Memilih Makanan Fast Food untuk Penderita Diabetes

Oleh

Ketika Anda didiagnosis diabetes, Anda dianjurkan untuk tidak memakan makanan cepat saji. Begitu pula bagi orang-orang yang merasa sehat, tidak dianjurkan untuk sering mengkonsumsi makanan cepat saji.

Meskipun mungkin Anda ingin makanan cepat saji, percaya atau tidak, ternyata Anda bisa membuat makanan cepat saji yang sehat. Iya, makan cepat saji sehat. Bagaimana caranya? Pertama-tama, ketahuilah dengan pasti rencana Anda ke depan untuk hidup sehat seperti apa.

Dalam menjaga aturan dasar nutrisi yang baik, pikirkanlah beberapa hal berikut ini:

  • Makan berbagai makanan dengan jumlah yang sesuai.
  • Sertakan sayuran non-tepung dalam setiap kali makan.
  • Pilih biji-bijian.
  • Batasi “lemak jahat” (lemak jenuh dan lemak trans).
  • Makan makanan yang mengandung garam seminimum mungkin.
  • Tetaplah pada porsi yang ideal dan sesuai.
  • Ikuti panduan para ahli diet atau dokter.

Pesanlah dengan bijak

Makanan yang Anda pesan adalah kuncinya. Sangat mudah untuk memakan makanan yang banyak lemak, garam, dan kalori hanya dalam satu kali makan makanan cepat saji. Tapi masih lebih memungkinkan untuk membuat pilihan yang bijak dan memakan makanan yang cukup sehat.

Berikut adalah beberapa tips untuk membantu Anda memilih dengan baik:

  • Lihatlah informasi nutrisi makanan tersebut. Sebagian besar tempat makanan cepat saji memiliki suatu tempat yang menyediakan informasi tersebut di restoran. Anda juga dapat mencarinya online.
  • Ketahuilah bahwa rata-rata makanan cepat saji dapat mengandung 1.000 kalori atau lebih, dan bisa meningkatkan kadar gula darah Anda, bahkan melebihi target.
  • Ketahuilah nilai gizi dari makanan yang Anda pesan. Meskipun ada beberapa pilihan yang baik, sebagian besar makanan cepat saji tinggi lemak dan kalori.
  • Jika Anda melihat makanan combo, mintalah untuk menggantikan kentang goreng dengan salad, wortel, atau irisan apel untuk kentang goreng.
  • Jika Anda memakan makanan cepat saji untuk satu kali makan, tambahkan makanan lain yang mengandung makanan sehat, seperti sayuran non-goreng, buah, dan biji-bijian.
  • Pikirkan tentang bagaimana makanan Anda akan dimasak. Ayam dan ikan dapat menjadi pilihan yang baik, tetapi mereka bisa memiliki lebih banyak kalori dan lemak jika dilapisi tepung roti dan digoreng.

Tips sarapan

Jika Anda ingin sarapan dengan makanan cepat saji, pilihlah telur dengan sepotong roti gandum atau english muffin. Atau coba buah dan yogurt dengan yang ditaburi beberapa kacang.

Hindari muffin yang sarat gula, lemak, dan kalori. Bahkan muffin “rendah lemak” biasanya sangat tinggi kalori dari yang seharusnya terkandung dalam sebuah makanan.

Pesanlah sereal dingin dengan susu bebas lemak, pancake dengan sirup bebas gula, atau telur polos orak-arik. Batasi daging dan sosis karena memiliki kandungan lemak jenuh yang tinggi.

Langkah sederhana memakan makanan cepat saji dengan baik

Makanan cepat saji yang kita makan dapat bertahan lebih lama dari yang kita tahu. Dengan sedikit informasi, Anda dapat menghindari masalah-masalah yang bisa mempengaruhi kesehatan Anda.

  • Jangan memesan yang jumbo

Perhatikan kata-kata seperti jumbo, raksasa, deluxe, atau berukuran super. Porsi yang lebih besar berarti lebih banyak kalori. Mereka juga berarti lebih banyak lemak jenuh, kolesterol, dan garam.

Jauhilah double burger atau “super” hot dog dengan keju, cabai, atau saus. Pesanlah saja sandwich biasa atau ukuran yang kecil.

  • Biasakan memesan makanan tanpa topping

Pesanlah makanan polos, tanpa topping, saus, atau mayones. Tambahkan rasa makanan Anda dengan mustard, tomat, dan bawang.

Mintalah sandwich atau burger tanpa keju. Keju membawa tambahan 100 kalori per ons, serta lemak dan natrium tambahan.

Panggang atau kukus sandwich dengan daging, seperti daging sapi tanpa lemak panggang, kalkun atau dada ayam, atau ham tanpa lemak.

  • Pilihlah makan salad

Isi piring salad Anda dengan wortel, paprika, bawang, seledri, brokoli, kembang kol, bayam, dan sayuran lainnya. Tambahkan juga yang mengandung lemak sehat seperti biji bunga matahari, juga dengan makanan yang mengandung protein seperti ayam panggang, kacang, atau kacang polong.

Berhati-hatilah memilih kentang dan makaroni salad yang dilumuri banyak mayo dan topping, karena tinggi kalori, seperti dressing, bacon bits, keju, dan crouton.

  • Jangan sembarang makan makanan asing

Pesan bean burrito, taco lembut, fajitas, dan makanan non-goreng lainnya ketika makan makanan cepat saji asal Meksiko. Pilihlah daging ayam daripada daging sapi. Batasi kacang goreng. Atau tanyakanlah apakah mereka memiliki kacang yang tidak digoreng.

Berikan selada, tomat, dan salsa sebagai tambahannya. Anda juga bisa menambahkan sedikit keju, ditambah pula dengan krim asam atau guacamole.

Pizza bisa jadi pilihan makanan cepat saji yang baik. Pilihlah pizza yang tipis dengan topping sayuran. Bila Anda ingin daging atau keju, batasi dengan 1-2 irisan, karena mereka bisa menambah kalori, lemak, dan natrium.

Masakan Cina mungkin terlihat seperti pilihan makanan yang sehat, tetapi banyak hidangan yang digoreng atau memiliki tingkat lemak dan sodium yang tinggi, terutama pada sausnya. Anda bisa meminta sausnya diberikan pada makanan sedikit saja pada pelayan tempat Anda makan.

Bila Anda memakan ayam goreng tanpa kulit, ketahui bahwa ayam tersebut memiliki jumlah lemak yang sama dengan ayam biasa.

  • Akhiri dengan makanan penutup atau camilan yang sehat

Akhiri waktu makan Anda dengan makanan yang bebas gula, bisa yogurt bebas lemak utuh atau dalam bentuk frozen yoghurt. Lebih baik lagi apabila Anda membawa potongan-potongan buah segar dari rumah atau memesannya di restoran tempat Anda makan, kalau ada.

Sorbet memiliki lemak dan kalori yang lebih sedikit daripada es krim, tetapi kandungan gulanya tinggi. Mereka bisa menaikkan kadar gula darah Anda apabila Anda tidak memasukkan karbohidrat ekstra dalam rencana makan Anda.

Apabila Anda makan di luar rumah, buatlah pilihan makanan yang tepat, minta apa yang Anda butuhkan, dan coba untuk seimbangkan makanan Anda di restoran dengan makanan sehat yang Anda makan di rumah. Anda bisa menikmatinya sendiri dan merawat diabetes Anda pada waktu yang bersamaan.

Yang juga perlu Anda baca