Apakah Ibu Hamil yang Punya Diabetes Boleh Minum Obat Metformin?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Obat metformin adalah obat yang biasa diresepkan dokter untuk menangani gejala diabetes tipe 2 dan mengendalikan kadar gula darah.Obat ini cenderung aman untuk dikonsumsi diabetisi pada umumnya. Tetapi, apakah minum metformin aman untuk ibu hamil yang juga punya diabetes? Adakah risiko efek samping yang mungkin memengaruhi kesehatan janin dalam kandungan? Simak selengkapnya di artikel ini.

Keamanan obat metformin untuk ibu hamil

Metformin adalah obat untuk mengontrol gula darah tinggi pada diabetes tipe 2. Metmorfin bekerja dengan membantu mengembalikan respon tubuh yang tepat terhadap hormon insulin yang diproduksi secara natural, menghindari terjadinya resistensi insulin, dan menurunkan kadar lemak di dalam tubuh. Obat ini juga menurunkan jumlah gula yang diproduksi hati dan yang diserap perut atau usus Anda.

Obat metformin termasuk ke dalam kategori B menurut klasifikasi keamanan obat dari US Food and Drugs Administration (FDA). Ini artinya, obat metformin aman untuk dikonsumsi ibu hamil yang punya diabetes karena sejauh ini berbagai penelitian tidak menemukan adanya risiko keselamatan kehamilan maupun kesehatan janin dalam kandungan.

Sebuah penelitian terbitan jurnal Human Reproduction Update menyatakan bahwa konsumsi metformin pada ibu hamil tidak akan menyebabkan bayi lahir cacat, keguguran, atau komplikasi kehamilan lainnya.

Obat metformin juga aman untuk dikonsumsi ibu yang menyusui sekalipun. Memang, ada beberapa zat yang mungkin masuk ke dalam tubuh janin saat ibu mengonsumsi obat itu, tetapi hal itu tidak membahayakan janin.

Konsumsi metformin selama hamil tidak menyebabkan berat badan bertambah

Efektivitas dan keamanan obat metformin pernah diujicobakan pada ibu hamil yang mengalami diabetes gestasional. Peneliti membagi ibu hamil pengidap gestasional diabetes menjadi dua kelompok. Satu kelompok diberikan insulin dan satunya diberikan metformin. Studi ini dilakukan selama dua tahun berturut-turut untuk mengamati adanya perubahan tertentu pada kondisi mereka.

Dari hasil penelitian tersebut diketahui bahwa metformin tidak menyebabkan kenaikan berat badan besar-besaran pada ibu hamil. Tak seperti obat insulin. Selain itu, bayi yang lahir dari ibu yang minum metformin juga diketahui mempunyai kadar lemak yang lebih rendah, ketimbang bayi dari kelompok ibu yang menggunakan insulin.

minum obat maag saat hamil

Berapa dosis obat metformin yang aman untuk dikonsumsi?

Dosis  metformin sebenarnya tergantung dengan masing-masing orang, tergantung dengan riwayat kesehatan, tingkat sensitivitas insulin, dan sensitivitas tubuhnya terhadap efek samping yang terjadi.

Pada ibu hamil dengan diabetes tipe 2 yang menggunakan insulin, maka biasanya dokter juga akan memberikan metformin sebagai tambahannya. Dosis yang diberikan tak jauh beda dengan wanita lain yang tak hamil.

Tetapi, dokter akan memberikan obat dengan dosis terendah kemudian melihat efek samping dan dampak dari obat. Setelah dirasa cukup aman dan ampuh mengendalikan kadar gula darah, maka sedikit demi sedikit dokter akan menaikkan dosis.

Efek samping obat metformin yang mungkin dialami ibu hamil

Meskipun aman untuk dikonsumsi bu hamil, tetapi penggunaan metformin bisa menimbulkan beberapa efek samping seperti:

  • Perut terasa begah akibat gas
  • Heartburn, sensasi panas di ulu hati
  • Sakit pada perut
  • Mual
  • Gangguan pencernaan

Bagi sebagian wanita hamil, obat ini mungkin saja akan menyebabkan gejala morning sickness bertambah parah. Jika hal ini terjadi pada Anda, maka sebaiknya konsultasikan ke dokter.

Baca Juga:

Sumber