Penyebab Tekanan Darah Anda Selalu Lebih Tinggi Ketika Cek di Dokter Daripada di Rumah

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Cek tekanan darah perlu dilakukan rutin untuk memantau perkembangan dan risikonya. Anda bisa cek tensi sendiri di rumah atau di dokter, agar lebih akurat. Namun, pernahkah Anda menyadari bahwa hasil bacaan tes Anda di dokter selalu lebih tinggi daripada ketika cek di rumah? Apakah ini karena alat tes dokter yang lebih canggih, atau alat yang Anda pakai di rumah sudah rusak dan perlu diganti dengan yang baru? Eits belum tentu. Hasil bacaan tekanan darah di dokter yang selalu lebih tinggi daripada di rumah adalah sebuah fenomena bernama white coat hypertension atau hipertensi jas putih.

Hipertensi jas putih, penyebab hasil cek tekanan darah selalu lebih tinggi ketika di dokter

Tekanan darah semua orang bervariasi setiap harinya. Berolahraga, mengubah postur, dan bahkan berbicara dapat menyebabkan tekanan darah Anda berubah.

Ketika hasil bacaan cek tekanan darah Anda selalu tampak lebih tinggi ketika periksa di dokter, Anda mungkin mengalami hipertensi jas putih. Hal ini bisa disebabkan karena efek stres dan gugup saat bertemu dokter atau berada dalam suasana medis, misalnya saat duduk di ruang tunggu untuk menunggu dipanggil atau saat sedang menjalani medical check up.

Umumnya, tekanan darah tinggi selama di dokter akan kembali normal begitu pemeriksaan selesai dan Anda keluar dari ruang praktek dokter. Itulah sebabnya, dokter sering mengukur tekanan darah pasiennya lebih dari satu kali dan jauh dari ruang praktik untuk menentukan apakah peningkatan tekanan darah tersebut benar-benar menandakan hipertensi atau hanya sekadar karena cemas dan gugup.

Apakah kondisi ini berbahaya?

Hipertensi jas putih adalah kondisi yang umum terjadi. Sebanyak 25 persen manusia di dunia diketahui pernah mengalami kondisi ini. Anda berisiko tinggi mengalami hipertensi jenis ini jika sedang hamil atau saat usia bertambah tua.

Jika Anda memiliki hipertensi jas putih, kemungkinan risiko tekanan darah tinggi Anda akan terus meningkat di masa depan. Oleh karena itu, penting untuk memeriksa tekanan darah oleh dokter atau ahli kesehatan lain setidaknya setiap enam sampai 12 bulan. Ini akan memberi Anda banyak waktu untuk membuat perubahan gaya hidup yang mungkin bisa membantu.

Apa yang dapat saya lakukan untuk mencegah hipertensi jas putih?

Terdapat beberapa tips untuk mengatasi hipertensi jas putih, yaitu:

  • Cobalah beberapa teknik relaksasi yang dapat Anda lakukan di mana saja, seperti teknik pernapasan dalam.
  • Minta teman atau anggota keluarga untuk menemani Anda bertemu dokter. Memiliki seseorang yang Anda kenal ketika pemeriksaan dengan dokter dapat membantu Anda lebih rileks.
  • Cobalah untuk cek tekanan darah dengan dokter yang sama. Melihat wajah yang familiar dapat membuat Anda lebih santai.
  • Mengurangi asupan garam dapat membantu menurunkan tekanan darah. Jangan menambahkan garam ke makanan Anda ketika Anda memasak atau sedang makan di meja. Memeriksa label ketika Anda belanja dan memilih varietas rendah garam dapat membantu menjaga tekanan darah Anda. Makan banyak buah dan sayuran serta mengontrol banyaknya alkohol yang Anda minum juga akan membuat Anda tetap berada di jalur yang benar.
  • Setidaknya luangkan waktu untuk olahraga 30 menit selama lima hari seminggu. Bicaralah dengan dokter terlebih dahulu jika Anda sudah lama tidak berolahraga.
  • Jika Anda kelebihan berat badan, berusahalah untuk menurunkan berat badan Anda. Daripada diet mati-matian, cobalah untuk membuat perubahan kecil pada makanan yang Anda makan. Mengatur hal-hal kecil kecil dan tujuan yang realistis dapat membantu.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca