Redakan Nyeri Akibat Wasir Dengan Pilihan Obat Medis dan Alami Ini

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Wasir atau ambeien merupakan pembengkakan pembuluh vena yang ada di saluran anus. Kondisi ini menyebabkan sembelit, sakit dan gatal pada anus. Penyebabnya beragam, tapi paling umum disebabkan oleh kurang makan makanan berserat, kegemukan, atau terlalu lama duduk. Wasir sangat umum terjadi dan untungnya dapat diobati. Apa saja obat wasir itu? Simak ulasannya berikut ini.

Deretan obat wasir medis dan alami

Berikut beberapa obat wasir yang dapat mengurangi rasa nyeri sekaligus mengatasi sembelit seperti:

1. Docusate sodium

Docusate sodium biasanya digunakan sebagai pertolongan pertama saat sembelit. Cara kerjanya adalah melunakkan feses dengan meningkatkan jumlah air yang diserap tinja di usus sehingga fese lebih lembut dan mudah untuk dikeluarkan.

Efek samping yang umum terjadi setelah menggunakan obat ini adalah nyeri atau kram perut, atau iritasi tenggorokan.

2. Lidocaine ointment 5%

ketoconazole obat salep

Lidocaine digunakan untuk mengurangi rasa sakit akibat luka lecet, luka bakar ringan, atau luka gigitan serangga. Cara kerja obat ini adalah mencegah sara menerima sinyal nyeri dari bagian kulit yang terluka.

Obat ini berbentuk salep yang dioleskan pada bagian kulit yang terluka. Jika setelah obat digunakan, rasa nyeri semakin menyengat, kemungkinan  besar itu adalah efek samping obat. Hentikan pengobatan, cari obat lain yang fungsinya sama, misalnya acetaminophen oral.

3. Witch Hazel

Selain obat medis, ada juga obat alami yang dapat mengobati wasir yaitu witch hazel. Bahan alami yang tersedia dalam bentuk cairan ini bersifat antiradang, sehingga dapat mengurangi rasa gatal dan nyeri.

Cara menggunakannya, cukup oleskan obat pada area anus yang membengkak. Witch hazel cukup aman digunakan, tapi risiko efek samping tetap ada, misalnya iritasi kulit.

4. Aloe vera gel

jus lidah buaya

Sama seperti witch hazel, aloe vera gel bisa dijadikan pilihan untuk mengatasi berbagai kondisi kulit. Termasuk mengobati iritasi kulit karena wasir. Banyak produk yang mengandung aloe vera gel, tapi untuk mengobati wasir lebih baik gunakan langsung gel dari tanaman lidah buaya.

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca