Lumpektomi: Bagaimana Prosedurnya dan Apa Risikonya?

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 29/01/2020
Bagikan sekarang

 Jika pasien telah didiagnosis dengan kanker payudara, lumpektomi atau mastektomi biasanya menjadi salah satu pilihan pengobatan yang diberikan. Mastektomi biasanya mengangkat jaringan payudara sedangkan lumpektomi adalah operasi yang hanya akan mengangkat tumor dan jaringan yang sehat. Lumpektomi adalah prosedur yang dapat dapat memberikan hasil yang lebih estetis daripada mastektomi.

Apa itu lumpektomi?

Lumpektomi adalah istilah yang digunakan untuk menjelaskan operasi konservasi payudara. Prosedur ini dilakukan untuk mengangkat semua kanker dan meninggalkan jaringan tubuh yang sehat dengan mempertahankannya sebisa mungkin.

Jumlah jaringan yang diangkat saat lumpektomi bermacam-macam tergantung pada ukuran tumor pasien.

Efek dari operasi konvensional lumpektomi adalah meninggalkan luka kecil pada tubuh atau hilangnya seperempat ukuran payudara. Oleh karena itu, setelah operasi pengangkatan tumor dibutuhkan operasi plastik rekonstruksi payudara.

Istilah umum yang digunakan untuk menggambarkan operasi ini di antaranya, yaitu:

  • Wedge resection
  • Quadrantectomy
  • Partial mastectomy

Siapa saja yang dapat mendapatkan pengobatan lumpektomi?

setelah operasi kanker payudara

Lumpektomi adalah prosedur yang dapat bekerja dengan baik pada wanita yang memiliki ukuran payudara besar dan tumor yang kecil. Setelahnya, mereka dapat menerima terapi radiasi.

Lumpektomi juga adalah proses yang dapat dilakukan oleh wanita yang tidak memiliki faktor rumit dalam tubuhnya, seperti lupus dan penyakit multisenter.

Penyakit multisenter merupakan penyakit kanker yang tersebar di beberapa kuadran payudara. Pada kasus ini, mastektomi lebih diperlukan untuk mengangkat jaringan yang sudah terlalu besar.

Dikutip dari Mayo Clinic, Anda tidak disarankan mendapatkan perawatan ini jika:

  • Punya riwayat skleroderma, yaitu sekelompok penyakit yang mengeraskan kulit dan jaringan lain. Kondisi ini membuat pemulihan lebih sulit.
  • Punya riwayat systemic lupus erythematosus (SLE), penyakit radang kronis yang dapat memburuk jika Anda menjalani perawatan radiasi.
  • Memiliki dua atau lebih tumor di payudara yang berbeda dan tidak bisa diangkat dengan eksisi lebar tunggal.
  • Pernah melewati terapi radiasi payudara, sehingga menjalani terapi radiasi lainnya akan terlalu berisiko.
  • Mempunyai kanker yang menyebar ke seluruh payudara dan kulit di atasnya, karena prosedur ini tidak memungkinkan pengangkatan kanker sepenuhnya.
  • Memiliki ukuran tumor yang besar dan payudara yang kecil. Hasil prosedur akan tampak buruk secara penampilan.
  • Tidak memiliki akses ke terapi radiasi.

Radiasi pairing

Radiasi pairing adalah prosedur lumpektomi yang dikombinasikan dengan radiasi untuk memastikan sel-sel kanker lain akan diangkat.

Radiasi diberikan setiap hari selama lima sampai enam minggu dalam masa pemulihan setelah operasi selesai.

Dorongan pertama untuk mengangkat payudara secara keseluruhan menunjukkan bahwa kombinasi lumpektomi dan radiasi dianggap efektif sebagai mastektomi. Dalam salah satu penelitian disebutkan bahwa wanita dengan kanker yang berukuran kecil dan diobati dengan kombinasi radiasi-lumpektomi dapat hidup selama 20 tahun.

Bagaimana proses lumpektomi?

sembuh dari kanker payudara

Jika tumor ukuran terlalu kecil, dokter akan  memvisualisasikan bagian tubuh yang akan dioperasi dengan mammogram atau USG.

Proses dalam lumpektomi selanjutnya adalah penggunaan penanda bedah oleh dokter untuk menandai bagaian tubuh yang terkena tumor. Pasien kanker payudara akan dibawa ke ruang operasi dan diberikan beberapa obat untuk merasa rileks. Kebanyakan wanita tidak membutuhkan bius total untuk menjalani prosedur ini.

Berdasarkan prosedur waktu operasi, dokter akan mengangkat tumor dan jaringan sel-sel yang berada di sekitar tumbuhnya tumor selama 15-45 menit. Biasanya akan membedah dari bagian ketiak ataupun payudara.

Pembuangan yang berupa tabung karet digunakan untuk mencegah penumpukan cairan dari tumor yang dibedah. Saluran air yang digunakan untuk cairan mengalir lambat dan setelah itu cairan kemudian diangkat.

Nodus biopsi sentinel mungkin diperlukan untuk mengangkat cairan getah bening, tapi hal ini akan bergantung pada jenis kanker yang dimiliki.

Lumpektomi adalah pengobatan yang dapat dilakukan dengan rawat jalan. Namun, jika terlalu banyak nodus yang diambil kemungkinan pasien harus menjalani rawat inap.

Apa yang terjadi setelah lumpektomi?

cara mencegah kanker payudara

Setelah lumpektomi, langkah yang akan dilakukan selanjutnya adalah pemindahan pasien ke ruangan pemulihan. Pasien juga akan diberikan petunjuk setelah melakukan operasi tersebut, seperti mengganti perban, pengelolaan saluran pembuangan untuk pasien, dan tanda-tanda infeksi yang mungkin terjadi.

Pemulihan

Pastikan Anda memiliki waktu istirahat yang cukup setelah lumpektomi. Jangan lupa untuk minum obat yang diresepkan dan minum banyak air.

Saat mandi, usahakan agar bekas luka operasi tetap kering. Anda bisa menggunakan spons mandi untuk mencegah area bekas operasi terkena air.

Bra khusus untuk olahraga harus dipakai siang dan malam sampai luka bekas operasi sembuh.

Rasa nyeri dan mati rasa di daerah bekas operasi merupakan hal yang wajar. Namun, jika sakit tak kunjung hilang atau hebat tetap periksakan ke dokter.

Beberapa operasi kanker payudara bisanya memotong saraf di payudara sehingga ketika luka sembuh pasien akan merasa gatal-gatal.

Re-eksisi

Setelah melakukan operasi, tumor dan jaringan yang telah diangkat akan dikirimkan ke patologi untuk diteliti. Biasanya diperlukan waktu satu minggu untuk mendapatkan hasil dari penelitian tumor dan jaringan yang telah diangkat.

Terkadang masih ditemukan sel-sel kanker di sekitar payudara. Jika masih terdapat jaringan sel kanker yang tertinggal, dokter akan melakukan pengangkatan kanker payudara dengan ukuran yang lebih besar sehingga sel-sel kanker seluruhnya dapat diangkat. Proses pengangkatan kembali sel-sel kanker ini disebut re-eksisi.

Beberapa minggu dan bulan setelah lumpektomi

Saat saraf tumbuh kembali, Anda mungkin akan merasakan sensasi aneh, seperti gatal dan terlalu sensitif terhadap sentuhan. Namun, rasa tidak nyaman itu bisa hilang dengan sendirinya, bisa juga bertahan. Namun, lama-kelamaan Anda mungkin akan terbiasa.

Acetaminophen, seperti ibuprofen biasanya dapat mengatasi rasa sakit yang terkait cedera saraf jenis ini. Opioid juga dapat digunakan untuk mengobati nyeri ini.

Risiko lumpektomi

pasien kanker payudara stadium 4

Operasi dapat meninggalkan efek penyok pada payudara sehingga bentuk dan ukurannya menjadi tidak estetik lagi. Keadaan seperti ini dapat diperbaiki dengan operasi plastik.

Ahli bedah plastik akan menyarankan pasien untuk menunggu selama setahun setelah dilakukannya operasi kanker payudara untuk melakukan rekonstruksi.

Beberapa kasus menunjukkan bahwa bentuk dan ukuran yang tidak bagus pada payudara biasanya disebabkan oleh pengobatan masektomi.

Risiko lain yang mungkin terjadi karena lumpektomi adalah mati rasa pada payudara. Efek ini mungkin dapat hilang sendiri atau mungkin juga permanen.

Lumpektomi mampu memberikan kesempatan yang sangat baik dalam pemulihan dan kelangsungan hidup pasien. Baik pasien ataupun dokter dapat mendiskusikan keadaan apa pun yang terjadi pada pasien sehingga pasien akan mengetahui bahwa pilihan operasi konservasi merupakan sebuah keputusan yang tepat.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Agar Tetap Bugar Selama Liburan, Sontek 4 Tips Olahraga Mudah Ini

Lakukan olahraga saat liburan bersama keluarga agar tetap bugar. Simak pilihan kegiatan hingga tips berolahraga sederhana di sini.

Ditinjau secara medis oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fajarina Nurin

Manfaat Rutin Melakukan Yoga Bridge Pose pada Fisik dan Mental

Bridge pose menjadi salah satu pose yoga yang memiliki banyak manfaat. Ragam manfaat tersebut mulai dari kesehatan fisik hingga menjaga kesehatan mental.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ulfa Rahayu

6 Manfaat Jalan Kaki untuk Penderita Diabetes

Penderita diabetes perlu mengontrol diabetesnya. Salah satu yang bisa dilakukan, yaitu jalan kaki. Apa manfaat jalan kaki bagi penderita diabetes?

Ditinjau secara medis oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila

Panduan Lengkap Mengukur Tekanan Darah Anak di Rumah

Anak-anak mungkin mengalami tekanan darah tinggi. Orangtua dapat mengukur tekanan darah anak di rumah dengan panduan berikut ini.

Ditinjau secara medis oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila

Direkomendasikan untuk Anda

gerimis bikin sakit

Benarkah Gerimis Lebih Bikin Sakit Daripada Hujan?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 31/05/2020

Berbagai Manfaat Daun Kale, Si Hijau yang Kaya Zat Gizi

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 28/05/2020
cara menurunkan berat badan tanpa olahraga

10 Cara Mudah Turun Berat Badan Tanpa Olahraga

Ditulis oleh: Rizki Pratiwi
Dipublikasikan tanggal: 28/05/2020
diagnosis hiv

Apa Bedanya Stres dan Depresi? Kenali Gejalanya

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 26/05/2020