Kayu Manis Ampuh Untuk Menurunkan Gula Darah, Apa Benar?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Tak dipungkiri, banyak makanan yang sering Anda konsumsi mengandung banyak gula. Contohnya saja nasi yang merupakan makanan pokok Anda. Ini tentu menyulitkan bagi Anda yang mempunyai diabetes. Anda harus pintar-pintar mengonsumsi makanan yang dapat membantu menjaga kadar gula darah Anda. Belakangan ini banyak orang beralih mengonsumsi kayu manis untuk menurunkan gula darah.

Apakah kayu manis untuk menurunkan gula darah benar efektif?

Efektivitas kayu manis sebagai penurun gula darah masih menjadi perdebatan. Meski demikian, tak sedikit penelitian kecil yang menunjukkan bahwa kayu manis bisa dimanfaatkan untuk menurunkan kadar gula darah dan membantu mengontrol diabetes.

Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Diabetes Care tahun 2003 membandingkan efek pemberian 1 gr, 3 gr, dan 6 gr kayu manis selama 40 hari. Hasilnya, pemberian kayu manis pada semua takaran tersebut mampu menurunkan kadar gula darah sebesar 18-29%.

Penelitian lainnya yang dipublikasikan oleh Journal of Intercultural Ethnopharmacology tahun 2016 juga menemukan bahwa kayu manis bermanfaat untuk orang dengan diabetes yang tidak terkontrol. Pada penelitian tersebut, partisipan diminta untuk mengonsumsi kayu manis sebanyak 1 gram per hari selama 12 minggu. Hasilnya, terjadi penurunan kadar gula darah puasa.

Memang cukup banyak penelitian yang menunjukkan efektivitas kayu manis untuk menurunkan gula darah. Anda mungkin bisa memanfaatkan kayu manis sebagai bahan alami untuk membantu mengontrol diabetes. Kayu manis dalam jumlah sedikit saja mungkin membantu menurunkan kadar gula darah.

Namun, hati-hati bagi Anda yang mempunyai masalah kerusakan hati. Mengonsumsi kayu manis dalam jumlah tinggi (seperti dalam suplemen kayu manis) mungkin dapat membuat kondisi hati Anda memburuk.

Bagaimana cara kerja kayu manis untuk menurunkan gula darah?

Kayu manis merupakan salah satu rempah-rempah yang sering digunakan untuk menambahkan rasa manis pada masakan Anda. Tak jarang, kayu manis juga bisa dipakai sebagai pengganti gula bagi Anda yang ingin membuat masakan dengan kandungan gula rendah. Dengan begitu, asupan gula Anda menjadi lebih sedikit sehingga bisa membantu mengontrol diabetes.

Kayu manis juga dapat membantu menurunkan kadar gula darah dengan cara meniru efek insulin dan meningkatkan pemindahan glukosa ke dalam sel. Sehingga, hal ini dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin, membuat insulin lebih efisien dalam memindahkan glukosa ke dalam sel. Hasilnya, kadar gula darah lebih terkontrol.

Tak hanya itu, kayu manis juga dapat menjaga agar gula darah tidak cepat naik setelah makan. Hal ini terjadi karena kayu manis dapat memperlambat pengosongan perut Anda. Alasan lainnya, yaitu karena kayu manis dapat menghambat enzim pencernaan yang memecah karbohidrat di usus. Sebuah penelitian telah membuktikan bahwa mengonsumsi sajian puding beras dengan 6 gram kayu manis dapat membuat pengosongan perut dan kenaikan gula darah terjadi lebih lambat.

Selain itu, kayu manis juga ternyata mengandung antioksidan tinggi. Bahkan, tertinggi kedua setelah cengkeh di antara rempah-rempah lainnya. Hal ini tentu baik bagi Anda yang mempunyai diabetes. Mengonsumsi makanan kaya antioksidan penting karena antioksidan dapat membantu tubuh mengurangi stres oksidatif, yang dapat menyebabkan kerusakan sel dan terlibat dalam pengembangan penyakit diabetes.

Baca Juga:

Share now :

Direview tanggal: Juni 24, 2017 | Terakhir Diedit: November 15, 2019

Sumber
Yang juga perlu Anda baca