Pengobatan untuk Mengatasi Nyeri Lutut

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 3 Maret 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Mengalami nyeri lutut menyebabkan kesulitan dalam bekerja, bermain, dan bahkan menjalani hidup. Ada banyak pilihan untuk perawatan nyeri lutut, tetapi tergantung pada tingkat keparahan dan gejala Anda, Anda perlu kesabaran untuk memilih perawatan terbaik untuk nyeri Anda. Berikut adalah beberapa tips untuk membantu Anda mengatsi nyeri lutut dan mendapatkan kehidupan yang lebih baik.

Pengobatan untuk nyeri lutut

Obat non-steroid anti-inflamasi

Non-steroid anti-inflammatory, atau NSAID, adalah obat untuk mengurangi peradangan. Obat ini dapat digunakan pada peradangan yang tergantung pada kondisi kesehatan pengguna. Misalnya, orang dengan penyakit ginjal atau hati sebaiknya tidak menggunakan NSAID. Anda dapat membeli NSAID yang beredar di pasaran atau dengan resep dokter. Obat ini sering digunakan untuk pengobatan arthritis.

NSAID bekerja dengan menghalangi enzim dalam tubuh yang menyebabkan peradangan, khususnya enzim Cox-1 dan Cox-2. Enzim ini memainkan peran penting dalam membuat prostaglandin – kelompok lipid yang dibuat pada area kerusakan jaringan atau infeksi untuk mengontrol proses peradangan. Dengan menghalangi enzim Cox, NSAIDs menghentikan tubuh Anda dari membuat banyak prostaglandin. Melalui proses ini pembengkakan berkurang dan rasa sakit juga berkurang.

Kortikosteroid

Kortikosteroid umumnya dikenal sebagai steroid. Namun, ini bukan jenis steroid yang digunakan atlet untuk mendapatkan massa otot dan meningkatkan kekuatan. Obat tersebut steroid anabolik dan juga obat ilegal. Kortikosteroid adalah kimia sintetis dimaksudkan untuk menyerupai hormon kortison di dalam tubuh. Obat ini mengurangi produksi bahan kimia yang menyebabkan peradangan.

Kortikosteroid dapat diambil secara oral atau disuntikkan langsung ke lutut. Namun, Anda perlu kembali menyuntikkan-kortikosteroid setiap beberapa bulan.

Analgesik

Analgesik adalah obat yang menghilangkan rasa sakit dengan menyebabkan mati rasa atau untuk mempengaruhi ketidaksadaran selama operasi. Obat ini dirancang hanya untuk menghilangkan rasa sakit. Mungkin ada beberapa efek samping yang dapat muncul seperti sakit perut atau mulas. Jika Anda tidak dapat menggunakan NSAID karena alergi atau masalah ginjal atau hati, dokter mungkin merekomendasikan obat ini.

Pengobatan alami untuk mengatasi nyeri lutut

Ekstrak jahe

Jahe adalah obat penghilang rasa sakit alami yang telah teruji efektif. Jahe tersedia dalam berbagai bentuk. Manfaat kesehatan dari jahe terbukti untuk meringankan sakit perut dan mual dan juga dapat menghilangkan rasa sakit di cedera lutut atau arthritis. Sebuah studi pada pasien arthritis menemukan bahwa jahe membantu untuk mengurangi rasa sakit bila digunakan dalam kombinasi dengan obat resep untuk arthritis.

Kunyit

Kunyit adalah rempah-rempah populer dalam masakan India yang memberikan mereka warna emas yang indah dan rasa yang unik. Kunyit mengandung kurkumin, antioksidan yang membantu melindungi tubuh dari bakteri dan virus yang dapat merusak sel-sel dan jaringan. Kunyit digunakan untuk mencegah peradangan pada orang dengan arthritis.

Kulit pohon willow

Penelitian telah menunjukkan bahwa kombinasi dari penggunaan kulit pohon willow dan pengobatan lainnya untuk nyeri lutut dapat meredakan nyeri ringan sampai sedang. Banyak orang biasanya mengunyah kulit kayu atau menyeduhnya untuk membuat teh. Namun, Anda sebaiknya menggunakan kulit pohon willow tidak berlebihan karena bisa beracun dalam jumlah yang besar.

Pengobatan alternatif

Olahraga dan manajemen berat badan

Melakukan latihan sehari-hari dapat mengurangi nyeri lutut dengan menjaga sendi aktif dan mencegah kekakuan. Semakin Anda kelebihan berat badan, semakin banyak tekanan pada lutut Anda, sehingga sangat penting untuk mengelola berat badan yang sehat.

Terapi kompres panas dan dingin

Kompres panas atau dingin dapat mengurangi nyeri lutut. Gunakan kompres es atau air panas dan terapkan pada daerah nyeri Anda dapat secara efektif mengurangi rasa sakit.

Tai chi

Tai chi adalah latihan untuk meningkatkan keseimbangan dan fleksibilitas. Kegiatan ini juga mengajarkan Anda untuk fokus dan mendisiplinkan pikiran Anda. Tai Chi dapat mengurangi rasa sakit dan meningkatkan gerakan bagi mereka yang mengalami nyeri lutut.

Tips perawatan di rumah untuk sakit lutut

Untuk mengelola nyeri lutut di rumah, ikuti tips berikut:

  • Istirahatkan lutut Anda dan hindari beban kerja yang lebih.
  • Terapkan kompres es pada daerah yang sakit untuk mengurangi rasa sakit.
  • Kompres, atau membungkus lutut untuk mengurangi pembengkakan.
  • Tinggikan lutut dengan meletakkan bantal di bawahnya.

Hello Health Group tidak memberikan saran medis, diagnosis atau pengobatan.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

    Apakah artikel ini membantu Anda?
    happy unhappy"
    Sumber

    Yang juga perlu Anda baca

    8 Penyebab Leher Anda Sering Terasa Pegal

    Pegal di leher sesekali saja memang wajar. Tapi jika sering terjadi dan tidak ditangani, ini bisa memicu masalah kesehatan yang lebih serius, lho!

    Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Risky Candra Swari
    Hidup Sehat, Tips Sehat 1 September 2020 . Waktu baca 4 menit

    Panduan Menjaga Kesehatan Anak dengan Penyakit Jantung Bawaan

    Menjaga kesehatan anak dengan penyakit jantung bawaan memang bukan tugas mudah. Jangan khawatir, simak panduannya berikut ini.

    Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Aprinda Puji
    Kesehatan Jantung, Penyakit Jantung Lainnya 1 Juli 2020 . Waktu baca 10 menit

    6 Jenis Minyak Esensial untuk Mengatasi Masalah Pencernaan

    Masalah pencernaan bisa sangat mengganggu dan menyusahkan. Berbagai pengobatan pun Anda coba. Nah, sudahkah Anda menggunakan minyak esensial?

    Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
    Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
    Hidup Sehat, Tips Sehat 13 Juni 2020 . Waktu baca 4 menit

    Anak Sering Sakit Perut, Apakah Orang Tua Harus Khawatir?

    Mengingat sakit perut cukup sering terjadi, ketahui gejala lain yang menyertainya sebagai tanda bahwa sudah waktunya anak untuk mendapat pertolongan dokter.

    Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
    Ditulis oleh: Roby Rizki
    Konten Bersponsor
    Serat Anak, Parenting, Nutrisi Anak 29 Mei 2020 . Waktu baca 4 menit

    Direkomendasikan untuk Anda

    terapi urine minum air kencing

    Terapi Urine dengan Minum Air Kencing, Benarkah Efektif?

    Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
    Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
    Dipublikasikan tanggal: 23 September 2020 . Waktu baca 8 menit
    hemodialisis

    Hemodialisis, Prosedur Cuci Darah untuk Penyakit Gagal Ginjal

    Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
    Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
    Dipublikasikan tanggal: 21 September 2020 . Waktu baca 11 menit
    gejala kista ovarium

    Apakah Anda Mengidap Kista Ovarium? Cari Tahu Gejalanya di Sini

    Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Arinda Veratamala
    Dipublikasikan tanggal: 16 September 2020 . Waktu baca 3 menit
    makan kekenyangan

    Perut Begah Akibat Makan Kekenyangan? Ini Cara Cepat Mengatasinya

    Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
    Dipublikasikan tanggal: 2 September 2020 . Waktu baca 3 menit