Kabar Baik, Jamur Ternyata Berpotensi untuk Mengendalikan Gula Darah

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 15/11/2019 . 4 mins read
Bagikan sekarang

Jamur adalah sumber makanan yang kaya akan protein, serat, vitamin, dan mineral yang sudah tidak diragukan lagi khasiatnya. Apalagi jamur rendah kalori sehingga sangat aman untuk orang yang sedang menjaga berat badan. Bukan hanya itu saja keunggulan jamur, bahkan suatu penelitian katanya menemukan bahwa jamur memiliki efek yang sangat baik untuk mengendalikan kadar gula darah. Apa betul jamur bisa bantu mengendalikan gula darah?

Sebuah studi baru melihat ternyata makan jamur kancing putih dapat memengaruhi kadar gula darah. Jamur kancing dianggap sangat tepat untuk mengendalikan gula darah orang dengan diabetes dan penyakit metabolisme lainnya yang membutuhkan keseimbangan gula darah. Kenapa bisa begitu, ya?

Jamur kancing bisa membantu mengelola gula darah

manfaat jamur dan risikonya bagi kesehatan

Penelitian yang dilakukan di Pennsylvania State University, Amerika Serikat telah mempelajari efek jamur pada tikus. Dalam penelitian tersebut, para ahli menyelidiki efek jamur kancing (Agaricus bosporus) sebagai prebiotik di dalam tubuh.

Prebiotik adalah zat yang mendukung aktivitas mikroorganisme asli dalam usus yang disebut mikrobioma. Dengan adanya prebiotik, mikroorganisme baik yang dibutuhkan usus dapat bekerja lebih optimal.

Ternyata, sebagai prebiotik dalam usus, jamur kancing pada akhirnya bisa memengaruhi kemampuan tubuh dalam mengendalikan kadar gula darah. Jamur kancing memang tidak memberikan efek secara langsung, tetapi ini sangat penting.

Jamur kancing putih dalam usus memicu reaksi mikroorganisme untuk membentuk mikrobioma Prevetolla yang lebih banyak. Inilah yang pada akhirnya memengaruhi kerja tubuh dalam mengelola kadar gula darah.

Mekipun begitu, penelitian ini masih dilakukan terhadap tikus, bukan manusia. Untuk itu, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan hasilnya pada gula darah manusia.

Bagaimana mikroorganisme usus bisa memengaruhi kadar gula darah?

bayi boleh makan jamur

Peneliti menemukan bahwa jamur kancing putih ternyata dapat memengaruhi kondisi mikroba di usus.

Penelitian pada kelompok tikus yang memiliki mikroorganisme asli dalam ususnya dan secara teratur diberikan 85 gram jamur sehari bisa memicu produksi mikroorganisme tertentu, salah satunya jenis Prevotella. Keberadaan Prevotella ini meningkatkan produksi zat propionate dan succinate di dalam tubuh.

Peningkatan propionate dan succinate inilah yang bisa memengaruhi beberapa gen tertentu yang terlibat dalam produksi glukosa. Nah, keterlibatan propionate dan succionate dalam pengaturan produksi glukosa inilah yang diketahui bisa meningkatkan kemampuan tubuh untuk menjaga kadar gula darah.

Peneliti menemukan bahwa kondisi saluran pencernaan tikus yang diberikan jamur ini berbeda dengan yang tidak. Ini pun berlaku pada kondisi hati dan serum darahnya.

Maka itu, jamur kancing putih dianggap sangat baik untuk para diabetesi atau kondisi apa pun yang bisa menjaga kadar gula darah.

Jamur kaya serat yang juga bisa mengendalikan gula darah

resep sup

Selain sebagai prebiotik yang bisa ikut mengatur kadar gula darah, jamur memang sudah memiliki banyak manfaat.

Dengan kandungan karbohidratnya yang sangat rendah, jamur tidak mengakibatkan lonjakan gula darah. Jamur bahkan mengandung banyak kalium untuk membantu mengontrol tekanan darah dan menjaga kesehatan jantung.

Yang tidak kalah penting, jamur juga mengandung serat yang sangat tinggi. Serat tinggi inilah yang dibutuhkan untuk mengatur gula darah. Serat membantu meningkatkan sensitivitas insulin, memperlambat pelepasan glukosa ke dalam aliran darah, dan juga membuat tubuh lebih cepat kenyang sehingga bisa mencegah berat badan berlebih.

Maka itu, para diabetesi atau orang yang pradiabetes diwajibkan untuk konsumsi makanan tinggi serat seperti jamur ini.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

6 Tips Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut untuk Penderita Diabetes

Diabetesi lebih rentan terhadap masalah gigi dan mulut. Oleh karenanya, ikuti tips menjaga kesehatan gigi dan mulut untuk penderita diabetes berikut ini.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Diabetes, Health Centers 21/01/2020 . 5 mins read

Panduan Merawat Orangtua yang Sakit Diabetes

Kasus diabetes di Indonesia terbanyak dipegang oleh golongan lansia. Orangtua Anda salah satunya? Simak di sini cara merawat orangtua yang sakit diabetes.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Diabetes, Health Centers 15/11/2019 . 4 mins read

Panduan Tepat Merawat Anak yang Mengidap Diabetes

Menghadapi diabetes pada anak tentu tidak mudah. Namun, tak berarti mustahil dilakukan. Simak dulu 4 tips cerdas saat mengasuh anak dengan diabetes berikut.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Diabetes, Health Centers 13/11/2019 . 7 mins read

Mengulik Bahaya Gaya Hidup “Mager” Warga Kota dan Efeknya Pada Risiko Diabetes

Gaya hidup sedentari menyebabkan masyarakat, terutama penduduk kota, malas gerak. Anda harus segera mengubah kebiasaan ini kalau tidak mau terkena diabetes.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Diabetes, Health Centers 24/08/2019 . 5 mins read

Direkomendasikan untuk Anda

diabetesi

Tunda Dulu ke Rumah Sakit Selama Wabah, Ini Tips untuk Diabetesi Selama di Rumah

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Dipublikasikan tanggal: 30/04/2020 . 4 mins read
camilan untuk penderita diabetes

Apa Saja Camilan yang Boleh Dimakan Penderita Diabetes dalam Sehari?

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Dipublikasikan tanggal: 24/04/2020 . 3 mins read
vitamin b untuk penderita diabetes

Ini Pentingnya Vitamin B untuk Diabetesi

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Dipublikasikan tanggal: 17/04/2020 . 4 mins read
pengaruh sensitivitas insulin

Pemanis Buatan dan Karbohidrat Ternyata Memengaruhi Sensitivitas Insulin

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Dipublikasikan tanggal: 31/03/2020 . 4 mins read