home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

4 Cara Ampuh untuk Mengatasi Kaki Bengkok Berbentuk Huruf O

4 Cara Ampuh untuk Mengatasi Kaki Bengkok Berbentuk Huruf O

Bentuk kaki O atau genu varum, umumnya banyak terjadi pada anak- anak usia 2-6 tahun, bahkan orang dewasa. Penderita penyakit ini biasanya menunjukkan bentuk kaki dengan lutut dan tulang yang memiliki bentuk melengkung keluar, sehingga menyerupai bentuk huruf O, membuat seseorang berjalan tidak seimbang. Lantas, bagaimana cara mengatasi bentuk kaki O?

Cara mengatasi bentuk kaki yang bisa Anda pilih

Operasi untuk mengobati diabetes melitus

Penyebab kaki O bisa disebabkan oleh kondisi bawaan lahir, pertumbuhan tulang yang tidak sempurna, bahkan obesitas sejak dini. Kondisi ini cukup berpengaruh pada kondisi kenyamanan pinggul, lutut dan daerah kaki penderita kaki O. Lambat laun, penyakit kaki O akan memengaruhi gaya berjalan dan dapat memengaruhi kepercayaan diri seseorang.

Kebanyakan penderita kaki O tidak melakukan perawatan atau treatment khusus untuk memulihkannya. Agar lebih jelas, mari bahas satu per satu cara mengatasi bentuk kaki O.

1. Osteotomi

Rekomendasi prosedur pembedahan ini biasanya untuk penderita arthritis. Namun, bisa juga untuk mengatasi tulang kaki yang berbentuk huruf O.

Pada pengobatan ini, Anda akan mendapatkan anestesi umum atau anestesi spinal. Kemudian, dokter bedah Anda akan membuat sayatan pada area tulang untuk renovasi.

Bergantung pada lokasi kerusakan, pembedahan mungkin melibatkan tulang kering atau tulang paha Anda. Bentuk paling umum dari osteotomi lutut melibatkan tulang kering.

Dalam osteotomi lutut yang paling sederhana, ahli bedah Anda memotong hampir seluruh tulang, membuka celah, mengisinya dengan cangkok tulang, dan memasang tulang di tempatnya dengan alat yang mirip piring dan sekrup.

Cara lain adalah dengan memotong tulang kering atau tulang paha, lalu membuang irisan tulang. Setelah pemotongan tepi tulang, kemudian berlanjut dengan prosedur pemersatuan dan penggunaan penahan dengan perangkat keras logam. Operasi untuk mengatasi kaki berbentuk O ini biasanya memakan waktu satu hingga dua jam.

Tergantung pada kerumitan operasi dan seberapa baik Anda pulih, Anda akan pulang pada hari yang sama atau rawat inap. Anda harus menggunakan kruk selama kurang lebih dua bulan agar tulang Anda sembuh dengan baik.

Rehabilitasi bisa memakan waktu hingga enam bulan dan akan mencakup latihan yang bertujuan:

  • Memperkuat otot paha Anda (paha depan).
  • Meningkatkan rentang gerak lutut dan keseimbangan tubuh.

2. Terapi fisik

cara mengatasi kaki O

Cara selanjutnya untuk mengatasi bentuk kaki O adalah terapi berupa latihan fisik yang Anda kenal dengan sebutan pelatihan neuromuskuler. Lewat aktivitas fisik, ini akan melatih Anda untuk menjaga kaki dan lutut tetap sejajar selama berolahraga.

Latihan untuk meregangkan otot pinggul dan paha serta untuk memperkuat otot pinggul telah terbukti dapat memperbaiki deformitas kaki bengkok. Hal ini mungkin dapat membantu mengurangi risiko cedera pada orang yang kakinya berbentuk O.

Contoh latihan yang bisa penderita genu varum untuk mengatasi kaki berbentuk O adalah hamstring strestches, dan ikuti langkah-langkahnya seperti dikutip dari Mayo Clinic.

  • Berbaring pada lantai dekat dengan sudut tembok.
  • Angkat kaki kiri Anda dan sandarkan tumit kiri ke dinding. Jaga agar lutut kiri Anda sedikit menekuk.
  • Luruskan kaki kiri Anda dengan lembut sampai Anda merasakan regangan sepanjang bagian belakang paha kiri Anda.
  • Tahan sekitar 30 detik dan ganti dengan kaki lain.

3. Yoga

Yoga adalah jenis latihan yang tujuan utamanya adalah untuk membuat tubuh lebih fleksibel, jenis latihan ini adalah latihan yang cukup berdampak untuk mengatasi bentuk kaki O.

Gerakan yoga yang menggabungkan kelenturan anggota tubuh dapat memperbaiki stulang atau postur tubuh yang bermasalah. Latihan yoga baik digunakan oleh penderita genu varum dewasa karena memerlukan pemahaman pola gerakan yoga dan fokus yang tinggi.

4. Pilates

Gerakan pilates sedikit mirip dengan gerakan yoga, berguna membantu untuk memperbaiki postur tubuh dan keselarasan tubuh. Latihan dilakukan dengan postur tubuh, lengan dan kaki seperti balerina dan melakukan roll-up, dapat membantu untuk memperkuat otot-otot kaki.

Mulai dengan gerakan berbaring pada matras dengan menggunakan kaitan karet kuat penahan pada ujung matras, sangkutkan kaki pada karet pengait. Baringkan tubuh pada matras, posisikan kedua kaki sejajar lalu mulai gerakan sit up tanpa melepas posisi kaki yang sejajar. Lakukan secara rutin, gerakan ini bertujuan membantu mengatasi kaki yang berbentuk O menjadi lebih lurus sejajar.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Rickets. (2019, May 14). Retrieved May 10, 2021, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/rickets/diagnosis-treatment/drc-20351949.

Knee osteotomy. (2020, July 30). Retrieved May 10, 2021, from https://www.mayoclinic.org/tests-procedures/knee-osteotomy/about/pac-20394514.

Staff, E. (2018, May 20). 7 exercises to Fix Bow Legs naturally at home. Retrieved May 10, 2021, from https://www.medicalopedia.org/6603/7-exercises-to-fix-bow-legs-naturally-at-home/.

Asadi, K., Mirbolook, A., Heidarzadeh, A., Mardani Kivi, M., Emami Meybodi, M. K., & Rouhi Rad, M. (2015). Association of Soccer and Genu Varum in AdolescentsTrauma monthly20(2), e17184. https://doi.org/10.5812/traumamon.17184.

Slide show: A guide to basic stretches. (2020, February 07). Retrieved May 10, 2021, from https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/fitness/multimedia/stretching/sls-20076840?s=3.

Aiyegbusi, A., Tella, B., & Sanusi, G. (2020).Is genu varum a risk factor for the prevalence and severity OF Achilles tendinopathy? A cross-sectional study of Nigerian ELITE track and field athletes. Nigerian Postgraduate Medical Journal, 27(2), 87. doi:10.4103/npmj.npmj_179_19.

Heidari B. (2011).Knee osteoarthritis diagnosis, treatment and associated factors of progression: part IICaspian journal of internal medicine2(3), 249–255.

Namkoong, S. P. (2017). The effect of stretching and elastic Band Exercises Knee Space distance AND PLANTAR pressure distribution during walking in young individuals With Genu varum. Journal of The Korean Society of Physical Medicine, 12(1), 83-91. doi:10.13066/kspm.2017.12.1.83.

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Aprinda Puji Diperbarui 13/07/2021
Ditinjau secara medis oleh dr Tania Savitri
x