5 Manfaat Asuransi Jiwa bagi Keluarga

Ini adalah artikel sponsor. Informasi selengkapnya mengenai Kebijakan Pengiklan dan Sponsor kami, silakan baca di sini.

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 8 Oktober 2020 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Memiliki asuransi jiwa mempunyai banyak manfaat untuk keluarga. Keseluruhan dari manfaat asuransi jenis ini mampu menjamin keamanan masa depan keluarga. Oleh sebab itu, ayo cari tahu lima alasan pentingnya asuransi jiwa untuk keluarga Anda tercinta.

Ragam manfaat asuransi jiwa bagi keluarga

Mendaftarkan diri sebagai pemegang polis asuransi termasuk cara terbaik untuk melindungi keluarga. Jenis asuransi ini membantu keluarga menghadapi risiko di kehidupan. Dengan begitu, anggota keluarga dapat melewati masa genting yang mungkin saja terjadi.

Bagian rencana keuangan yang baik

Tidak ada hal yang menenangkan dan meyakinkan selain mengetahui bahwa kelangsungan keluarga tetap terlindungi secara finansial walaupun pemilik polis telah tiada. 

Secara garis besar, asuransi jiwa merupakan jenis asuransi yang akan membayarkan sejumlah uang kepada penerima atau tanggungan ketika pemilik polis sudah tiada. Manfaat ini menjadikan asuransi jiwa sebagai bagian penting dari rencana keuangan yang baik.

Tabungan tambahan

Mengutip dari Life Happens, sejumlah keluarga mengalami kesulitan finansial ketika pemegang polis, yang berperan sebagai pencari nafkah utama tutup usia. Kesulitan keuangan yang dialami meliputi:

  • Kesulitan membayar biaya hidup
  • Tidak punya biaya pendidikan anak
  • Biaya kesehatan

Dengan asuransi jenis ini, penerima manfaat dapat memiliki tabungan tambahan ketika pemilik polis telah meninggal dunia.

Tabungan tambahan ini dapat digunakan untuk keperluan penting keluarga. Contohnya dimulai dari mengurus pemakaman pemegang polis, membayar biaya hidup sembari menyiapkan rencana mencari nafkah, menjadi sumber biaya keperluan kesehatan hingga perencanaan pendidikan anak.

Perlindungan di tengah hal yang tak diinginkan

Setiap jenis asuransi jiwa menawarkan manfaat yang berbeda-beda. Selain perlindungan meninggal, manfaat lain dari jenis asuransi ini juga dapat memberikan perlindungan saat pemegang polis mengalami musibah yang mengakibatkan disabilitas.

Jadi, ketika pemegang polis mengalami kecelakaan kerja yang berbuntut disabilitas, pemilik polis akan menerima manfaat yang dijanjikan.

Manfaat yang diterima pun dapat digunakan untuk merencanakan cara mencari nafkah untuk kedepannya. Tak hanya itu, manfaat ini dapat dipakai untuk mengurangi beban finansial bagi pasangan atau anggota keluarga lain yang akan mengasuh pemegang polis yang mengalami disabilitas karena musibah.

Mempersiapkan masa pensiun

Asuransi jiwa umumnya dapat dibagi dua jenis, yakni asuransi jiwa seumur hidup dan asuransi jiwa berjangka.

Untuk asuransi jiwa berjangka, pemegang polis memiliki kesempatan untuk menerima kembali premi asuransi yang sudah dibayarkan saat masa perlindungan. Harap diketahui bahwa manfaat seperti ini akan bergantung pada syarat dan ketentuan yang berlaku.

Dengan kembalinya premi yang telah dibayarkan, Anda dapat menggunakan uang yang diterima untuk masa tua. Uang tersebut dapat membantu Anda dan pasangan menikmati waktu pensiun di kota impian atau kembali dialokasikan untuk anak jika mereka belum berada di usia produktif.

Menjaga kesehatan jiwa

Tak kalah penting dari kegunaan sebelumnya, manfaat asuransi jiwa juga menyangkut kesehatan jiwa. Berdasarkan Mind, banyak orang cenderung membeli asuransi untuk perlindungan finansial dan ketenangan pikiran.

Pikiran yang tenang dan bebas dari cemas membuat seseorang tidak terlalu khawatir ketika merencanakan masa depan. Alasannya karena perlindungan finansial dari asuransi jiwa mampu menjadi solusi atas hal-hal tidak diinginkan yang mungkin saja terjadi di masa depan.

Pikiran yang tenang juga meminimalisasi risiko stres. Dengan mengelola stres, Anda turut melindungi kesehatan mental diri sendiri.

Memilih asuransi jiwa berjangka berdasarkan manfaat

jenis asuransi, Hospital Cash Plan adalah

Secara garis besar, asuransi jiwa mampu membantu kebutuhan finansial bagi keluarga yang ditinggal jika pemilik polis tutup usia. Ketika memilih asuransi, calon pemegang polis sebaiknya cermat dalam menentukan pilihan, terutama manfaat asuransi jiwa berjangka yang akan diterima.

Pilih asuransi yang memberikan manfaat, seperti:

  • Pengembalian uang premi yang dibayar setelah perjanjian asuransi jiwa berjangka selesai
  • Uang pertanggungan ketika pemilik polis tutup usia atau mengalami disabilitas
  • Manfaat umum akibat kecelakaan
  • Manfaat khusus akibat kecelakaan yang disebabkan oleh bencana alam, kecelakaan di kendaraan umum, dan kebakaran
  • Manfaat jalan raya bagi pengendara atau penumpang kendaraan beroda empat
  • Manfaat hari raya apabila mengalami kecelakaan di tengah hari raya
  • Tambahan manfaat akibat kecelakaan untuk ahli waris

Tak hanya itu, jangan lupa memilih masa asuransi jiwa berjangka yang sesuai dengan kebutuhan. Pastikan premi yang dibayarkan tetap sama walaupun bertambah usia selama masa pembayaran.

Singkat kata, asuransi jiwa memiliki banyak kegunaan bagi keluarga. Memiliki asuransi jenis ini mampu melindungi keluarga di saat genting. Akan tetapi, jangan sembarang memilih produk asuransi jiwa. Calon pemegang polis harus cermat dalam memilih asuransi. Tak lupa untuk memahami isi polis asuransi secara teliti, ya.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

3 Gerakan Dasar Senam Otak untuk Meningkatkan Fokus, Juga Mengasah Kreativitas

Senam tak hanya untuk tubuh, senam otak yang dapat mengasah pikiran Anda dan membuat Anda lebih fokus. Bagaimana gerakan dasar senam otak dilakukan?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Kesehatan Otak dan Saraf 29 Desember 2020 . Waktu baca 6 menit

Semua yang Perlu Diketahui Seputar Atrofi Otak, Ketika Ukuran Otak Menciut

Atrofi otak adalah kondisi rusak atau hilangnya sel otak dan sambungan antar sel otak secara berkelanjuta. Berikut informasi lengkapnya.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Kesehatan Otak dan Saraf, Penyakit Saraf Lainnya 28 Desember 2020 . Waktu baca 5 menit

Skizofrenia

Skizofrenia adalah penyakit mental. Simak informasi tentang penyebab, gejala, faktor risiko, cara pengobatan, serta pencegahan penyakit ini di Hello Sehat.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Kesehatan Mental, Gangguan Mental Lainnya 22 Desember 2020 . Waktu baca 12 menit

Trikotilomania

Penderita trikotilomania memiliki kebiasaan menarik rambut kepala dan alis. Kebiasaan ini merupakan salah satu gangguan mental. Bagaimana mengatasinya?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Kesehatan Mental, Gangguan Mental Lainnya 12 Desember 2020 . Waktu baca 7 menit

Direkomendasikan untuk Anda

serangan panik atau panic attack

Mengenal Perbedaan Panic Attack dan Anxiety Attack

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit
depresi pagi hari

Gejala Depresi Suka Muncul di Pagi Hari? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Kemal Al Fajar
Dipublikasikan tanggal: 13 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
makanan probiotik

Kenapa Penderita Depresi Harus Banyak Konsumsi Probiotik?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 7 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit
menggunakan media sosial

Batasan Wajar Menggunakan Media Sosial Dalam Sehari, Menurut Psikolog

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 7 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit