6 Latihan untuk Memperbaiki Bentuk Kaki X

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 7 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan penyakit rakitis. Penyakit tersebut dapat memicu kelainan pada tulang, sebab penderita mengalami pelemahan atau pelunakan pada tulang. Tulang pun bisa bengkok akibat kondisi ini. Seseorang yang kekurangan vitamin D dapat mengalami kelainan bentuk kaki, bisa berupa kaki X atau O. Namun, apakah ada cara untuk menyembuhkan dan memperbaiki kaki X atau O?

Sebenarnya bentuk kaki X atau O umum ditemukan pada anak berusia 3 sampai 5 tahun. Ketika mereka menginjak usia 6 hingga 7 tahun, tulang kaki pun mulai terbentuk lurus. Bentuk kaki X bisa digambarkan dengan melengkungnya dan memiliki jarak antara dua kaki bagian lutut ke bawah, lengkungan pada bagian kaki di bawah lutut tersebut membentuk huruf ‘X’. Lalu, bisakah kaki X dipulihkan?

BACA JUGA: Apa yang Menyebabkan Bentuk Kaki O dan X?

Latihan untuk memperbaiki kaki X

Menekuknya bagian bawah lutut dapat disebabkan oleh otot abduktor yang lemah di sekitar pinggul dan paha. Tidak ada yang tidak bisa dilakukan, Anda bisa berusaha memperbaikinya dengan beberapa latihan berikut ini:

1. Menekuk satu sisi lutut

shutterstock_375693175

Lebarkan kedua kaki selebar pinggul dan letakkan lengan di depan dada Anda. Lalu, langkahkan satu kaki kiri Anda ke samping, luruskan, sedangkan posisikan kaki kanan Anda menekuk. Rasakan kontraksi kuat pada pinggul dan paha. Lalu posisikan kembali kaki Anda seperti semula. Lakukan serangkaian gerakan tersebut hingga 10 sampai 12 kali. Setelah selesai, Anda bisa tukar posisi tersebut dengan kaki yang satunya lagi.

BACA JUGA: Begini Cara Menghilangkan Kebiasaan Membungkuk

2. Mengangkat satu kaki sambil berbaring

shutterstock_307356932

Posisikan berbaring menyamping, kaki kiri berada di atas kaki kanan. Angkat kaki kiri Anda sekitar 45 derajat, tahan sebentar sekitar 1-5 hitungan, lalu turunkan lagi ke posisi semula. Ulangi gerakan tersebut 10-12 kali.  Lalu ganti posisi berbaring Anda, lakukan lagi gerakan tersebut pada kaki kanan.

3. Straight leg lift

shutterstock_454160095

Berbaring terlentang, biarkan tubuh Anda rileks. Posisikan kaki kanan lurus dan lutut kaki kiri menekuk. Kencangkan otot paha pada kaki kanan yang lurus, angkat kaki tersebut beberapa centimeter dari lantai dan tahan sekitar 5 detik. Ulangi gerakan tersebut 2 kali tiap satu sisi kaki.

BACA JUGA: Manfaat Latihan CrossFit untuk Kesehatan

4. Side step-ups

Gerakan ini memerlukan bangku yang berat untuk menopang tubuh Anda. Pastikan bangku yang Anda gunakan bukan yang mudah jatuh, tapi bangku yang berat, hal ini untuk menghindari Anda terjatuh saat latihan. Berdiri dengan sisi kanan menghadap bangku dan lengan di depan dada. Posisikan kaki kanan Anda di atas bangku, kaki kiri tetap di tanah. Lalu, berdiri dengan kaki kanan menekan bangku. Ketika kaki kanan Anda dalam posisi tegak lurus, tahan selama satu detik, lalu turunkan ke posisi semula. Lakukan 10 hingga 12 kali, lalu ganti posisi.

5. Knee press

Anda bisa duduk di lantai atau bangku. Anda memerlukan gulungan handuk untuk latihan ini. Taruh gulungan handuk tersebut di bawah lutut Anda. Luruskan kaki kanan hingga tidak menyentuh lantai. Biarkan lutut kaki kiri menekuk (karena handuk) dan tumitnya menyentuh lantai. Turunkan kaki kanan, lakukan dengan memberikan tekanan pada handuk, tahan selama 3 detik. lalu, rileks dan kembalikan ke posisi awal. Ulangi latihan ini 9 hingga 10 kali.

6. Hamstring curls

Pegang bagian belakang kursi. Tahan berat badan pada satu kaki, tekuk kaki yang satunya lagi ke belakang. Kencangkan paha pada kaki yang ditekuk ke belakang. Tahan posisi tersebut selama 5 detik, lalu turunkan ke posisi semula. Ulangi gerakan tersebut hingga 8-9 kali, lalu ganti posisi. Latihan ini baik untuk memperbaiki tekukan lutut pada kaki X.

Adakah cara lainnya untuk memperbaiki kaki X?

Anak-anak dengan kaki X mengalami perubahan bentuk tulang ketika mereka dewasa. Bagi Anda yang mengalami hal ini, sambil berlatih latihan di atas, Anda bisa mencoba beberapa perawatan berikut ini:

1. Vitamin

Jika bentuk kaki X disebabkan oleh rakitis, maka tugas kita adalah menyembuhkan penyebabnya. Seperti yang sudah diungkapkan di atas, rakitis terjadi karena kekurangan vitamin D, maka mengonsumsi vitamin D harian harus dilakukan. Anda juga bisa mendapatkan vitamin D yang disuntikkan satu tahun sekali. Vitamin ini tidak hanya ditemukan pada suplemen, Anda bisa juga mengonsumsinya makanan vitamin D dan kaya kalsium.

BACA JUGA: Berapa Lama Harus Berjemur untuk Mendapat Vitamin D yang Cukup?

2. Operasi

Jika tetap tidak ada perubahan, operasi dapat dilakukan sebagai salah satu cara untuk memperbaiki kaki X. Namun, operasi hanya direkomendasikan, jika:

  • Jarak kedua kaki tersebut lebih dari 10 cm
  • Terjadi kondisi sulit berjalan
  • Bagian bawah kaki tersebut melengkung dan menimbulkan rasa sakit

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Zat Aditif pada Makanan Ternyata Tak Selalu Berbahaya

Zat aditif ada dalam setiap makanan kemasan. Biasanya sengaja ditambahkan untuk tujuan tertentu. Namun, apakah berbahaya bila dikonsumsi?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Fakta Gizi, Nutrisi 15 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Cara Mengatasi Mimisan dengan Cepat, Mulai dari Bahan Alami hingga Obat Medis

Mimisan bisa terjadi pada siapa saja dan kapan saja, tapi Anda tak perlu panik. Berikut adalah berbagai obat mimisan alami yang ampuh hentikan perdarahan.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Kesehatan THT, Gangguan Hidung 14 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit

5 Penyebab Bercak Putih di Puting Susu dan Cara Mengatasinya

Pernahkah Anda memiliki bintik atau bercak putih di puting susu atau sekitarnya? Tak usah khawatir, kenali penyebab dan cara mengatasinya di sini.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Kesehatan Wanita, Penyakit pada Wanita 14 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

Kaki Terasa Lemas Tiba-Tiba? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Apakah Anda pernah merasakan tiba-tiba kaki lemas? Cari tahu penyebabnya, apakah karena penyakit berbahaya atau hanya sekadar kelelahan.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Kesehatan Otak dan Saraf 14 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit

Direkomendasikan untuk Anda

obat cacing kremi

Obat Paling Ampuh untuk Menghilangkan Cacing Kremi

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 18 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
tips perawatan setelah sunat

4 Tips Perawatan Setelah Sunat Agar Cepat Sembuh

Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 18 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
manfaat kayu secang

Sering Dijadikan Wedang, Jangan Lewatkan 4 Manfaat Hebat Kayu Secang

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 18 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit
mengatasi sakit punggung

Saraf Kejepit, Apa Penyebab dan Bagaimana Gejalanya?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Rizki Pratiwi
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit