Gejala Ambeien yang Harus Anda Tahu, Plus Cara Mengatasinya

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 14 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit
Bagikan sekarang

Ambeien (wasir) terjadi akibat pembuluh darah di dalam lubang anus meradang dan membengkak. Ketika pembuluh membengkak, maka akan muncul berbagai gejala ambeien yang mungkin dapat Anda rasakan. Apa gejala gangguan pencernaan ini?

Berbagai gejala dari ambeien

ambeien luar

Pada umumnya, penyebab ambeien adalah kebiasaan mengejan (ngeden) dan duduk terlalu lama saat buang air besar. Biasanya, orang-orang yang lebih tua, sedang hamil, atau sering mengangkat benda berat lebih rentan terkena kondisi ini.

Memang, awalnya ambeien tidak memberikan gejala atau ciri-ciri yang berarti. Terutama bila jenis ambeien yang Anda alami adalah yang internal, di mana pembengkakan wasir terletak di dalam dinding anus sehingga tidak terlihat atau menimbulkan nyeri.

Namun, seiring waktu, Anda mungkin akan merasakan berbagai gejala di bawah ini.

1. Rasa nyeri dan tidak nyaman di sekitar anus

Gejala ambeien yang umum pertama kali muncul adalah nyeri pada dubur atau anus. Nyeri bisa muncul pada kasus ambeien internal atau ambeien eksternal, dan terasa sebelum, selama, atau setelah buang air besar

Rasa nyeri yang diakibatkan oleh ambeien internal kemungkinan besar disebabkan oleh prolaps. Prolaps terjadi ketika hemorrhoid internal (benjolan pada anus) membengkak dan keluar dari anus sehingga nampak benjolan di anus.

Benjolan tersebut selanjutnya menyebabkan otot di sekitar hemorrhoid menegang dan menyebabkan rasa tidak nyaman.

Pada kasus hemorrhoid eksternal, rasa nyeri dapat terasa akibat pembentukan thrombosis, yaitu gumpalan darah di vena di area hemorrhoid. Gumpalan tersebut dapat membuat aliran darah terganggu. Kulit di sekitar hemorrhoid eksternal juga menegang dan terasa nyeri.

Baik itu kasus internal atau eksternal, rasa nyerinya bisa ringan atau parah. Nyeri yang dirasakan di bagian anus i bisa memengaruhi aktivitas sehari-hari. Bahkan berjalan atau duduk saja akan terasa sakit.

Namun bila gejala ambeien yang Anda rasakan begitu hebat, segera temui dokter.

2. Anus bengkak

Anus bengkak merupakan gejala ambeien yang bisa disebabkan oleh tekanan besar saat mengejan buang air besar.

Mengejan terlalu keras dan lama dapat menekan saluran anus hingga mendorong benjolan ambeien ke otot sphincter. Ini menyebabkan jaringan ikat yang mendukung dan menahan ambeien pada tempatnya melemah hingga akhirnya membengkak. 

Ambeien yang bengkak juga dapat membuat area lubang anus ikut bengkak. Bengkak itu dapat menyebabkan otot-otot yang mengelilingi rektum (lubang anus) mengejang sampai menyebabkan rasa sakit.

Ambeien internal yang tadinya jarang menimbulkan rasa sakit juga dapat berubah menjadi sakit apabila bengkaknya parah. 

3. Keluar benjolan di dalam lubang anus

Ciri-ciri ambeien ini harus diwaspadai ketika muncul atau keluar benjolan dari anus. Benjolan ini adalah pembuluh darah dalam anus yang membengkak dan mengalami prolaps.

Seperti gejala sebelumnya, penyebab dari gejala ambeien ini adalah kebiasaan mengejan terlalu keras sehingga benjolannya ikut keluar. Risiko mengalami prolaps wasir lebih tinggi ketika sembelit karena perlu mengejan lebih kuat atau ketika mengangkat benda berat.

Proses ini membuat aliran darah menuju anus mengalir lebih banyak dan menumpuk di pembuluh, sehingga memicu munculnya wasir.

Ada beberapa hal lain yang dapat meningkatkan risiko seseorang mengalami prolaps hemorrhoid, misalnya penuaan. Saat usia bertambah tua, otot di sekitar hemorrhoid akan menjadi longgar.

Otot yang longgat membuat ambeien di dalam anus bisa merosot seiring gaya gravitasi tubuh. Alhasil, benjolan keluar dan tampak turun dari anus. Apabila benjolan yang keluar dimasukkan kembali ke dalam anus, rasa sakitnya akan berkurang.

4. Buang air besar berdarah

Gejala ambeien ini mungkin bisa membuat Anda panik. Darah yang muncul saat buang air besar biasanya berwarna merah terang karena kaya akan oksigen. 

Gejala ini paling sering terjadi pada kasus hemorrhoid internal. BAB bisa berdarah karena feses yang keras dapat menggores permukaan benjolan ambeien sampai terbuka, sehingga mengeluarkan darah yang nantinya ikut terbawa bersama kotoran.

Ditambah lagi, kondisi otot sfincter sekitar lubang anus yang menegang akan semakin mendorong perdarahan. Umumnya kondisi ini sering terjadi pada orang dengan kondisi sembelit yang parah. 

5. Anus gatal

Ketika Anda mengalami prolaps, lendir yang berada di dalam akan keluar ke jaringan di sekitar anus. Dalam lendir ini, terdapat kandungan feses mikroskopik yang dapat mengakibatkan iritasi di kulit anus.

Iritasi inilah yang menimbulkan gatal pada area anus atau disebut pruritus ani. 

6. Keluar skin tag atau jaringan lunak dari anus

Beberapa orang yang mengalami ambeien eksternal melaporkan melihat ada jaringan lunak yang keluar dari anusnya, tapi tidak terasa sakit. Skin tag ini keluar akibat gumpalan darah yang meregangkan kulit di atasnya saat ambeien mengalami peradangan.

Ketika gejala ambeien sembuh, gumpalan darah akan diserap tubuh sehingga meninggalkan bekas kulit. Bekas kulit yang tersisa ini menggantung keluar dan terlihat di anus.

Meski tidak sakit, pertumbuhan skin tag terkadang mengganggu kenyamanan saat membersihkan anus.

Tips meredakan gejala atau tanda ambeien

tes untuk dermatitis kontak ambeien

Pada dasarnya, ambeien bisa sembuh dengan sendirinya dalam beberapa hari. Namun apabila gejala ambeien tidak juga mereda, Anda harus segera ke dokter untuk periksa. Terutama jika Anda sudah mengalami gejala buang air besar yang berdarah.

Nantinya, dokter akan menanyakan sudah berapa hari Anda telah mengalami gejalanya, apakah gejala hilang dan timbul kembali, dan durasi kejadian gejalanya, misalnya seperti berapa lama Anda merasakan gatal pada anus.

Setelah itu, dokter akan memberikan pengobatan ambeien yang sesuai dengan kondisi Anda. Umumnya obat yang diberikan adalah krim atau gel phenylephrine.

Obat phenylephrine berfungsi untuk membantu meringankan rasa gatal dan tidak nyaman di anus. Bila kasusnya parah, dokter mungkin akan melakukan prosedur pengangkatan benjolan wasir.

Yang bisa dilakukan di rumah untuk atasi ambeien

Selain mengonsumsi obat dari dokter, cobalah berendam dengan air hangat selama 10 – 15 menit. Cara ini dipercaya dapat bantu mengurangi rasa gatal yang mendera saat terkena ambeien.

Bila ambeien menimbulkan gejala nyeri yang tak tertahankan, Anda bisa minum obat pereda nyeri seperti asetanipophen atau ibuprofen. Ingat, obat ini hanya digunakan untuk meredakan sementara.

Jangan lupa untuk lebih banyak makan makanan yang berserat seperti buah, sayuran, dan biji-bijian. Hal ini dapat menghindari Anda dari risiko sembelit, sehingga Anda tidak perlu mengejan terlalu keras saat buang air besar dan memperburuk gejala wasir.

Makan makanan berserat juga dapat mencegah kambuhnya ambeien.

Kalkulator BMI

Benarkah berat badan Anda sudah ideal?

Ayo Cari Tahu!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Mengenal Fungsi Testis, Anatomi, dan Risiko Penyakit yang Menyertainya

Fungsi testis sangat penting sebagai salah satu bagian organ reproduksi pria. Kenali anatomi testis normal dan risiko penyakit yang menyertai berikut ini.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Adinda Rudystina
Kesehatan Pria, Kesehatan Penis 19 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit

Semua Hal yang Penting Diperhatikan Pasca Operasi Usus Buntu

Pasca operasi usus buntu Anda tidak dianjurkan kembali beraktivitas. Anda juga perlu menghindari beberapa pantangan setelah operasi usus buntu.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Kesehatan Pencernaan, Radang Usus Buntu 19 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit

Segudang Manfaat Daun Sirih Hijau dan Merah yang Sayang Dilewatkan

Anda pasti sudah akrab dengan manfaat daun sirih untuk hentikan mimisan. Meski begitu, masih ada banyak lagi khasiat daun sirih untuk kesehatan. Penasaran?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Pengobatan Herbal dan Alternatif, Herbal A-Z 19 Januari 2021 . Waktu baca 11 menit

5 Manfaat Propolis, Getah Lebah yang Penuh Khasiat (Tidak Kalah dari Madu!)

Propolis disebut-sebut berkhasiat sebagai obat herbal untuk mengatasi gejala herpes, mengobati luka kulit, dan meredakan maag. Benarkah?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Pengobatan Herbal dan Alternatif, Herbal A-Z 19 Januari 2021 . Waktu baca 11 menit

Direkomendasikan untuk Anda

cara tahan lama

Berbagai Cara Agar Pria Tahan Lama Saat Berhubungan Seks

Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 19 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit
hidung meler

7 Penyebab Hidung Meler serta Cara Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 19 Januari 2021 . Waktu baca 9 menit
urat menonjol pada orang muda

6 Penyebab Urat Anda Menonjol dan Terlihat Jelas di Kulit

Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 19 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
pertolongan pertama keracunan makanan

Pertolongan Pertama untuk Mengatasi Keracunan Makanan

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Ivena
Dipublikasikan tanggal: 19 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit