Sering Sakit Kepala? Mungkin Anda Mengidap Salah Satu Kondisi Ini

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 16 April 2020 . Waktu baca 6 menit
Bagikan sekarang

Semua orang pasti pernah merasakan sakit kepala. Ya, sakit kepala adalah gejala umum yang bisa terjadi akibat berbagai kondisi, misalnya saja ketika Anda kurang minum atau makan. Akan tetapi, bagaimana jika Anda sering mengalami sakit kepala? Ketahui berbagai penyebab sakit kepala setiap hari, gejalanya, serta cara mengatasinya di bawah ini!

Apakah normal sering merasakan sakit kepala?

Sakit kepala adalah keluhan nyeri yang cukup ringan. Namun jika Anda sering merasakan sakit kepala, ini tentu saja bukan hal yang normal.

Dikutip dari Mayo Clinic, bila Anda merasakan sakit kepala setiap hari atau setidaknya 15 hari berturut-turut atau lebih dalam sebulan, Anda bisa dianggap mengalami sakit kepala kronis. Kondisi ini bahkan dapat berlangsung berbulan-bulan, sedikitnya 3 bulan.

Jenis sakit kepala harian ini bisa dalam bentuk apa saja, entah itu sakit kepala sebelah atau di seluruh bagian kepala. Selain itu, tingkat intensitasnya juga berbeda-beda setiap harinya, bisa saja hari ini kepala Anda terasa sangat sakit dan keesokan harinya rasa sakitnya berkurang.  Namun, rasa sakit kepala itu selalu ada, setiap hari.

Dalam satu hari, durasi sakit kepala yang dirasakan juga bermacam-macam. Bisa berlangsung dalam durasi yang cukup lama atau bahkan sebentar saja – kurang dari empat jam. Jenis sakit kepala ini disebut dengan sakit kepala primer.

Apa penyebab sakit kepala setiap hari?

Jenis sakit kepala primer yang sampai saat ini belum diketahui penyebabnya. Bahkan beberapa ahli menyatakan bahwa kondisi ini bisa saja terjadi tiba-tiba pada orang yang tidak memiliki riwayat penyakit apapun.

Sementara, bila Anda tidak mengalami gangguan sakit kepala primer, maka penyebab sakit kepala setiap hari tersebut bisa saja dikarenakan oleh beberapa kondisi sebagai berikut:

  • Perubahan tekanan atau volume pada cairan di tulang belakang. Hal ini biasanya terjadi ketika seseorang melakukan tindakan pengambilan cairan tulang belakang.
  • Meningitis, yaitu infeksi virus yang menyerang selaput otak dan tulang belakang, sehingga menyebabkan gejala sakit kepala setiap hari.
  • Cedera di bagian kepala. Sakit kepala setiap hari bisa saja terjadi bila Anda memiliki riwayat cedera pada kepala.
  • Penggumpalan darah pada otak, termasuk stroke.
  • Tumor otak, salah satu gejalanya ditandai dengan sakit kepala.                                      

Biasanya kondisi-kondisi medis tersebut juga menimbulkan beberapa gejala selain sakit kepala, seperti kelelahan atau penurunan fungsi kognitif.

Gejala sering sakit kepala sesuai penyebabnya

Anda sering mengalami sakit kepala, nyeri bisa terjadi selama 15 hari, sebulan, bahkan lebih. Gejala sakit kepala harian atau sakit kepala primer pun memiliki perbedaan sesuai dengan kelompoknya masing-masing.

1. Migrain kronis

Ketika Anda sering sakit kepala, ada kemungkinan ini pertanda dari migrain kronis. Migrain bisa membuat Anda merasakan sensasi berdenyut, mempengaruhi satu sisi atau kedua sisi kepala, dan rasa sakit yang sedang sampai berat. Tidak hanya itu saja. Anda juga bisa merasakan mual, muntah, serta sensitif terhadap suara juga cahaya.

2. Sakit kepala tipe ketegangan kronis

Sakit kepala tegang biasanya menunjukkan gejala seperti:

  • Mempengaruhi kedua sisi kepala.
  • Menyebabkan rasa sakit atau nyeri yang ringan sampai sedang.
  • Menyebabkan rasa sakit yang terasa seperti menekan kepala, mengencang, namun tidak terasa berdenyut.

3. Sakit kepala persisten harian

Sakit kepala yang satu ini datang secara tiba-tiba walaupun Anda tidak memiliki riwayat sakit kepala setiap hari. Gejala yang dirasakan adalah rasa sakit yang konstan dalam waktu tiga hari sejak hari pertama. Tidak hanya itu saja, Anda juga bisa merasakan:

  • Mempengaruhi kedua sisi kepala Anda.
  • Menyebabkan rasa sakit yang terasa seperti menekan, mengencang, tetapi tidak berdenyut.
  • Akan terasa rasa sakit yang ringan sampai sedang.
  • Mungkin terdapat gejala migrain kronis atau tipe ketegangan kronis.

4. Hemicrania continua

Jenis sakit kepala yang satu ini hanya mempengaruhi satu sisi kepala Anda. Tidak hanya itu saja, Anda juga bisa merasakan sering sakit kepala terus menerus tanpa periode yang bisa dipastikan. Gejala iannya, adalah:

  • Rasa sakit yang terasa sedang dan seperti ditusuk duri
  • Menjadi lebih parah apabila ada gejala alin seperti migrain.
  • Kemerahan di area mata.
  • Hidung menjadi tersumbat dan mengalami pilek.
  • Merasakan kegelisahan.

Bagaimana cara mengatasi agar tidak sering sakit kepala?

Bila Anda merasakan sering sakit kepala, maka dokter Anda akan memberikan beberapa obat yang ditujukan untuk mengurangi rasa sakit yang dirasakan.

Namun, dokter biasanya mencoba beberapa jenis obat dulu sampai menemukan obat yang sesuai untuk mengatasi sakit kepala harian yang Anda alami.

Beberapa obat yang diberikan pada orang yang mengalami sakit kepala harian adalah:

Untuk mengetahui apakah Anda memang mengalami sakit kepala harian primer atau sakit kepala akibat kondisi lain, maka sebaiknya Anda segera periksakan diri ke dokter.

Mencegah terjadinya sering sakit kepala

Ada kalanya, Anda tidak bisa menghindari penyebab sakit kepala setiap hari. Namun, untuk meminimalisir rasa sakit yang menggangu coba untuk melakukan beberapa tindakan pencegahan dimulai dari merawat diri, seperti:

  • Hindari mengonsumsi obat sakit kepala yang berlebihan. Walaupun Anda sering sakit kepala, mengonsumsi obat dua kali dalam jangka waktu seminggu dapat meningkatkan frekuensi serta keparahan. Konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu untuk mencegah efek samping yang bisa terjadi.
  • Menghindari pemicu sakit kepala. Coba untuk membuat catatan saat terjadi sakit kepala setiap hari. Hal ini memudahkan Anda untuk menentukan apa saja pemicunya seperti kapan sakit kepala dimulai, sedang melakukan aktivitas apa, dan berapa lama sakit kepala berlangsung.
  • Beristirahat yang cukup. Rata-rata orang dewasa membutuhkan setidaknya 8 jam waktu tidur di malam hari. Apabila Anda mempunyai gangguan atau masalah tidur, sebaiknya konsultasikan pada dokter.
  • Hindari hal yang bisa membuat Anda stres. Stres merupakan penyebab umum sakit kepala. Ketika aktivitas Anda terlalu padat, jangan lupa untuk beristirahat sebentar.
  • Lakukan olahraga yang membuat pikiran dan tubuh rileks untuk melancarkan darah ke otak serta mengatasi stres. Olahraga yang bisa Anda lakukan adalah yoga, berjalan kaki, tai chi, berenang, dan lain-lain.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Tiba-tiba Sakit Kepala Setelah Keramas, Apa Penyebabnya?

Kalau muncul migrain atau sakit kepala setelah keramas, Anda mungkin bertanya-tanya apa artinya. Nah, ini dia berbagai penyebabnya. Simak baik-baik, ya!

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Kesehatan Otak dan Saraf, Sakit Kepala 15 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Saraf Kejepit, Apa Penyebab dan Bagaimana Gejalanya?

Jika dibiarkan terjadi dalam waktu lama, kondisi ini bisa membuat saraf Anda rusak permanen. Apa saja yang menyebabkan saraf kejepit?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Rizki Pratiwi
Kesehatan Otak dan Saraf, Penyakit Saraf Lainnya 15 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Waspada Brazilian Blowout, Teknik Meluruskan Rambut dengan Formalin

Smoothing sudah menjadi cara lama untuk meluruskan rambut. Sekarang ada tren Brazilian blowout dengan metode baru. Benarkah lebih aman dilakukan?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Perawatan Rambut & Kulit Kepala, Kesehatan Kulit 15 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Zat Aditif pada Makanan Ternyata Tak Selalu Berbahaya

Zat aditif ada dalam setiap makanan kemasan. Biasanya sengaja ditambahkan untuk tujuan tertentu. Namun, apakah berbahaya bila dikonsumsi?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Fakta Gizi, Nutrisi 15 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

cara merangsang istri

Untuk Para Suami, Ini 10 Trik Memanjakan Istri Agar Lebih Bergairah

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
telat datang bulan

Berapa Lama Telat Datang Bulan Dapat Menjadi Pertanda Kehamilan?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
mengatasi kesepian

5 Langkah Mengatasi Kesepian, Agar Hidup Lebih Semangat

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
mengobati sakit kepala

5 Jenis Minyak Esensial untuk Meringankan Sakit Kepala dan Migrain

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit