Sakit Flu Sebetulnya Perlu ke Dokter atau Tidak?

Oleh

Penyakit flu merupakan penyakit paling umum yang rasanya hampir tiap orang di belahan dunia manapun pernah mengalaminya. Gejala batuk, tenggorokan gatal, bersin hingga hidung mengeluarkan lendir, rasanya memang tidak nyaman dibuat beraktivitas.

Apa yang sering jadi penyebab sakit flu?

Penyakit flu adalah infeksi dari virus yang menyerang sistem pernapasan seperti hidung, tenggorokan, dan paru-paru. Flu juga sering disebut pilek atau influenza. Hampir setiap orang pernah mengalami penyakit ini dan penyakit flu merupakan salah satu jenis penyakit menular. Penyebabnya karena daya tahan tubuh kita yang lemah terhadap serangan virus influenza. Daya tahan tubuh manusia secara alamiah akan melemah di waktu musim hujan, dimana matahari tidak bersinar setiap hari.

Mengapa kurangnya sinar matahari menyebabkan daya tahan tubuh lemah? Sinar matahari merupakan sumber dari vitamin D, sering disebut juga sebagai vitamin matahari. Kegunaan vitamin D nyatanya sangat besar untuk kesehatan, di antaranya adalah menjaga daya tahan tubuh optimal, membantu pembentukan tulang yang kuat, mencegah penyakit berbahaya, dan lain sebagainya. Berkurangnya sinar matahari di musim hujan memberikan efek yang kurang menguntungkan tubuh karena kandungan vitamin D dalam tubuh pun berkurang.

Gejala sakit flu

Gejala seperti batuk, sakit tenggorokan hingga bersin-bersin, akan muncul 1 hingga 7 hari kemudian (biasanya dalam waktu 2-3hari). Flu menyebar dengan mudah, virus flu sering menyerang dalam satu lingkungan atau bahkan kelompok. Kadang-kadang orang merasa tidak nyaman dengan flu dan pilek yang mereka alami. Mereka berbagi gejala yang sama dengan orang lain. Kebanyakan orang terserang virus flu beberapa kali setiap tahun. Tapi ada juga yang terkena flu sekali setiap beberapa tahun.

Kapan harus ke dokter saat sedang sakit flu?

Jika seseorang sakit flu mengalami kesulitan bernapas, dan warna tubuh terutama wajah mengalami pucat pasi hingga tidak bisa berdiri, kondisi ini harus segera dilarikan ke klinik atau rumah sakit terdekat. Salah satu tanda yang paling serius adalah orang yang tampaknya akan semakin baik, lalu tiba-tiba menjadi lebih buruk, termasuk yang disertai dengan demam tinggi.

Nah, saat flu, tubuh Anda kadang membutuhkan banyak cairan untuk proses penyembuhan. Tetapi jika kondisi saat meminum cairan menyebabkan muntah dan mual pada Anda, jangan ragu untuk membawa diri ke dokter karena yang Anda butuhkan adalah cairan infus yang akan mengganti cairan tubuh  yang terbuang. Sakit flu serta pilek yang menghalangi hidung Anda dengan lendir dapat menyebabkan infeksi sinus. Jika obat flu biasa tidak dapat menghentikan lendir berlebih, Anda juga dapat berobat ke dokter.

Mencegah penyakit flu

  • Usahakan serap dan biarkan tubuh terkena dengan sinar matahari pagi cukup 15 menit saja sebelum jam 11 siang hari.
  • Ketika musim hujan, baiknya konsumsi suplemen vitamin D dan C tambahan.
  • Konsumsi sayuran dan buah segar, sebaiknya sayur tidak dimasak (dibuat salad) untuk mendapatkan enzimnya yang sangat berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Karena setelah dimasak, biasanya enzim penting yang terdapat dalam sayuran sudah hampir hilang semua.
  • Istirahat dan tidur cukup dalam satu hari.
  • Hindari stress, karena stress hanya akan membuat daya tahan tubuh melemah.
  • Kurangi gula dan karbohidrat saat makan, terutama yang sedang pilek. Hal ini hanya akan memperbanyak lendir hidung ketika flu.

Baca Juga:

Share now :

Direview tanggal: Maret 5, 2017 | Terakhir Diedit: November 15, 2019

Sumber
Yang juga perlu Anda baca