6 Jenis Makanan yang Bisa Menurunkan Kadar Gula Darah

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Bagi orang yang mengalami kondisi prediabetes, kestabilan kadar gula darah sangat perlu diperhatikan. Ini dilakukan untuk mencegah terjadinya diabetes dan masalah kesehatan lainnya. Selain obat dan olahraga, ada beberapa makanan yang bisa jadi penurun gula darah secara efektif.

Apa saja makanan yang bisa jadi penurun gula darah? Yuk, lihat ulasannya berikut ini.

Apa itu gula darah?

Gula darah adalah bahan bakar dalam tubuh yang fungsinya sebagai energi untuk kerja otak, sistem saraf, dan organ tubuh yang lainnya. Gula darah dalam tubuh diperoleh dan dihasilkan dari sumber makanan yang kita makan, seperti lemak, karbohidrat, dan protein.

Nah, kadar gula dalam darah harus berada dalam kisaran sehat. Artinya, angka kadar gula darah yang normal tidak boleh terlalu tinggi atau terlalu rendah agar kinerja organ tubuh lainnya tetap baik.

Bagaimana kalau gula darah tubuh terlalu tinggi? Anda mau tidak mau harus menurunkan gula darah Anda. Pasalnya, gula darah yang tinggi akan menghasilkan dampak dan bahaya tertentu, seperti diabetes yang berakhir dengan kerusakan saraf, dan bahkan organ ginjal jadi tidak berfungsi.

Jika kadar gula darah Anda tinggi, memperhatikan pilihan makanan sangat penting untuk dilakukan. Pasalnya, semua makanan yang dikonsumsi bisa jadi penurun atau penaik gula darah.

Makanan penurun gula darah yang patut dipertimbangkan

Setelah mengetahui dampak dan bahaya tubuh yang mengandung gula darah tinggi, baiknya Anda segera membuat perubahan kecil, yakni memilih makanan yang berpotensi sebagai penurun gula darah.

Berikut ini ada beberapa daftar makanan yang cocok sebagai penurun gula darah, di antaranya:

1. Buah alpukat

alergi alpukat

Alpukat masuk dalam kategori makanan yang baik untuk orang pradiabetes. Buah ini didapuk menjadi makanan penurun kadar gula darah karena mengandung lemak tak jenuh dan lemak tak jenuh tunggal.

Buah penurun gula darah ini bisa meningkatkan fungsi insulin dan menimbulkan rasa kenyang setelah dimakan. Insulin adalah hormon untuk membantu menormalkan kadar gula darah tubuh.

Selain itu, makanan penurun gula darah juga bisa menurunkan risiko sindrom metabolik. Sindrom ini terdiri dari sekelompok kondisi, seperti tekanan darah tinggi, gula darah dan kolesterol tinggi, serta lemak perut berlebih yang merupakan salah satu penyebab utama diabetes

Buah penurun gula darah ini sangat mudah dikonsumsi. Anda bisa menikmatinya sebagai jus tanpa gula, salad, isian sandwich, bahkan topping untuk yogurt.

2. Ikan yang mengandung zat omega 3

manfaat salmon untuk kulit

Kandungan protein baik yang tinggi menjadikan ikan sebagai makanan penurun gula darah berlebih dalam tubuh. Makanan ini mengandung protein yang bisa membuat perut kenyang, sehingga Anda tidak perlu lagi makan makanan lain yang mungkin bisa menaikkan gula darah

Namun, ikan yang dipilih sebagai makanan penurun gula darah adalah ikan yang kaya asam lemak omega 3. Beberapa jenis ikan yang mampu sebagai penurun gula darah, antara lain:

  • Ikan salmon
  • Ikan trout (ikan yang hidup di air tawar)
  • Ikan tuna
  • Ikan kembung
  • Ikan Halibut ( di Indonesia disebut ikan sebelah)

Selain mudah ditemukan, makanan penurun gula darah ini juga mudah diolah. Anda bisa menikmati makanan penurun gula darah ini dengan digoreng, dipanggang, dikukus, atau dimakan mentah menjadi sushi.

3. Bawang putih

bawang putih untuk flu

Walaupun bukan makanan, bawang putih yang dikenal sebagai penyedap ini juga memiliki potensi sebagai penurun kadar gula darah tinggi.

Studi pada jurnal Food and Chemical Toxicology menunjukkan makan bawang putih sebelum makan besar, bisa membantu menormalkan kadar gula darah. Efek positif penyedap makanan penurun gula darah ini diyakini karena tidak ada kandungan karbohidrat di dalamnya.

Untuk mendapatkan manfaat makanan penurun gula darah ini, Anda bisa mengikuti penerapan yang dilakukan peneliti, yakni dikonsumsi sebelum makan besar. Namun, Anda perlu menghindari makanan penurun gula darah ini jika Anda memiliki alergi terhadap bawang.

Jika Anda ingin mendapatkan manfaat penurun gula darah ini lewat suplemen bawang putih, konsultasikan pada dokter terlebih dahulu.

4. Kakao

bubuk kakao biji coklat

Kakao yang juga sebagai bahan pembuat coklat, ternyata bahan makanan yang baik sebagai penurun gula darah yang meningkat di dalam tubuh.

Sayangnya, kakao yang dimaksud sebagai makanan penurun gula darah bukanlah kakao yang diolah jadi cokelat manis. Kakao yang berkhasiat sebagai penurun gula darah adalah benih kakao yang mengandung antioksidan, flavanol, dan protein penting untuk tubuh.

Meski kebanyakan cokelat yang terbuat dari makanan ini manis, kakao untuk penurun gula darah akan terasa pahit jika dimakan.

Kandungan flavanol pada makanan penurun gula darah ini bekerja dengan memperlambat pencernaan sehingga proses penyerapan karbohidrat terjadi perlahan. Lambatnya proses penyerapan, tidak menimbulkan kadar gula darah melonjak tinggi.

5. Telur

Sumber: Once Upon A Chef

Telur adalah salah satu makanan yang memang mengandung kolesterol tinggi. Namun, telur juga termasuk makanan yang bisa jadi penurun gula darah. Alasannya, protein yang terkandung dalam telur bisa membantu menyesuaikan dan mengendalikan gula darah tubuh agar tetap seimbang.

Makanan penurun kadar gula darah ini akan menyebabkan rasa kenyang, sehingga Anda tidak butuh makanan berlebih.

Mengingat kandungan kolesterolnya yang cukup tinggi, konsumsi telur harus diperhatikan. Ketimbang digoreng, akan lebih baik jika telur direbus saja dan dimakan secukupnya saja. Selain itu, jangan sajikan makanan penurun gula darah ini dengan makanan lain yang berpengawet dan mengandung garam tinggi, contohnya sosis atau nugget.

Alih-alih sebagai penurun gula darah, makanan ini jika dikonsumsi dengan cara tidak tepat bisa meningkatkan risiko penyakit jantung.

6. Sayuran hijau tinggi serat

Selain protein dan asam lemak omega 3, kandungan nutrisi pada makanan yang ampuh sebagai penurun gula darah adalah serat. Nah, serat paling banyak Anda dapatkan dari sayuran hijau, seperti bayam, kubis, sawi, atau brokoli.

Tidak hanya tinggi serat, sayur juga dikemas dengan berbagai nutrisi seperti magnesium dan vitamin A yang mampu membantu menurunkan kadar gula darah tinggi. Jika Anda makan satu piring makanan penurun gula darah ini per hari, risiko diabetes tipe 2 dan naiknya kadar gula darah akan menurun sebesar 14 persen.

Anda bisa menikmati lezatnya makanan penurun gula darah ini dengan berbagai cara, mulai ditumis, dimakan mentah, dijadikan salad, atau sup. Bahkan, bisa jadi pelengkap makanan penurun gula darah lainnya, yakni pada masakan ikan dan telur.

Selain mengonsumsi makanan penurun gula darah, Anda tetap perlu mengecek kesehatan secara rutin ke dokter. Perlu Anda ketahui bahwa makanan penurun gula darah tidak bisa dijadikan cara satu-satunya untuk menjaga gula darah tetap normal. Anda mungkin tetap perlu mengonsumsi obat dan meningkatkan aktivitas fisik.

Baca Juga:

Share now :

Direview tanggal: Mei 5, 2017 | Terakhir Diedit: Maret 6, 2020

Sumber
Yang juga perlu Anda baca