Pengobatan Alami untuk Mengatasi Tekanan Darah Tinggi

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr Mikhael Yosia

Setiap orang dewasa di seluruh dunia menghadapi hipertensi (juga disebut sebagai tekanan darah tinggi). Menurut Healthline, hampir setengah dari orang dewasa Amerika Serikat memiliki tekanan darah tinggi. Nah, hipertensi bisa membaik bila diiringi dengan perubahan gaya hidup dan pengobatan yang rutin.

Banyak orang yang masih berusaha mencari obat alami tekanan darah tinggi. Akan tetapi, belum ada penelitian yang merekomendasikan pengobatan herbal sebagai salah satu alternatif pengobatan tekanan darah.

Namun, Anda tidak dilarang untuk mencoba obat alami tekanan darah tinggi dengan syarat Anda tetap mengonsumsi obat-obatan yang sudah diresepkan dokter. Lagipula, memang ada beberapa bahan alami yang bisa menghasilkan efek baik untuk tekanan darah Anda. Apa saja?

Obat alami tekanan darah tinggi

Berikut adalah bahan makanan, sayuran, bumbu dapur, hingga tanaman yang dapat Anda manfaatkan sebagai obat alami untuk mengatasi darah tinggi:

1. Minum suplemen asam lemak omega-3 (minyak ikan)

Manfaat minyak ikan adalah
Sumber: Very Well

Lemak sehat ini ditemukan pada ikan, kacang, sayuran, dan suplemen. Banyak penelitian yang menemukan bahwa asam lemak ini baik manfaatnya untuk kesehatan jantung.

Menurut American Heart Association, penelitian menunjukkan bahwa asam lemak omega-3 bermanfaat untuk:

  • Menurunkan trigliserida
  • Memperlambat penumpukan lemak di dalam arteri
  • Menurunkan risiko detak jantung abnormal
  • Menurunkan tekanan darah

2. Bawang putih

Bawang putih umumnya digunakan sebagai salah satu rempah makanan yang wajib ada di setiap masakan. Namun, bawang putih bisa menjadi obat alami tekanan darah tinggi, lho.

Bawang ini mengandung senyawa sulfur yang memiliki efek positif pada tingkat kolesterol. Selain itu, sebuah studi oleh Cambridge University menunjukkan bahwa kandungan quercetin dalam bawang putih dapat sedikit menurunkan tekanan darah.

Akan tetapi, bawang putih bisa berinteraksi dengan obat-obatan kimia dari dokter. Karena itu, konsultasikan dulu dengan dokter Anda sebelum menggunakan bawang putih sebagai obat alami tekanan darah tinggi.

3. Cokelat

cokelat-untuk-diabetes

Produk berbahan dasar kakao dan cokelat hitam kaya akan zat antioksidan yang disebut flavonoid.

Pada sebuah studi dari National Center for Complementary and Alternative Medicine (NCCAM), orang-orang dengan tekanan darah tinggi yang mengonsumsi cokelat 2 kali sehari selama 2 minggu dapat meningkatkan kemampuan dinding arteri untuk mengendur.

Flavonoid yang terdapat di dalam coklat mendorong pembentukan oksida nitrat, molekul yang dapat merilekskan pembuluh darah.

Selain itu, flavonoid juga dapat membantu proses vasodilatasi (pelebaran pembuluh darah). Sayangnya, cokelat tidak menurunkan tekanan darah secara drastis.

4. Kayu manis

konsumsi kayu manis penyakit liver

Sebuah penelitian yang dilakukan pada tikus menunjukkan bahwa ekstrak kayu manis dapat menjadi obat alami tekanan darah tinggi. Namun, ekstraknya hanya diberikan lewat pembuluh darah melalui suntikan.

Belum jelas apakah kayu manis yang langsung dikonsumsi begitu saja bisa sama khasiatnya dengan yang disuntikkan. Anda bisa menambah kayu manis ke dalam makanan Anda dengan menaburi secukupnya ke sereal sarapan Anda, oatmeal, bahkan di kopi Anda.

5. Jahe

obat asma alami

Menurut Heathline, jahe bisa membantu mengendalikan tekanan darah. Uji yang dilakukan pada hewan ini membuktikan bahwa jahe bisa meningkatkan sirkulasi darah dan mengendurkan otot-otot di sekitar pembuluh darah.

Hal ini jelas baik untuk kondisi tekanan darah yang lebih dari batas normal. Namun, belum diketahui secara pasti efeknya pada manusia.

6. Seledri

manfaat daun seledri untuk ginjal

Makanan lain yang dapat Anda jadikan sebagai obat alami untuk tekanan darah tinggi adalah seledri. Sayuran hijau ini mengandung zat kimia alami yang disebut dengan phthalide.

Phthalide dapat membantu mengendurkan jaringan-jaringan yang terdapat di dinding pembuluh arteri, sehingga tekanan darah Anda dapat menurun.

Selain itu, kandungan magnesium dan kalium yang terdapat di dalam seledri juga dapat membantu mengontrol tekanan darah Anda.

7. Tomat

jus toman menurunkan tekanan darah

Tomat juga terbukti dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Sebuah studi yang terdapat di Food Science & Nutrition menunjukkan bahwa minum segelas jus tomat dapat memperbaiki tekanan darah dan kadar kolesterol dalam tubuh, serta mengurangi risiko terkena penyakit jantung dan pembuluh darah.

Pada penelitian ini, sebanyak 184 pria dan 297 wanita diminta untuk minum jus tomat tawar setiap hari dalam waktu satu tahun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 94 orang dengan hipertensi dan prehipertensi mengalami penurunan pada tekanan darahnya.

8. Oat

Sumber: Care 2

Oat yang mengandung serat tinggi juga dapat membantu mengendalikan gejala-gejala hipertensi.

Selain menurunkan tekanan darah, kandungan serat yang terdapat di dalamnya juga dapat mengatur kadar gula dan kolesterol di dalam darah, sehingga Anda dapat terhindar dari penyakit jantung dan pembuluh darah.

9. Kacang hitam

Kacang hitam juga dapat Anda konsumsi sebagai obat alami untuk menurunkan darah tinggi. Hal ini ditunjukkan oleh sebuah penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh ekstrak kacang hitam terhadap tekanan darah tinggi.

Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa ekstrak kacang hitam mengandung asam glikosida medikogenik dan fraksi saponin yang dapat menurunkan tekanan darah.

Selain itu, kadar sodium yang rendah, serta kandungan kalium kalsium, dan magnesium yang tinggi dalam kacang hitam juga menurunkan tekanan darah secara alami.

10. Kacang kedelai

kacang kedelai

Salah satu kandungan gizi yang terdapat pada kacang kedelai, yang disebut dengan isoflavon, dapat membantu Anda menurunkan tekanan darah yang tinggi.

Para ahli memperkirakan bahwa kandungan isoflavon mendorong produksi enzim yang menghasilkan oksida nitrat. Dengan ini, tekanan darah pun dapat menurun.

Konsumsi segelas susu kedelai sehari, atau makan kacang kedelai sebanyak 100 gram sudah cukup untuk memperbaiki kondisi hipertensi yang Anda derita.

11. Flax seed

Biji rami

Flax seed adalah jenis biji-bijian yang kaya akan asam lemak omega-3, sehingga cocok digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi tekanan darah tinggi.

Flax seed juga dapat melindungi Anda dari risiko penyakit aterosklerosis, atau pengerasan pembuluh darah, dengan cara menurunkan kolesterol, memperbaiki toleransi glukosa dalam tubuh, serta berperan sebagai antioksidan.

Anda dapat memilih produk makanan olahan yang mengandung flax seed. Namun, akan lebih baik apabila Anda mengonsumsi flax seed utuh, kemudian menambahkannya ke dalam masakan Anda.

12. Daun basil

manfaat daun basil adalah obat asma

Selain bermanfaat sebagai bumbu penyedap masakan, daun basil juga memiliki segudang kebaikan untuk kesehatan Anda, termasuk tekanan darah tinggi yang Anda derita.

Bumbu dapur ini bekerja menyerupai calcium-channel blocker, salah satu jenis obat hipertensi yang sering kali diresepkan dokter. Ekstrak dari daun basil mengandung eugenol, zat kimia yang dapat memblokir reaksi kalsium yang menyempitkan pembuluh darah.

13. Minyak wijen

minyak wijen sesame oil
Sumber: Firstcry.com

Tidak hanya lezat dan dapat digunakan untuk masakan apa saja, minyak wijen ternyata bermanfaat untuk mengontrol tekanan darah Anda.

Minyak wijen mengandung lemak tak jenuh yang baik untuk menurunkan kolesterol. Apabila kadar kolesterol di dalam tubuh berkurang, tekanan darah pun dapat menurun.

Selain itu, terdapat zat kimia bernapa sesamol dan sesamin yang efektif bekerja sebagai antioksidan dalam tubuh.

Anda dapat mencampurkan minyak wijen ke dalam masakan Anda sehari-hari. Tidak hanya itu, Anda juga bisa menganti minyak yang Anda biasa gunakan untuk memasak dengan minyak wijen.

14. Akar kucing

Pernah dengar tanaman bernama akar kucing atau cakar kucing? Tanaman ini sering kali digunakan sebagai obat herbal untuk mengobati berbagai penyakit, salah satunya hipertensi.

Serupa dengan daun basil, akar kucing membanu menurunkan tekanan darah dengan cara bereaksi pada kanal kalsium di dalam sel-sel tubuh Anda. Anda dapat menemukan tanaman ini dalam bentuk suplemen di apotik.

15. Kapulaga

manfaat kapulaga

Bumbu dapur lain yang dapat Anda manfaatkan sebgai obat alami darah tinggi adalah kapulaga. Bumbu ini umum digunakan di masakan khas Asia Selatan, seperti India.

Sebuah studi dengan 20 partisipan menunjukkan bahwa konsumsi kapulaga sebanyak 3 gram sehari dalam 12 minggu dapat menurunkan tekanan darah.

Anda dapat mencampurkan biji atau bubuk kapulaga pada masakan Anda untuk mendapatkan manfaatnya secara maksimal.

16. Teknik relaksasi

Selain bahan-bahan rempah di atas, ada hal lain yang bisa menjadi obat alami tekanan darah tinggi. Teknik relaksasi mampu melawan respon tubuh terhadap stres, yang mungkin membantu mengendalikan tekanan darah.

  • Meditasi

Meditasi adalah latihan fokus yang bisa menenangkan pikiran, menenangkan tubuh, dan mengurangi stres. Dalam sebuah penelitian terbaru, meditasi terbukti menurunkan tekanan darah pada kelompok siswa yang berisiko tinggi terkena tekanan darah tinggi.

  • Yoga

Latihan meditasi kuno ini menggabungkan postur fisik, teknik pernapasan, dan fokus. Yoga dapat membantu fleksibilitas dan kebugaran serta tingkat stres. Menurut NCCAM, penelitian menunjukkan bahwa yoga dapat mengurangi denyut jantung dan tekanan darah.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca