11 Makanan Pereda Sakit Kepala yang Bisa Dicoba

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Sakit kepala adalah rasa sakit atau tidak nyaman pada bagian kepala Anda. Tak hanya itu saja, sakit atau nyeri bisa datang secara tiba-tiba atau bertahap. Biasanya, sakit yang terasa bisa bertahan sebentar, beberapa hari, bahkan hitungan bulan. Selain mengonsumsi obat tertentu untuk redakan nyeri, Anda juga bisa mengonsumsi makanan pereda atau penghilang sakit kepala seperti di bawah ini.

Makanan pereda sakit kepala

Dikutip dari Cleveland Clinic, mengonsumsi beberapa makanan maupun minuman seperti alkohol, kafein dalam jumlah berlebihan, makanan mengandung MSG, nitrat, nitrit, dan keju jenis tertentu dapat memicu timbulnya rasa sakit kepala. Namun beberapa makanan lain justru mampu meredakan dan menghilangkan sakit kepala.

1. Ikan

Suatu penelitian yang dilakukan oleh Zeev Harel berhasil mengungkapkan bahwa remaja yang mengkonsumsi 1.25 gr minyak ikan selama 2 bulan, mengalami sakit kepala yang lebih sedikit dibanding dengan yang kurang dari takaran tersebut.

Ikan mengandung minyak omega tiga yang mampu mengurangi produksi hormon dalam tubuh yang mampu memicu sakit kepala, nyeri dan peradangan. Anda bisa mulai dengan mengkonsumsi ikan salmon juga sarden sebagai makanan pereda dan penghilang sakit kepala.

2. Kismis

Sekepal tangan, kira-kira 60 buah kismis adalah salah satu makanan pereda sakit kepala, karena mengandung 1 gram serat dan 212 mg kalium. Dua nutrisi dengan takaran yang disarankan oleh Dietary Approaches to Stop Hypertension.

Kandungan ini diyakini mampu menjaga kesehatan jantung dengan membantu menurunkan tekanan darah tinggi yang pada beberapa kasus menjadi salah satu penyebab sakit kepala.

3. Kentang bakar

Salah satu penyebab sakit kepala bisa disebabkan karena tubuh kekurangan elektrolit. Menurut seorang ahli gizi New Jersey, Erin Palinski, mengkonsumsi makanan kaya kalium dapat mengisi ulang elektrolit tubuh Anda. Kentang bakar beserta dengan kulitnya adalah makanan dengan kandungan kalium yang tinggi hingga sebesar 721 mg.

Ya, karena justru pada kulitnya lah kandungan kalium pada kentang terbanyak berada. Namun tidak disarankan untuk mengkonsumsi kentang setelah berolahraga atau setelah minum minuman beralkohol. Hal ini justru mungkin akan menyebabkan Anda merasa mual.

4. Semangka

Stella Metsovas, seorang ahli gizi di California mengatakan bahwa mengkonsumsi sayur dan buah yang kaya akan air, dapat menghilangkan dehidrasi Anda yang pada beberapa kasus dapat menyebabkan sakit kepala.

Semangka merupakan salah satu buah yang mengandung banyak air, selain mengandung air semangka juga mengandung nutrisi yang baik untuk tubuh seperti magnesium. Selain semangka, Anda juga dapat mencoba beberapa buah lain seperti tomat dan melon sebagai makanan untuk sakit kepala.

5. Roti

Berkurangnya kandungan glukosa dalam tubuh menyebabkan peningkatan kebutuhan air dalam tubuh dan penurunan energi yang diedarkan menuju otak. Kondisi ini juga mampu memicu terjadinya sakit kepala.

Mengkonsumsi roti gandum yang menjadi makanan pereda sakit kepala mampu mengisi kebutuhan karbohidrat dalam tubuh. Terlebih kandungan karbohidrat sehat yang dimiliki roti gandum juga mampu meningkatkan suasana hati Anda karena melepaskan hormon baik (serotonin).

6. Almon

Almon adalah salah satu makanan pereda sakit kepala karena kaya akan kandungan magnesium. Magnesium dapat membantu tubuh merelaksasikan pembuluh darah, yang juga dapat menyebabkan sakit kepala.

Beberapa contoh makanan dengan kandungan magnesium lain seperti alpukat dan pisang. Selain magnesium, makanan ini juga ternyata mengandung salah satu jenis asam amino yang dapat memicu pelepasan hormon yang dapat memunculkan perasaan bahagia (serotonin) dalam tubuh.

7. Yoghurt

Sakit kepala dapat terjadi karena ada yang salah dengan otak. Otak membutuhkan kalsium untuk berfungsi dengan baik. Mengonsumsi makanan kaya kalsium seperti yoghurt dapat mambantu memecahkan masalah ini.

Selain kaya kalsium, yoghurt rendah lemak juga mengandung bakteri baik yang keberadaannya baik bagi tubuh. Manfaat yoghurt ini didukung dengan suatu penelitian yang dilakukan oleh University of Manchester kepada wanita dengan mengkonsumsi yoghurt 4.4 ons selama satu bulan mampu mengurangi rasa kembung dan sakit kepala hingga peradangan.

8. Jamur

Terganggunya sel darah dapat memicu rasa sakit kepala timbul. Vitamin B2 (riboflavin) adalah salah satu nutrisi yang diyakini penting dalam penghasilan energi sel. Kandungan vitamin B2 yang tinggi bisa Anda dapatkan dengan mengkonsumsi jamur.

Selain jamur, brokoli dan sayur bayam juga dipercaya kaya akan kandungan riboflavin. Selain menyembuhkan sakit kepala, vitamin B2 juga mampu meningkatkan energi penyerapan nutrisi dari makanan seperti karbohidrat, lemak dan protein.

9. Biji-bijian

Tidak hanya kacang-kacangan seperti almon, Anda juga bisa memanfaatkan biji-bijian untuk dijadikan sebagai makanan untuk sakit kepala. Misalnya seperti biji bunga matahari, biji labu, biji chia, biji poppy, serta biji wijen.

Jenis biji-bijian ini mempunyai kandungan lemak serta magnesium yang tinggi sehingga mampu untuk mengatasi masalah tubuh yang lelah, menurunkan rasa cemas, dan menenangkan tubuh sehingga membantu meredakan sakit kepala.

Contohnya, seperti biji poppy yang mempunyai kandungan mineral baik seperti kalsium, kalium, magnesium, potasium, serta zinc. Kandungan ini baik untuk melancarkan produksi sel darah merah.

Sementara kandungan kalium merupakan salah stau komponen penting dari sel dan cairan tubuh yang membantu mengendalikan detak jantung serta tekanan darah. Sedangkan biji poppy kering mempunyai kadar alkaloid opium yang sangat kecil yang mampu untuk menenangkan saraf serta menghilangkan rasa sakit.

10. Beras Cokelat

Apabila Anda terbiasa mengonsumsi beras putih, coba untuk mengganti dengan beras cokelat. Hal ini dikarenakan beras cokelat mempunyai kandungan yang hampir sama dengan sayuran hijau, yaitu kandungan magnesium yang tinggi sehingga termasuk sebagai makanan pereda juga penghilang sakit kepala.

Tidak hanya itu saja, beras cokelat pun bebas dari kandungan gluten. Banyak penelitian yang mengungkapkan bahwa orang dengan sensitivitas terhadap gluten mungkin rentan terhadap migrain.

11. Cokelat

Cokelat mempunyai kandungan mineral seperti magnesium yang aman dan diklaim efektif dalam mengatasi masalah pada tubuh Anda seperti sakit kepala. Namun, yang perlu diperhatikan adalah memilih cokelat yang tepat seperti cokelat hitam yang paling tidak mempunyai kandungan 60 persen kakao.

Salah satu makanan pereda atau penghilang sakit kepala ini tidak hanya mampu menurunkan tekanan darah, mengurangi risiko pembekuan darah, serta meningkatkan aliran darah, tetapi juga merangsang saraf kesenangan di pusat otak.

Tidak hanya melalui makanan, menghirup beberapa aroma terapi juga diyakini mampu mengurangi sakit kepala, seperti aroma dari minyak bunga lavender, peppermint, daun basil dan tanaman herbal seperti daun feverfew.

Baca Juga:

Share now :

Direview tanggal: September 11, 2017 | Terakhir Diedit: Maret 2, 2020

Sumber
Yang juga perlu Anda baca