home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

10 Cara Ampuh Mencegah Tertular Flu dan Batuk

10 Cara Ampuh Mencegah Tertular Flu dan Batuk

Flu dan batuk sering kali jadi penyakit langganan ketika sudah memasuki musim pancaroba. Dua penyakit ini bisa muncul bersamaan karena ekstra lendir yang diproduksi paru sudah naik hingga ke tenggorokan. Jangan biarkan flu dan batuk sampai menggangggu aktivitas Anda. Yuk, lindungi diri selama pergantian musim ini dengan mengikuti cara-cara mencegah flu di bawah.

Berbagai cara untuk mencegah serangan flu dan batuk

Flu adalah penyakit pernapasan yang disebabkan oleh infeksi virus influenza. Virus influenza itu sendiri ada berbagai macam, tergantung pada jenis flu yang diderita. Beberapa gejala khas dari flu adalah batuk, pilek, serta sakit tenggorokan.

Nah, berikut adalah cara mencegah flu dan gejala-gejalanya yang penting untuk Anda ketahui:

1. Cuci tangan pakai sabun

merasakan gejala covid

Tangan kita mampu menjadi rumah bagi kuman penyebab penyakit. Tercatat, terdapat kurang lebih 5 ribu bakteri yang hidup di permukaan tangan. Oleh karena itu, seseorang bisa saja rentan jatuh sakit kalau jarang cuci tangan.

Cuci tangan adalah salah satu cara paling jitu untuk mencegah penularan flu dan batuk. Namun caranya tentu tidak cukup hanya dengan membasuh menggunakan air.

Anda perlu tahu cara cuci tangan yang benar, yaitu dengan menggosokkan telapak tangan dengan sabun selama 60 detik, atau 30 detik dengan hand sanitizer berbasis alkohol.

Salah satu tips sederhana lainnya adalah tidak berjabat tangan dengan orang yang sakit karena terdapat kemungkinan bahwa orang yang batuk dan bersin akan menutup mulut dengan kedua telapak tangan mereka.

Untuk itu, hindari berjabat tangan dengan orang yang sakit batuk atau pilek untuk mencegah penularan batuk dan pilek.

2. Makan bergizi dan minum air yang cukup

makanan untuk mencegah kram otot

Menjaga pola makan teratur dapat membantu tubuh meningkatkan sistem imun sebagai cara mencegah penularan virus flu.

Lengkapilah kebutuhan gizi harian Anda dengan asupan nutrisi seperti antioksidan yang didapatkan melalui vitamin C, buah, sayur, dan teh.

Penelitian baru yang diterbitkan dalam Journal of American College of Nutrition menyebutkan bahwa konsumsi jamur dapat meningkatkan imunitas tubuh.

Orang yang makan jamur shitake yang dimasak setiap hari selama satu bulan menunjukkan adanya peningkatan produksi sel limfosit T yang berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh Anda.

Dengan begitu, jamur bisa menjadi makanan yang baik untuk mencegah gejala flu.

Cukup minum air putih untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh juga merupakan cara yang efektif untuk mencegah gejala-gejala flu.

Kebutuhan cairan yang direkomendasikan bagi orang dewasa sehat adalah dua liter per hari, tapi kebutuhan cairan tersebut akan berbeda jika pada individu dengan gangguan ginjal.

3. Istirahat cukup

cara mencegah flu tidur

Beraktivitas boleh, tapi sebisa mungkin jangan sampai memforsir tubuh tanpa rehat sama sekali. Selain membuat Anda cepat stres, kesibukan tanpa batas akan membuat Anda kekurangan waktu tidur.

Kesibukan berlebihan sering kali memicu kurangnya jam tidur.

Kurangnya jam tidur memicu stres yang memberikan dampak buruk bagi kesehatan akibat turunnya kinerja sistem imunitas tubuh.

Studi yang diterbitkan dalam Archives of Internal Medicine menemukan bahwa orang yang tidur kurang dari tujuh jam hampir tiga kali lebih rentan terhadap pilek dibandingkan dengan orang yang tidur cukup delapan jam sehari.

Pastikan Anda cukup tidur setiap malam sebagai salah satu cara mencegah tertular penyakit, termasuk flu. Tidur cukup akan membantu tubuh mengisi ulang stamina untuk keesokan hari. Dengan demikian, Anda bisa lebih kebal dari berbagai macam penyakit.

4. Olahraga

menjaga kesehatan tulang untuk perempuan

Olahraga satu menit setiap hari saja bisa membawa dampak positif yang nyata dalam hidup Anda.

Olahraga membantu tidur lebih nyenyak, meningkatkan metabolisme, membakar kalori, mencegah kelebihan berat badan, dan meningkatkan mood sehingga pada akhirnya ikut meningkatkan stamina tubuh.

Selain menjadi bagian dari cara mencegah terserang flu dan batuk, olahraga membantu mengurangi stres emosional, meningkatkan rasa percaya diri, dan membuat wajah dan tubuh lebih segar.

Ada banyak olahraga ringan yang bisa Anda pilih jika ingin mulai mencoba hidup lebih sehat, misalnya joging atau jalan kaki.

Semakin rutin Anda berolahraga, semakin besar manfaat yang didapat. Durasi olahraga yang disarankan oleh Kementerian Kesehatan RI adalah 30-45 menit sehari, sebanyak 3-5 kali seminggu.

5. Jangan sentuh wajah Anda

Bahaya memencet jerawat di area segitiga wajah

Cara mencegah flu lainnya yang sering kali diremehkan beberapa orang adalah dengan tidak sering-sering menyentuh wajah, terlebih lagi jika Anda belum cuci tangan.

Virus flu memasuki tubuh melalui lapisan mukosa di mata, hidung, dan mulut.

Itu sebabnya, Anda tidak dianjurkan untuk menyentuh wajah Anda karena Anda tidak tahu apakah di tangan Anda terdapat virus penyebab batuk atau pilek.

Jika ada teman atau anggota keluarga di rumah yang sedang sakit, ada baiknya Anda membatasi interaksi langsung dengan orang tersebut. Anda bisa meminta mereka memakai masker saat flu dan beristirahat dulu sampai benar-benar pulih.

6. Gunakan masker

COVID-19 memicu diabetes orang sehat pria pakai masker

Virus flu dapat menular dari orang yang sakit ke orang sehat dengan mudah lewat tetesan air liur saat berbicara, batuk, atau bersin.

Tetesan liur yang mengandung virus ini bisa terhirup langsung oleh hidung atau menempel di tangan hingga akhirnya masuk ke tubuh.

Virus yang ukurannya kecil, memang tetap dapat lolos jika Anda memakai masker biasa, seperti surgical mask.

Namun, penggunaan masker setidaknya dapat mengurangi paparan virus, dan merupakan cara mencegah flu yang lebih baik ketimbang Anda tidak pakai masker sama sekali.

7. Lakukan vaksinasi influenza

manfaat vaksin atau imunisasi untuk anak

Cara mencegah flu lainnya yang tidak kalah penting adalah mendapatkan vaksinasi influenza.

Sesuai rekomendasi Persatuan Ahli Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) tahun 2017, vaksin influenza merupakan vaksin yang direkomendasikan sebanyak 1 dosis setiap tahunnya kepada kelompok usia 19 tahun hingga usia di atas 65 tahun.

8. Kurangi kontak langsung dengan orang sakit

mencegah virus corona

Jika ada teman atau anggota keluarga di rumah yang sedang sakit, ada baiknya Anda membatasi interaksi langsung dengan orang tersebut sebagai cara mencegah flu dan batuk.

Anda bisa meminta orang yang sakit untuk istirahat dulu sampai kondisinya pulih dan memakai masker sementara.

Anda juga sebaiknya tidak sering menyentuh mata, hidung, dan mulut dengan tangan dan langsung cuci apabila Anda harus merawat orang yang sakit flu.

9. Memiliki panduan khusus flu selama perjalanan

tips traveling ppok

Saat tubuh kelelahan atau tidak enak badan, sistem imun sedang melemah yang menandakan pertahanan tubuh sedang menurun sehingga Anda jadi lebih mudah terserang penyakit.

Jika memang sedang tidak sehat, sebaiknya urungkan niat Anda dulu untuk melakukan perjalanan jauh. Undur rencana Anda untuk bepergian hingga kondisi membaik sebagai langkah pencegahan influenza.

Cara mencegah flu saat traveling bisa Anda lakukan dengan selalu membawa obat-obatan flu, seperti obat pereda nyeri dan obat pereda demam, serta perlengkapan kesehatan.

Ini sangat dianjurkan bagi Anda yang kondisi tubuhnya sedang tidak fit atau memang memiliki masalah kesehatan tertentu, yang perlu minum obat secara rutin.

Asupan cairan dan makanan bergizi selama bepergian mampu mencegah flu dengan memperkuat sistem imun.

10. Merawat orang sakit flu dengan benar

kompres dingin

Apabila Anda harus merawat orang yang sakit flu, perhatikan bahwa Anda perlu mencuci tangan dan menghindari menyentuh wajah.

Menurut WHO, terdapat lima waktu anda wajib mencuci tangan ketika merawat pasien, yaitu sebagai berikut.

  • Sebelum menyentuh pasien.
  • Sebelum melakukan prosedur pembersihan pasien
  • Setelah terkena cairan tubuh pasien
  • Setelah menyentuh pasien
  • Setelah menyentuh benda-benda sekeliling pasien

Anda juga dianjurkan untuk mengajarkan etika batuk pada pasien. Cara ini perlu Anda ketahui agar dapat mencegah penularan flu.

Etika batuk yang direkomendasikan Centers for Disease Control and Prevention adalah menutup hidung dan mulut dengan masker ataupun tisu.

Jika tidak ada, tutup mulut Anda ketika batuk dengan bagian dalam siku Anda sebagai cara pencegahan influenza.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Healthy Habits to Help Prevent Flu – CDC. (2019). Retrieved July 1, 2020, from https://www.cdc.gov/flu/prevent/actions-prevent-flu.htm#:~:text=The%20single%20best%20way%20to,to%20treat%20and%20prevent%20flu

Coughing and Sneezing – CDC. (2019). Retrieved July 1, 2020, from https://www.cdc.gov/healthywater/hygiene/etiquette/coughing_sneezing.html 

Clean Your Hands – WHO. (n.d.). Retrieved July 1, 2020, from https://www.who.int/gpsc/5may/background/5moments/en/ 

Mengenal Jenis Aktivitas Fisik – Kementerian Kesehatan. (2018). Retrieved July 1, 2020, from http://promkes.kemkes.go.id/content/?p=8807

Vaccinology Training for Adult – PAPDI. (2019). Retrieved July 1, 2020, from https://www.papdi.or.id/berita/info-papdi/553-vaccinology-training-for-adult

Flu Prevention Tips – National Jewish Health. (n.d.). Retrieved July 1, 2020, from  https://www.nationaljewish.org/conditions/health-information/health-infographics/flu-prevention-tips

Dai, X., Stanilka, J., Rowe, C., Esteves, E., Nieves, C., & Spaiser, S. et al. (2015). ConsumingLentinula edodes(Shiitake) Mushrooms Daily Improves Human Immunity: A Randomized Dietary Intervention in Healthy Young Adults. Journal Of The American College Of Nutrition34(6), 478-487. https://doi.org/10.1080/07315724.2014.950391

Cohen, S., Doyle, W., Alper, C., Janicki-Deverts, D., & Turner, R. (2009). Sleep Habits and Susceptibility to the Common Cold. Archives Of Internal Medicine169(1), 62. https://doi.org/10.1001/archinternmed.2008.505


Foto Penulis
Ditinjau oleh dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh Aprinda Puji
Tanggal diperbarui 3 minggu lalu
x