home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

6 Latihan untuk Memperbaiki Bentuk Kaki X

6 Latihan untuk Memperbaiki Bentuk Kaki X

Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan penyakit rakitis. Penyakit tersebut dapat memicu kelainan pada tulang, sebab penderita mengalami pelemahan atau pelunakan pada tulang. Tulang pun bisa bengkok akibat kondisi ini. Seseorang yang kekurangan vitamin D dapat mengalami kelainan bentuk kaki, bisa berupa kaki X atau O. Namun, apakah ada cara untuk memperbaiki bentuk kaki X atau O?

Latihan untuk memperbaiki bentuk kaki X

Sebenarnya bentuk kaki X atau O umum ditemukan pada anak berusia 3 sampai 5 tahun. Ketika mereka menginjak usia 6 hingga 7 tahun, tulang kaki pun mulai terbentuk lurus. Bentuk kaki X bisa digambarkan dengan melengkungnya dan memiliki jarak antara dua kaki bagian lutut ke bawah, lengkungan pada bagian kaki di bawah lutut tersebut membentuk huruf ‘X’.

Menekuknya bagian bawah lutut dapat disebabkan oleh otot abduktor yang lemah di sekitar pinggul dan paha. Tidak ada yang tidak bisa dilakukan, Anda bisa berusaha memperbaiki bentuk kaki X dengan beberapa latihan berikut ini:

1. Menekuk satu sisi lutut

shutterstock_375693175

Lebarkan kedua kaki selebar pinggul dan letakkan lengan di depan dada Anda. Lalu, langkahkan satu kaki kiri Anda ke samping, luruskan, sedangkan posisikan kaki kanan Anda menekuk. Rasakan kontraksi kuat pada pinggul dan paha. Lalu posisikan kembali kaki Anda seperti semula. Lakukan serangkaian gerakan tersebut hingga 10 sampai 12 kali. Setelah selesai, Anda bisa tukar posisi tersebut dengan kaki yang satunya lagi.

2. Mengangkat satu kaki sambil berbaring

shutterstock_307356932

Gerakan berikutnya untuk memperbaiki bentuk kaki X, posisikan berbaring menyamping, kaki kiri berada di atas kaki kanan. Angkat kaki kiri Anda sekitar 45 derajat, tahan sebentar sekitar 1-5 hitungan, lalu turunkan lagi ke posisi semula. Ulangi gerakan tersebut 10-12 kali. Lalu ganti posisi berbaring Anda, lakukan lagi gerakan tersebut pada kaki kanan.

3. Straight leg lift

shutterstock_454160095

Berbaring terlentang, biarkan tubuh Anda rileks. Posisikan kaki kanan lurus dan lutut kaki kiri menekuk. Kencangkan otot paha pada kaki kanan yang lurus, angkat kaki tersebut beberapa centimeter dari lantai dan tahan sekitar 5 detik. Ulangi gerakan tersebut 2 kali tiap satu sisi kaki.

4. Side step-ups

Gerakan memperbaiki bentuk kaki X ini memerlukan bangku yang berat untuk menopang tubuh Anda. Pastikan bangku yang Anda gunakan bukan yang mudah jatuh, tapi bangku yang berat, hal ini untuk menghindari Anda terjatuh saat latihan. Berdiri dengan sisi kanan menghadap bangku dan lengan di depan dada.

Posisikan kaki kanan Anda di atas bangku, kaki kiri tetap di tanah. Lalu, berdiri dengan kaki kanan menekan bangku. Ketika kaki kanan Anda dalam posisi tegak lurus, tahan selama satu detik, lalu turunkan ke posisi semula. Lakukan 10 hingga 12 kali, lalu ganti posisi.

5. Knee press

Anda bisa duduk di lantai atau bangku. Anda memerlukan gulungan handuk untuk latihan ini. Taruh gulungan handuk tersebut di bawah lutut Anda. Luruskan kaki kanan hingga tidak menyentuh lantai. Biarkan lutut kaki kiri menekuk (karena handuk) dan tumitnya menyentuh lantai.

Turunkan kaki kanan, lakukan dengan memberikan tekanan pada handuk, tahan selama 3 detik. lalu, rileks dan kembalikan ke posisi awal. Ulangi latihan ini 9 hingga 10 kali.

6. Hamstring curls

Pegang bagian belakang kursi. Tahan berat badan pada satu kaki, tekuk kaki yang satunya lagi ke belakang. Kencangkan paha pada kaki yang ditekuk ke belakang. Tahan posisi tersebut selama 5 detik, lalu turunkan ke posisi semula. Ulangi gerakan tersebut hingga 8-9 kali, lalu ganti posisi. Latihan ini baik untuk memperbaiki tekukan lutut pada bentuk kaki X.

Adakah cara lain untuk memperbaiki bentuk kaki X?

Anak-anak dengan kaki X mengalami perubahan bentuk tulang ketika mereka dewasa. Bagi Anda yang mengalami hal ini, sambil berlatih latihan di atas, Anda bisa mencoba beberapa perawatan berikut ini:

1. Konsumsi Vitamin

Jika bentuk kaki X disebabkan oleh rakitis, maka tugas kita adalah menyembuhkan penyebabnya. Seperti yang sudah diungkapkan di atas, rakitis terjadi karena kekurangan vitamin D, maka mengonsumsi vitamin D harian harus dilakukan. Anda juga bisa mendapatkan vitamin D yang disuntikkan satu tahun sekali. Vitamin ini tidak hanya ditemukan pada suplemen, Anda bisa juga mengonsumsinya makanan vitamin D dan kaya kalsium.

2. Operasi

Jika tetap tidak ada perubahan, operasi dapat dilakukan sebagai salah satu cara untuk memperbaiki kaki X. Namun, operasi hanya direkomendasikan, jika:

  • Jarak kedua kaki tersebut lebih dari 10 cm
  • Terjadi kondisi sulit berjalan
  • Bagian bawah kaki tersebut melengkung dan menimbulkan rasa sakit

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Knock Knee Correction. http://www.newhealthadvisor.com/knock-knee-correction.html  Accessed December 8th 2016.

Exercises to Correct Knock Knees. http://www.livestrong.com/article/127712-exercises-correct-knock-knees/  Accessed December 8th 2016.

X-type legs. http://www.healthfrom.com/Symptoms/view-4872.html  Accessed December 8th 2016.

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Rizki Pratiwi Diperbarui 22/04/2021
Ditinjau secara medis oleh dr. Andreas Wilson Setiawan