Inilah Kenapa Vitamin A Sangat Penting untuk Penderita Diabetes

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Kalau ditanya soal fungsi vitamin A bagi tubuh, Anda mungkin secara otomatis menjawab untuk menjaga kesehatan mata. Hal ini memang benar. Akan tetapi, vitamin A rupanya tidak cuma penting untuk merawat mata sehat. Sejumlah penelitian berhasil membuktikan kalau vitamin A punya peran penting bagi orang yang mengidap diabetes tipe 2 atau kencing manis.  

Untuk melihat lebih jelas soal fungsi vitamin A bagi pengidap diabetes tipe 2, langsung simak ulasan lengkap di bawah ini.

Mengenal diabetes tipe 2 (kencing manis)

Sebelum mempelajari fungsi vitamin A lebih jauh, Anda harus memahami dulu apa itu diabetes. Diabetes tipe 2 atau kencing manis terjadi ketika tubuh Anda tidak dapat menggunakan insulin dengan baik. Insulin sendiri adalah hormon yang bertanggung jawab untuk mengendalikan kadar gula (glukosa) dalam sel-sel tubuh.

Tanpa hormon insulin yang optimal, kadar gula di dalam darah Anda bisa langsung melonjak. Kondisi inilah yang disebut sebagai diabetes tipe 2.

Fungsi vitamin A bagi pengidap diabetes tipe 2

Menurut berbagai penelitian terbaru, kekurangan vitamin A ternyata sangat berpengaruh terhadap risiko penyakit diabetes. Ternyata hal ini karena vitamin A berperan penting dalam produksi insulin dalam tubuh.

Hormon insulin dihasilkan oleh sel-sel beta yang terdapat di organ pankreas. Kalau sel beta pankreas tidak berfungsi dengan baik, produksi insulin pun akan terhambat.

Sebuah penelitian dalam Endocrine Journal tahun 2017 menguak bahwa kalau tubuh tidak mendapatkan asupan vitamin A, produksi insulin bisa berkurang hingga 30 persen. Ini lantaran vitamin A bertanggung jawab untuk mendorong berbagai aktivitas sel beta pankreas.

Jadi secara sederhana, kekurangan vitamin A akan menghambat produksi insulin oleh sel beta pankreas. Kalau tubuh tidak mendapat cukup insulin, gula darah pun naik.

Selain itu, vitamin A juga berfungsi sebagai antioksidan dalam tubuh. Antioksidan bertugas untuk melawan radikal bebas. Radikal bebas sendiri bisa menyebabkan kerusakan sel-sel sehingga pengidap diabetes jadi lebih rentan mengalami berbagai komplikasi. Maka, fungsi vitamin A memang sangat penting buat Anda yang mengidap diabetes.  

Sumber vitamin A untuk pengidap diabetes

Anda bisa mendapatkan asupan vitamin A harian dari berbagai bahan pangan alami seperti sayur dan buah. Vitamin A dalam jumlah tinggi bisa ditemukan misalnya dalam ubi, wortel, kangkung, bayam, kembang kol, brokoli, paprika, cabai merah, daun selada, dan mangga. Selain itu, hati sapi dan telur juga cukup tinggi kadar vitamin A-nya.

Perlukah mengonsumsi suplemen vitamin A?

Selalu konsultasikan dulu dengan dokter Anda sebelum mengonsumsi suplemen apa pun. Apalagi kalau Anda mengidap kondisi khusus seperti diabetes tipe 2. Pasalnya, kebanyakan vitamin A dari suplemen bisa memberikan efek samping seperti osteoporosis.

Sedangkan hingga saat ini belum ada laporan overdosis vitamin A dari bahan pangan alami. Oleh karena itu, sebaiknya Anda memang menambah asupan vitamin A dari sayur dan buah segar saja.

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca