Tips Menyembuhkan Flu dengan Cepat

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: | Oleh

Tanggal tayang April 3, 2020
Bagikan sekarang

Penyakit flu atau influenza kerap menyerang saat musim hujan datang. Ketika satu orang terserang flu, orang yang berada di sekitarnya rentan tertular, terutama bila sistem kekebalan tubuhnya sedang menurun. Oleh karena itu, penting untuk menyembuhkan flu dengan cepat agar minim terjadi penularan.

Sebenarnya, flu bisa sembuh dengan sendirinya. Namun, bila tetap dibiarkan, penyembuhannya bisa lambat. Oleh karena itu, ada baiknya kita melakukan perawatan yang tepat agar flu bisa cepat sembuh. Bagaimana mengobati flu yang tepat dan cepat? Simak ulasan berikut.

7 Tips menyembuhkan flu dengan cepat

Flu adalah penyakit akibat infeksi virus influenza yang menyerang sistem pernafasan. Penularan flu terjadi melalui udara ketika seseorang yang terinfeksi mengeluarkan cairan saat batuk, bersin, atau bicara. Secara tidak sengaja, cairan tersebut terhirup orang lain atau melalui bakteri yang menempel pada suatu benda.

Untuk meminimalkan penularan, ada baiknya kita menyembuhkan flu dengan cepat. Anda bisa memulai perawatan untuk flu dari rumah. Berikut tips yang bisa Anda lakukan:

1. Beristirahat di rumah

Saat terkena flu, tubuh Anda membutuhkan waktu dan energi untuk melawan virus yang menyerang. Oleh karena itu, Anda perlu beristirahat di rumah sementara waktu hingga flu membaik dan cepat sembuh.

Beri tahu atasan Anda di kantor atau guru Anda di sekolah bahwa flu yang Anda derita bisa menular dan Anda membutuhkan istirahat sejak gejala flu sudah mulai terasa.

2. Perbanyak asupan cairan

Ketika terserang flu, tubuh Anda membutuhkan banyak cairan karena demam yang dirasakan bisa menyebabkan Anda mengeluarkan banyak keringat. Oleh karena itu, perbanyaklah minum agar flu Anda cepat sembuh.

Tidak harus selalu air putih, Anda bisa menambahkan minum jus buah atau teh dengan madu. Madu diyakini dapat meringankan sakit tenggorokan dan batuk yang merupakan salah satu gejala dari penyakit flu.

Bahkan makan makanan yang berkuah, seperti sup ayam, pun direkomendasikan untuk memenuhi kebutuhan cairan saat flu. Hindari pula minuman yang mengandung alkohol dan kafein.

Dengan perbanyak cairan, sistem pernafasan Anda akan tetap terhidrasi dan juga membantu lendir yang kental menjadi lebih cair sehingga bisa dikeluarkan lewat batuk atau diludahkan. Hal ini baik agar lendir tersebut tidak menumpuk di paru-paru yang bisa menyebabkan Anda terkena infeksi.

3. Tidur dengan cukup

Tidur merupakan obat terbaik ketika Anda sedang sakit, termasuk flu. Tidurlah lebih cepat dari biasanya. Bahkan, Tidur siang juga bisa membantu Anda menyembuhkan flu lebih cepat.

4. Konsumsi makanan sehat

Anda perlu mengonsumsi makanan yang sehat untuk bisa menyembuhkan flu, seperti buah-buahan dan sayuran. Makanan yang sehat dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh agar bisa dapat melawan virus flu. Hindari makan makanan yang justru membuat flu Anda semakin parah, seperti es krim.

5. Mandi air hangat

Ketika terserang flu, Anda akan lebih sulit untuk bernapas karena batuk dan hidung yang tersumbat. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat napas Anda menjadi lebih mudah, seperti mandi air hangat. Selain itu Anda juga dapat menggunakan bantal yang lebih tinggi saat Anda tidur. Bahkan, bila perlu gunakan humidifier untuk mencairkan lendir di dalam hidung Anda.

6. Beli obat di apotek

Anda dapat membeli obat yang bisa dibeli bebas di apotek agar flu Anda cepat sembuh, seperti antihistamin (obat alergi yang bisa membantu Anda untuk tidur), ekspektoran (obat batuk berdahak), dekongestan (membantu mengurangi hidung tersumbat), pereda batuk (membantu meringankan batuk kering), atau penghilang rasa sakit untuk mengurangi demam, sakit kepala, dan meriang (termasuk ibuprofen dan acetaminophen/parasetamol).

Perlu diingat, jangan berikan aspirin pada anak dan remaja di bawah usia 19 tahun. Hal ini justru dapat mengakibatkan kerusakan pada hati dan otak anak Anda.

7. Konsultasi ke dokter

Bila flu tak kunjung sembuh, ada baiknya Anda memeriksakan diri ke dokter. Dokter bisa memberikan diagnosa yang tepat atas penyakit yang Anda alami dan juga memberikan obat yang tepat.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Kenapa Jika Sedang Padat Aktivitas Malah Mudah Kena Flu?

Semakin aktivitas padat, sebagian orang lebih mudah terserang flu. Hal ini disebabkan oleh beberapa penyebab yang mungkin Anda belum sadari.

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh Roby Rizki
Hidup Sehat, Tips Sehat Maret 18, 2020

Kenapa Flu Amat Mudah Menular?

Setelah sembuh dari flu, ada kemungkinan Anda bisa terkena lagi penyakit ini. Sebenarnya, apa alasan Anda sangat mudah tertular flu? Baca di sini.

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh Aprinda Puji
Pilek & Flu, Health Centers Desember 4, 2019

Jangan Anggap Remeh, Flu Bisa Sebabkan Komplikasi Berikut Ini

Flu berbeda dengan pilek karena gejala yang ditimbulkan jauh lebih parah, bahkan mengancam jiwa akibat komplikasi parah. Yuk, cari tahu lebih dalam di sini.

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh Aprinda Puji
Hidup Sehat, Fakta Unik Desember 4, 2019

Flu Buat Anda Tidak Nyaman Saat Traveling? Hadapi dengan 4 Tips Ini

Sakit flu saat traveling tentu membuat perjalanan jadi tidak nyaman. Jangan khawatir, ikuti cara mengatasi flu saat traveling pada ulasan berikut ini.

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh Aprinda Puji
Hidup Sehat, Tips Sehat November 26, 2019

Direkomendasikan untuk Anda

Kena Flu Saat Puasa Itu Baik! Kok Bisa? Ini Penjelasan Ilmiahnya

Kena Flu Saat Puasa Itu Baik! Kok Bisa? Ini Penjelasan Ilmiahnya

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh Widya Citra Andini
Tanggal tayang Mei 4, 2020
Apa Penyebab Hidung Tersumbat dan Bagaimana Mengatasinya?

Apa Penyebab Hidung Tersumbat dan Bagaimana Mengatasinya?

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh Ulfa Rahayu
Tanggal tayang April 15, 2020
Rutin Minum Air Putih Bisa Mencegah Risiko Flu

Rutin Minum Air Putih Bisa Mencegah Risiko Flu

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh Winona Katyusha
Tanggal tayang April 11, 2020
Kapan Sakit Flu Harus Periksa ke Dokter?

Kapan Sakit Flu Harus Periksa ke Dokter?

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh Ihda Fadila
Tanggal tayang April 4, 2020