home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

5 Potensi Penyakit Akibat Kekurangan Vitamin B12

5 Potensi Penyakit Akibat Kekurangan Vitamin B12

Vitamin B12 memiliki beragam fungsi bagi tubuh. Sayangnya, beberapa orang masih ada yang kekurangan vitamin ini. termasuk para vegetarian atau vegan. Apa saja penyakit yang bisa muncul akibat kekurangan vitamin B12?

Sekilas tentang vitamin B12

penyebab dan gejala defisiensi vitamin B12

Vitamin B12 termasuk vitamin larut dalam air yang tidak dapat dihasilkan sendiri oleh tubuh. Sumber vitamin B12 kebanyakan terdapat dari sumber makanan hewani. Untungnya, tubuh dapat menyimpan sementara vitamin B12.

Namun, jika Anda tidak mendapatkan pasokan makanan yang mengandung vitamin B12, lama-lama cadangan ini akan habis dan tubuh kurang vitamin B12.

Akibat kekurangan vitamin yang satu ini, fungsi tubuh akan terganggu sehingga menimbulkan penyakit terutama pada produksi sel darah merah dan berkaitan dengan kondisi saraf.

Penyakit yang timbul akibat kekurangan vitamin B12

kelelahan akibat HIV

Di bawah ini daftar penyakit yang mungkin timbul akibat kekurangan vitamin B12.

1. Anemia

Kekurangan asupan vitamin B12 dapat menyebabkan anemia megaloblastik atau gangguan darah yang terjadi ketika jumlah sel darah merah yang berkualitas baik lebih sedikit dari biasanya.

Ketika tubuh tidak memiliki cukup sel darah merah, jaringan dan organ bisa-bisa tidak mendapat cukup oksigen. Hal tersebut biasanya disebabkan kurangnya asupan sumber makanan vitamin B12 serta folat di dalam tubuh.

Kedua zat gizi ini diperlukan untuk memproduksi sel darah merah yang sehat. Ketika keduanya kurang, kemampuan tubuh memproduksi sel darah merah dengan kualitas yang baik menurun. Sel darah merah yang dihasilkan jadi terlalu besar dan rapuh.

Sel darah merah yang terlalu besar dan rapuh ini tidak bisa keluar dari sumsum tulang untuk memasuki aliran darah, dan selanjutnya tidak bisa mengantarkan oksigen ke seluruh jaringan tubuh. Alhasil, jaringan-jaringan tubuh kekurangan oksigen.

Kalau sudah begini, muncullah berbagai gejala anemia mulai dari lemas, letih, sakit kepala, hingga gusi jadi pucat.

2. Depresi

Melansir Mayo Clinic, kurangnya vitamin B12 berhubungan dengan terjadinya kondisi depresi.

Vitamin B12 dan vitamin B lainnya bekerja sama memproduksi zat kimia tubuh yang memengaruhi suasana hati dan fungsi otak. Maka itu, ketika jumlah vitamin B12 berkurang, ini akan mengganggu keseimbangan produksi zat kimia otak.

3. Neuropati perifer

Penyakit akibat kekurangan vitamin B12 terjadi pada sistem saraf. Kondisi ini merusak selubung mielin yang berfungsi mengelilingi dan melindungi saraf. Tanpa pelindung ini, saraf berhenti berfungsi dengan baik. Gangguan ini disebut dengan neuropati perifer.

Kekurangan vitamin B12 sedikit saja bahkan dapat memengaruhi kerja sistem saraf secara keseluruhan dan fungsi otak.

Kerusakan saraf yang terjadi akibat kekurangan vitamin B12 ini dapat terjadi secara permanen jika tidak langsung diobati. Gejala yang paling sering terjadi yaitu mati rasa dan kesemutan di tangan dan kaki.

4. Glossitis

Penyakit akibat kekurangan vitamin B12 berikutnya yaitu glossitis. Glossitis merupakan istilah untuk kondisi radang lidah. Jika Anda mengalami glossitis, lidah akan berubah warna dan bentuknya, terasa sakit, lebih merah, dan bengkak.

Peradangan akibat glossitis ini bisa membuat lidah juga terasa halus karena tonjolan-tonjolan kecil yang seharusnya ada di lidah Anda menghilang.

Selain lidah, kekurangan vitamin B12 juga dapat menimbulkan sindrom mulut terbakar. Gejalanya mulut kering, rasa haus meningkat, mulut sakit, kesemutan atau mati rasa di lidah dan bibir, serta adanya sensasi terbakar di bibir, lidah, gusi, langit-langit mulut, dan tenggorokan.

5. Sembelit

Anemia yang semakin parah akibat kekurangan vitamin B12 berpotensi menyebabkan penyakit pencernaan seperti sembelit dan sakit perut. Jika vitamin B12 terus tidak tercukupi, penyakit konstipasi (sembelit) akan terjadi semakin parah.

Asupan makanan yang kaya vitamin B12 harus diperbanyak untuk mengatasi dampak ini seperti hati sapi, salmon, dan ikan tuna. Buat Anda yang vegan atau vegetarian, Anda mungkin memerlukan suplemen vitamin B12 sesuai anjuran dokter.

health-tool-icon

Kalkulator Kebutuhan Kalori

Gunakan kalkulator ini untuk menentukan berapa kebutuhan kalori harian Anda berdasarkan tinggi, berat badan, usia, dan aktivitas sehari-hari.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

National Institutes of Health. 2011. Vitamin B12. [Online] Tersedia pada: https://ods.od.nih.gov/factsheets/VitaminB12-Consumer/ (Diakses 7 November 2018)

Miller Sarka Jonae. 2017. Vitamin B12 & Constipation. [Online] Tersedia pada: https://www.livestrong.com/article/519051-vitamin-b12-constipation/ (Diakses 7 November 2018)

West Helen. 2017. 9 Signs and Symptoms of Vitamin B12 Deficiency. [Online] Tersedia pada: https://www.healthline.com/nutrition/vitamin-b12-deficiency-symptoms (Diakses 7 November 2018)

The Foundation for Peripheral Neuropathy. Tanpa tahun. Nutritional and Vitamin Deficiency Neuropathy. [Online] Tersedia pada:  [Online] Tersedia pada: https://www.foundationforpn.org/what-is-peripheral-neuropathy/causes/vitamin-nutrition-deficiency/ (Diakses 9 November 2018)

Mayo Clinic. 2018. Vitamin B12 and Depression: Are They Related?. [Online] Tersedia pada: https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/depression/expert-answers/vitamin-b12-and-depression/faq-20058077 (Diakses 9 November 2018)

Healthline. 2016. Megaloblastic Anemia. [Online] Tersedia pada: https://www.healthline.com/health/megaloblastic-anemia (Diakses 9 November 2018)

Porter Lisa. 2017. Sore Mouth & Vitamin B12. [Online] Tersedia pada: https://www.livestrong.com/article/474656-sore-mouth-vitamin-b12/ (Diakses 9 November 2018)

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Rr. Bamandhita Rahma Setiaji Diperbarui 01/07/2021
Ditinjau secara medis oleh dr Damar Upahita
x