Panduan Menjalani Diet Indeks Glikemik untuk Turun Berat Badan dan Menurunkan Gula Darah

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 15/11/2019 . 3 menit baca
Bagikan sekarang

Anda ingin berdiet, tapi bingung mau menerapkan diet yang mana? Pernah mencoba diet indeks glikemik rendah? Diet ini dipercaya dapat membantu menurunkan berat badan dan mengendalikan kadar gula darah. Lalu sebenarnya apa sih diet indeks glikemik itu? Apa saja manfaatnya?

Apa itu diet indeks glikemik rendah?

Prinsip utama dari diet indeks glikemik rendah adalah memilih-milih makanan atau minuman yang kadar indeks glikemiknya sedikit. Indeks glikemik sendiri diartikan sebagai tingkat kecepatan suatu makanan diubah menjadi gula di dalam tubuh. Semakin cepat makanan tersebut berubah menjadi gula, maka kadar indeks glikemiknya tinggi dan begitu pun sebaliknya.

Makanan yang mengandung indeks glikemik yang tinggi sebaiknya dihindari oleh para penderita diabetes, karena akan memengaruhi kadar gula darah mereka. Oleh karena itu, diet indeks glikemik rendah memang sangat cocok bagi orang yang memiliki riwayat diabetes.

Selain dapat mengendalikan gula darah, diet ini mampu membuat berat badan Anda turun. Dalam beberapa penelitian disebutkan bahwa kelompok orang yang mengonsumsi makanan yang rendah glikemiks, mengalami penurunan berat badan yang lebih banyak ketimbang yang tak memedulikan indeks glikemik pada makanannya.

Bagaimana cara menjalani diet indeks glikemik rendah?

Jika Anda ingin melakukan diet ini, maka berikut adalah panduannya:

  • Tidak mengonsumsi makanan yang mengandung indeks glikemik rendah yang memiliki nilai lebih dari 70, seperti roti putih, nasi putih, kentang, biskuit, dan berbagai makanan serta minuman manis.
  • Batasi makanan yang mengandung indeks glikemik sedang dengan skala antara 56-69, contohnya kacang tanah, kacang polong, wortel, kacang merah, susu, jagung, pisang.
  • Perbanyak makanan yang memang mengandung indeks glikemik rendah dengan nilai kurang dari 50, seperti sayur-sayuran, berbagai jenis buah-buahan, gandum, dan nasi merah.

Apakah cukup jika hanya menerapkan diet indeks glikemik rendah?

Bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan dengan cepat, maka sebenarnya diet ini tak terlalu bisa menolong Anda. Meski memang berdampak pada penurunan berat badan, namun efek diet ini tak secepat jika Anda menerapkan diet rendah lemak atau diet yang lainnya.

Lalu bagaimana jika Anda ingin berat badan cepat turun dengan menerapkan diet ini? Anda bisa mengakalinya dengan menyatukan beberapa diet tersebut ke dalam perencanaan makan Anda. Misal, Anda menerapkan diet indeks glikemik rendah bersamaan dengan diet rendah lemak atau rendah garam.

Hal tersebut tentunya akan membuat Anda semakin dekat dengan tujuan akhir, yaitu mendapatkan berat badan yang ideal. Selain itu, menggabungkan diet-diet sehat dengan tetap mempertimbangkan kebutuhan tubuh adalah cara yang paling tepat untuk membuat tumpukan lemak Anda pergi dan tubuh menjadi sehat. Lakukan beberapa hal berikut seiring dengan penerapan diet indeks glikemik, bila Anda ingin cepat mendapatkan berat badan yang ideal:

  • Mengatur dengan jadwal dan porsi makan yang sesuai.
  • Kurangi gula, garam, dan lemak.
  • Perbanyak mengonsumsi buah dan sayuran sebagai sumber serat.
  • Hindari makanan dan minuman kemasan.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Kenapa Kita Merasa Mual Saat Sedang Gugup?

Saat harus tampil di depan umum atau mau kencan pertama, tiba-tiba perut jadi sangat mual karena gugup. Mengapa bisa begitu dan bagaimana cara mengatasinya?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Fakta Unik 21/06/2020 . 6 menit baca

10 Makanan Terbaik untuk Anda yang Cepat Lapar

Anda sering merasa lapar atau ingin mengunyah sesuatu meski sudah makan? Sudah saatnya mencoba menu makanan berikut ini agar Anda tidak cepat lapar.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Nutrisi, Hidup Sehat 21/06/2020 . 5 menit baca

9 Makanan yang Ampuh Mengusir Perut Kembung

Perut kembung atau begah pasti sangat mengganggu. Untuk segera meredakan rasa tidak nyaman, siapkan berbagai makanan berikut untuk mengusir perut kembung.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Tips Sehat 20/06/2020 . 6 menit baca

Keluar dari Lubang Hitam Anda Lewat Psikoterapi

Sedang mengalami masa sulit yang seakan mengisap energi dan pikiran Anda ke dalam lubang hitam? Psikoterapi bisa membantu Anda mencari solusinya.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Psikologi 20/06/2020 . 5 menit baca

Direkomendasikan untuk Anda

gejala penyakit yang diacuhkan

8 Gejala Penyakit Berbahaya yang Sering Anda Abaikan

Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 03/07/2020 . 4 menit baca
kacang almond

Khasiat Mujarab Kacang Almond untuk Penderita Hipertensi

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 25/06/2020 . 5 menit baca
menjaga kebersihan diri

Apakah Anda Termasuk Orang yang Cukup Bersih? Cek Dulu di Sini!

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Dipublikasikan tanggal: 22/06/2020 . 5 menit baca
apa itu kolesterol

7 Hal yang Paling Sering Ditanyakan Tentang Kolesterol

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 22/06/2020 . 5 menit baca