pengobatan.

Asuransi kecelakaan juga dapat menyediakan tanggungan apabila pemegang asuransi kehilangan nyawa, dan bergantung pada jenis dan perjanjian awal.

Jika dilihat secara sederhana, manfaat dari asuransi jiwa dan kecelakaan secara tidak langsung masih saling berhubungan. Namun, perbedaan dapat terlihat dari prioritasnya.

Sebagian asuransi jiwa menyediakan perlindungan untuk kecelakaan juga dan sebagian asuransi kecelakaan menyediakan tanggungan untuk kematian. Jika Anda memerlukan referensi mengenai apa saja tanggungan atau manfaat dari sebuah asuransi jiwa, Anda bisa mempertimbangkan untuk memilih perusahaan asuransi yang menawarkan perlindungan sebagai berikut:

  • Manfaat Khusus akibat kecelakaan karena bencana alam atau kecelakaan kendaraan umum atau kebakaran
  • Manfaat Jalan Raya akibat kecelakaan lalu lintas untuk penumpang atau pengendara kendaraan beroda empat
  • Manfaat Hari Raya akibat kecelakaan saat hari raya
  • Memberikan tambahan Manfaat akibat kecelakaan, misalnya sebesar 10% dari uang pertanggungan, untuk pemegang polis atau ahli waris

Kedua asuransi tersebut dapat Anda pertimbangkan untuk menjamin kehidupan dan membantu hidup lebih bahagia. Satu hal yang perlu diingat, sesuaikan asuransi dengan kebutuhan Anda. Terakhir, pilih asuransi yang juga memberikan penawaran terbaik sehingga tidak memberatkan Anda di kemudian hari.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Leyes, M. (2020, January 7). 5 Reasons Why Having Life Insurance Is Good for You | Life Happens. Retrieved August 4, 2020, from https://lifehappens.org/blog/5-reasons-why-having-life-insurance-is-good-for-you/

Money Advice Service. (2019). Do you need life insurance? Retrieved August 4, 2020, from https://www.moneyadviceservice.org.uk/en/articles/do-you-need-life-insurance

UNIVERSITY OF WISCONSIN SYSTEM. (2019, July 22). Accident Insurance. Retrieved August 4, 2020, from https://www.wisconsin.edu/ohrwd/benefits/accident/accident/

PDSI – KOMINFO. (2017). Rata-rata Tiga Orang Meninggal Setiap Jam Akibat Kecelakaan Jalan. Retrieved August 3, 2020, from Website Resmi Kementerian Komunikasi dan Informatika RI website: https://kominfo.go.id/index.php/content/detail/10368/rata-rata-tiga-orang-meninggal-setiap-jam-akibat-kecelakaan-jalan/0/artikel_gpr

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Roby Rizki Diperbarui 09/10/2020
Ditinjau secara medis oleh dr. Carla Pramudita Susanto
x