home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Carotid Endarterectomy

Carotid Endarterectomy

Salah satu pengobatan untuk mengatasi penyempitan pembuluh darah seperti arteri karotis adalah dengan carotid endarterectomy. Bagaimana prosedur ini berlangsung dan apa saja yang perlu dipersiapkan? Simak selengkapnya di bawah ini.

Definisi carotid endarterectomy

Carotid endarterectomy (endarterektomi karotis) merupakan salah satu prosedur pengobatan untuk penyakit arteri karotis akibat aterosklerosis.

Arteri karotis sendiri merupakan penumpukan lemak pada salah satu arteru karotis, yakni pembuluh darah utama pada sisi leher yang bertugas membawa oksigen dan darah ke otak. Orang yang memiliki penyakit ini mengalami penyempitan pembuluh arteri sehingga aliran darah menjadi tidak lancar dan bisa menyebabkan stroke.

Selama prosedur, tim medis akan mengangkat plak yang menumpuk pada arteri karotis lewat pembedahan. Ahli bedah akan membuat sayatan di sisi leher, arteri dibuka, dan plak dihilangkan. Setelahnya, bekas sayatan akan dijahit dan aliran darah akan kembali normal.

Kapan saya perlu menjalani carotid endarterectomy?

Dokter akan merekomendasikan endarterektomi karotis jika Anda mengalami penyempitan parah pada arteri karotis Anda.

Arteriosklerosis merupakan penyebab utama yang membuat arteri menyempit sehingga terbentuk plak dari lemak, kolesterol, produk limbah seluler, kalsium, dan fibrin. Penyempitan arteri ini bisa terjadi di bagian mana pun tubuh Anda. Namun, paling sering menyerang pembuluh darah jantung yang menyebabkan penyakit jantung dan pembuluh otak yang menyebabkan stroke.

Otak Anda membutuhkan pasokan oksigen dan nutrisi yang konstan untuk bekerja dengan benar. Jika pasokannya terhenti, bahkan dalam beberapa detik atau menit saja bisa menyebabkan sel-sel otak bisa mati.

Stroke ringan (serangan iskemik transien atau TIA) bisa saja terjadi, yakni mirip stroke yang berlangsung hanya beberapa menit hingga beberapa jam. Pada kebanyakan kasus, endapan lemak tidak menimbulkan gejala. Sekalinya timbul gejala, prosedur carotid endarterectomy (CEA) harus segera dilakukan.

Jika endarterektomi karotis bukan pilihan pengobatan terbaik, Anda mungkin menjalani prosedur yang disebut angioplasti karotid dan pemasangan stent, bukan endarterektomi karotis.

Dalam prosedur ini, dokter memasang tabung berongga panjang (kateter) dengan balon kecil yang dipasang melalui pembuluh darah di leher ke arteri yang menyempit. Balon kemudian dipompa untuk melebarkan arteri. Tabung jaring logam (stent) sering dimasukkan untuk mengurangi kemungkinan penyempitan arteri lagi.

Peringatan dan pencegahan carotid endarterectomy

dokter

Anda wajib memberi tahu dokter mengenai masalah kesehatan tertentu yang dimiliki, daftar obat yang Anda minum saat itu, atau riwayat alergi pada kandungan obat tertentu. Dokter mungkin memerintahkan Anda untuk menghentikan penggunaan obat tertentu sementara.

Proses carotid endarterectomy

operasi tulang belakang

Bagaimana persiapan carotid endarterectomy?

Anda akan diminta untuk melakukan pemeriksaan fisik untuk memastikan abhwa Anda dalam kondisi sehat sebelum menjalani prosedur.

Selain itu, pastikan Anda juga untuk berhenti merokok sebelum prosedur, akan lebih baik hal ini berlanjut untuk seterusnya.

Ganti pakaian dengan pakaian khusus yang memudahkan proses pengobatan dan melepaskan perhiasan. Dokter akan meminta Anda untuk mengosongkan kandung kemih sebelum prosedur.

Bagaimana proses carotid endarterectomy?

Endarterektomi karotis membutuhkan rawat inap di rumah sakit. Prosedur dapat bervariasi berdasarkan kondisi Anda dan praktik penyedia layanan kesehatan Anda.

  • Infus akan dipasangkan pada tangan Anda. Selain itu, kateter juga akan dipasang di pergelangan tangan untuk memantau tekanan darah dan mengambil sampel darah.
  • Satu atau lebih kateter tambahan dapat dimasukkan ke dalam leher Anda, di seberang lokasi operasi, untuk memantau jantung Anda. Area lain untuk jalur masuk kateter, yakni di bawah daerah tulang selangka dan selangkangan.
  • Jika ada terlalu banyak rambut di lokasi operasi, tim medis mungkin akan mencukurnya.
  • Anda akan ditempatkan di meja operasi, berbaring telentang. Kepala Anda akan diangkat sedikit dan berpaling dari samping untuk dioperasi.
  • Kateter akan dimasukkan ke dalam kandung kemih Anda untuk mengalirkan urin.
  • Ahli anestesi akan memeriksa detak jantung, tekanan darah, pernapasan, dan tingkat oksigen dalam darah selama operasi.
  • Carotid endarterectomy dapat dilakukan dengan anestesi lokal. Anda akan mengantuk, dan merasakan mati rasa pada area yang diobati. Mungkin obat pereda nyeri juga akan diberikan.
  • Di bawah pengaruh anestesi lokal, Anda akan mendapatkan oksigen melalui tabung yang pas di hidung Anda.
    CEA juga dapat dilakukan dengan anestesi umum, yang membuat Anda tertidur. Setelah Anda dibius, tim medis akan memasukkan tabung pernapasan ke tenggorokan untuk memberikan udara ke paru-paru. tabung tersebut terhubung ke ventilator.
  • Antibiotik akan disuntikkan melalui infus untuk mencegah infeksi. Area yang akan diobati juga akan dibersihkan dengan larutan antiseptik.
  • Setelahnya, dokter akan membuat sayatan di sisi leher di atas arteri. Setelah arteri terbuka, dokter akan memotong arteri.
  • Sebuah alat yang disebut shunt akan digunakan untuk mengalihkan aliran darah di sekitar area operasi. Dengan begitu, darah tetap dapat mengalir ke otak. Shunt adalah tabung kecil yang dimasukkan ke dalam arteri karotis untuk mengirim aliran darah ke sekitar area yang dioperasi.
  • Saat aliran darah dialihkan, dokter akan menghilangkan plak dari arteri. Kemudian, shuntakan dilepas dan arteri yang terbuka akan ditutup kembali.
  • Tabung kecil akan ditempatkan pada leher Anda untuk mengalirkan darah ke dalam bola hisap kecil seukuran telapak tangan. Biasanya tabung akan dilepas di pagi hari setelah prosedur selesai.
  • Anda mungkin mendapatkan obat tekanan darah melalui infus selama dan setelah prosedur untuk menjaga tekanan darah Anda dalam kisaran tertentu.
  • Perban atau pembalut steril akan dipasang di lokasi operasi.

Apa yang perlu saya lakukan setelah menjalani carotid endarterectomy?

Perawatan di rumah sakit

Setelah prosedur, Anda akan dibawa ke ruang pemulihan. Setelah tekanan darah, denyut nadi, dan pernapasan stabil dan Anda kembali waspada, Anda akan dibawa ke ruang inap.

Kemudian, perawatan akan meminta Anda untuk bangun dari tempat tidur dan berjalan-jalan semampu Anda. Tindakan ini dilakukan untuk menghindari penggumpalan darah. Umumnya, Anda bisa pulang dalam 1 hingga 2 hari setelah endarterektomi karotis.

Pengobatan di rumah

Setelah Anda tiba di rumah, penting untuk menjaga area sayatan tetap bersih dan kering. Dokter atau perawat akan memberi arahan pada Anda cara membersihkan luka dan merawat luka. Jahitan operasi akan dilepaskan ketika Anda mengunjungi rumah sakit di hari berikutnya.

Umumnya, Anda perlu mengikuti diet rendah lemak dan kolesterol seperti diet penderita stroke. Perbanyak konsumsi sayur, buah, produk susu, dan daging tanpa lemak. Hindari makanan siap saji atau yang dikemas dengan bahan pengawet.

Konsultasi ke dokter jika Anda mengalami kondisi berikut ini.

  • Demam atau kedinginan
  • Kemerahan, bengkak, atau pendarahan atau keluarnya cairan lain dari tempat sayatan.
  • Peningkatan rasa sakit di sekitar lokasi sayatan.

Komplikasi carotid endarterectomy

serangan jantung

Dilansir laman John Hopkins Medicine, ada beberapa kemungkinan komplikasi dari pengobatan ini seperti tersebut di bawah.

  • Stroke atau serangan jantung
  • Perdarahan di otak
  • Kejang
  • Masalah saraf mata, hidung, lidah, atau telinga
  • Detak jantung tidak beraturan
  • Tekanan darah tinggi setelah operasi
  • Saluran udara tersumbat
  • Penumpukan darah ke jaringan sekitar operasi yang menyebabkan pembengkakan

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Nhs choices. (n.d.). Retrieved July 07, 2021, from https://www.nhs.uk/conditions/carotid-endarterectomy/

Carotid endarterectomy. (n.d.). Retrieved July 07, 2021, from https://www.nhlbi.nih.gov/health-topics/carotid-endarterectomy.

Carotid endarterectomy. (n.d.). Retrieved July 07, 2021, from https://www.hopkinsmedicine.org/health/treatment-tests-and-therapies/carotid-endarterectomy

Carotid endarterectomy. (2018, December 11). Retrieved July 07, 2021, from https://www.mayoclinic.org/tests-procedures/carotid-endarterectomy/about/pac-20393379

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Aprinda Puji Diperbarui 15/09/2021
Ditinjau secara medis oleh dr. Tania Savitri