home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Penyebab Ambeien, dari Kehamilan Sampai Faktor Keturunan

Penyebab Ambeien, dari Kehamilan Sampai Faktor Keturunan

Ambeien (wasir) umum terjadi pada orang dewasa. Gejalanya cukup mengganggu aktivitas. Pada beberapa kasus, ambeien bisa menyebabkan BAB berdarah. Sebenarnya, apa saja penyebab ambeien? Yuk, cari tahu jawabannya pada ulasan berikut.

Penyebab ambeien yang mungkin Anda alami

penyebab anus panas saat bab setelah makan pedas

Ambeien (wasir atau hemoroid) merupakan peradangan dan pembengkakan pembuluh darah vena di sekitar anus. Adanya pembengkakan dapat menyebabkan timbulnya gejala ambeien termasuk nyeri dan gatal pada anus.

Terkadang wasir juga disertai gejala lain, salah satunya BAB berdarah. Jika tipe ambeien yang dimiliki yaitu ambeien eksternal, pembengkakan berada di luar anus.

Kondisi tersebut menandakan bahwa pembuluh darah yang membengkak telah pecah atau adanya luka akibat gesekan dengan feses yang mengeras.

Guna mencegah ambeien, Anda perlu mengetahui penyebabnya. Di bawah ini beberapa hal yang diketahui jadi penyebab ambeien.

1. Kehamilan (penyebab umum ambeien)

Kehamilan merupakan satu penyebab ambeien atau wasir pada wanita. Setelah diselidiki, ternyata ini ada hubungannya dengan perubahan fisik pada ibu hamil.

Saat hamil, ukuran rahim akan membesar karena janin juga berkembang. Membesarnya rahim ini memberikan tekanan pada pembuluh darah di dekat anus sehingga menghambat aliran darah.

Akibatnya, darah jadi tidak lancar dan membuat pembuluh darah membengkak. Pembengkakan inilah yang bisa membuat ibu hamil rentan terkena ambeien.

Di samping itu, kehamilan juga menjadi penyebab ambeien karena perubahan hormon dalam tubuh. Selama kehamilan, hormon progesteron dan volume darah meningkat.

Kondisi tersebut dapat melemaskan dinding pembuluh darah. Tentunya hal ini akan menimbulkan masalah mengingat volume darah yang meningkat saat hamil juga membuat aliran darah lebih banyak.

Pada akhirnya, pembuluh darah di anus jadi lebih mudah membengkak dan jadi penyebab wasir.

2. Penuaan

Usia seseorang yang bertambah tua juga bisa menjadi penyebab wasir. Semakin tua umur seseorang, semakin rentan dirinya terkena sembelit.

Ini terjadi karena jaringan yang mendukung pembuluh darah di anus jadi melemah dan meregang. Akibatnya, aliran darah jadi terhambat dan memicu pembengkakan.

Dikutip dari situs Mayo Clinic, ambeien sangat umum terjadi pada orang dewasa yang berusia 45 hingga 65 tahun, meskipun tidak menutup kemungkinan juga terjadi pada orang yang usianya lebih muda.

3. Diare kronis

Diare yang tidak sembuh-sembuh bisa jadi penyebab wasir yang mungkin tak pernah Anda sadari. Terlebih apabila Anda bolak-balik BAB menggunakan toilet jongkok.

BAB yang sering dan terlalu lama, terlebih bila Anda mengejan terlalu keras, akan memberikan tekanan berlebih pada dinding pembuluh darah di sekitar anus dan rektum. Bahkan, diare kronis bisa membuat ambeien yang telah ada menjadi semakin teriritasi.

Penyebab ambeien ini kemungkinan besar terjadi pada orang yang memiliki masalah pada usus, seperti sindrom iritasi usus besar (IBS), penyakit Crohn, kanker usus besar, atau keracunan makanan.

4. Sembelit kronis

Sama seperti diare kronis, sembelit yang kronis juga bisa jadi penyebab ambeien (wasir). Pasalnya, kondisi ini juga membuat Anda lebih lama menghabiskan waktu di kamar mandi karena susah mengeluarkan feses.

Tekanan yang besar saat mengejan ini bisa membuat aliran darah di pembuluh vena pada sekitar usus jadi terhambat, membengkak, dan akhirnya menyebabkan ambeien.

Penyebab ambeien ini sangat mungkin terjadi pada orang dengan masalah pada usus, seperti diabetes, IBS, atau depresi. Penggunaan obat-obatan tertentu seperti antasida atau suplemen kalsium juga bisa jadi penyebab sembelit yang meningkatkan risiko wasir.

5. Kurang serat

Selain masalah kesehatan, sembelit yang jadi penyebab ambeien juga bisa disebabkan oleh asupan makanan berserat yang tidak mencukupi. Padahal serat berfungsi untuk melunakkan feses sehingga BAB jadi lebih lancar.

Maka dari itu, hindari konsumsi makanan yang jadi pemicu ambeien seperti produk olahan susu, daging merah, dan roti putih. Perbanyak makan makanan yang mengandung serat tinggi seperti buah, sayur, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

5. Kegemukan

Kegemukan bisa jadi penyebab berbagai masalah kesehatan, termasuk ambeien. Diketahui bahwa kelebihan berat badan pada tubuh bisa memberikan tekanan pada pembuluh darah di anggota tubuh bagian bawah.

Tekanan tersebut mempersempit aliran darah di pembuluh darah vena sehingga akhirnya terbentuklah pembengkakan. Pembengkakan vena di anus inilah yang Anda kenal sebagai ambeien.

7. Duduk terlalu lama

Duduk terlalu lama dengan posisi yang sama bisa menyebabkan ambeien. Pasalnya hal ini dapat memberikan tekanan berlebih pada pinggul yang memicu pembengkakan pada vena hingga akhirnya menimbulkan benjolan wasir.

Anda mungkin saja duduk lebih lama karena pekerjaan, sering melakukan perjalanan panjang, atau memang bermain ponsel ketika sedang buang air besar.

8. Mengangkat barang berat

Terlalu sering mengangkat barang berat bisa menekan perut dan pembuluh vena di sekitar anus dan rektum. Apalagi jika Anda melakukannya dengan teknik yang salah, maka risikonya pun akan meningkat.

Membawa barang berat ini sama efeknya ketika Anda hamil atau kelebihan berat badan.

9. Faktor keturunan

Ambeien bisa menjadi salah satu penyakit yang diturunkan. Jika orangtua atau anggota keluarga dekat Anda yang lain pernah mengalami wasir, maka risiko Anda terkena penyakit ini pun akan meningkat.

Penyebab ambeien seperti ini memang tidak bisa dihindari. Namun, Anda masih punya kesempatan untuk mengurangi risiko terjadinya. Kuncinya dengan menerapkan gaya hidup yang sehat dan mentaati pantangan yang akan menjauhkan Anda dari risiko penyakit ini.

10. Melakukan seks anal

Seks anal yaitu memasukkan penis, jari, atau benda asing ke dalam anus untuk meningkatkan kepuasaan seksual. Praktik seks anal menjadi penyebab ambeien.

Ini kemungkinan terjadi karena anus tidak dapat melumasi areanya secara alami saat penetrasi, sehingga menimbulkan adanya gesekan dan tekanan besar pada pembuluh darah vena di anus.

Tahu penyebab ambeien itu penting

cara mengatasi ambeien

Memahami penyebab ambeien adalah hal yang penting. Hal ini akan mempermudah proses pemeriksaan dan diagnosis, sehingga ke depannya Anda bisa mengurangi untuk melakukan hal yang membuat ambeien kembali kambuh.

Menghindari penyebab juga bisa mendukung penyembuhan Anda dari ambeien.

Misalnya, wasir yang Anda alami dipicu dari sembelit. Maka, seseorang dengan penyebab wasir ini perlu tahu caranya meredakan sembelit, misalnya meningkatkan asupan makanan berserat, olahraga, dan minum air putih.

Jangan ragu untuk segera periksa ke dokter bila Anda mulai mengalami gejala wasir yang mengganggu. Perhatikan juga makanan yang dikonsumsi atau kebiasaan yang sering Anda lakukan sebelumnya.

Dokter akan membantu Anda untuk mencari tahu penyebab sekaligus menentukan pengobatan ambeien yang tepat.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Hemorrhoids – Symptoms and causes. (2019). Mayo Clinic. Retrieved 21 January 2021, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/hemorrhoids/symptoms-causes/syc-20360268 

The relationship between hemorrhoids and obesity. (2015). CarePoint Health. Retrieved 21 January 2021, from https://www.carepointhealth.org/relationship-hemorrhoids-obesity/ 

Andreus, C. N., Storr, M. (2011). The pathophysiology of chronic constipation. Canadian Journal of Gastroenterology, 25(SB), 16B-21B. Retrieved 21 January 2021.

 

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Aprinda Puji Diperbarui 4 minggu lalu
Ditinjau secara medis oleh dr. Damar Upahita