5 Makanan yang Harus Dihindari Jika Anda Punya Kulit Berminyak

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 24/07/2020 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Memiliki jenis kulit berminyak memang tidak bisa dianggap sepele. Baik pria maupun wanita bisa saja mengalami masalah ini. Sebagian masalah yang ditimbulkan karena memiliki jenis kulit berminyak adalah masalah jerawat dan komedo. Ya, orang yang memiliki jenis kulit berminyak akan lebih rentan berjerawat apabila tidak melakukan perawatan wajah yang benar.

Selain perawatan wajah, faktor penyebab lainnya yang mempengaruhi kulit menjadi lebih berminyak dan berjerawat adalah jenis makanan yang dikonsumsi. Pemilihan makanan untuk kulit berminyak memiliki peran yang besar karena dengan mengonsumsi makanan yang tepat, Anda bisa mengontrol produksi sebum di kulit.

Lantas apa saja makanan yang harus dihindari jika punya jenis kulit berminyak?  Baca terus untuk mengetahuinya.

Pantangan makanan untuk jenis kulit berminyak

Berikut ini beberapa jenis makanan yang harus dihindari jika Anda memiliki jenis kulit yang berminyak.

1. Gorengan

Penelitian menemukan bahwa seseorang yang mengonsumsi makanan yang mengandung terlalu banyak asam lemak omega-6 akan lebih rentan berjerawat, misalnya jenis makanan yang digoreng menggunakan banyak minyak seperti kentang goreng dan kerpik. Kedua makanan tersebut memiliki jumlah asam lemak omega-6 yang tinggi dan bisa mendatangkan malapetaka bagi kulit Anda. 

Jadi jangan heran, bahwa makanan mengandung banyak lemak dan minyak akan memberikan kontribusi terbesar sebagai penyebab kulit wajah Anda berminyak.

2. Susu

Bagi Anda pecinta susu, fakta yang satu ini mau tidak mau harus Anda terima. Pasalnya mengonsumsi susu dalam jumlah yang banyak bisa memberikan dampak yang cukup besar jika Anda memiliki jenis kulit berminyak.

Produk susu ini menyebabkan timbulnya jerawat karena mengandung lemak dan meningkatkan kadar hormon sehingga mampu menyumbat pori-pori dan memicu jerawat. Jika kulit Anda sensitif terhadap hormon di dalam susu, Anda bisa beralih ke produk susu lain seperti susu almond.

3. Alkohol

Selain mampu membuat kulit kering, mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung alkohol akan membuat kulit rentan berjerawat. Hal ini dikarenakan ketika Anda mengonsumsi alkohol, indeks panas tubuh akan naik sehingga menyebabkan tubuh Anda akan lebih hangat dan mengeluarkan keringat berlebihNah, saat tubuh mengeluarkan keringat berlebih, efeknya akan menyebabkan pori-pori tersumbat yang kemudian menyebabkan jerawat.

4. Karbohidrat olahan

Makanan seperti roti bagel, nasi putih, pasta dan karbohidrat lainnya mengandung indeks glikemik yang tinggi sehingga bisa menyebabkan kenaikan signifikan pada kadar gula darah Anda. Penelitian sudah menunjukkan bahwa makanan yang mengandung indeks glikemik yang tinggi dapat menyebabkan peningkatan produksi minyak dan juga jerawat di wajah.

5. Gula

Selain mempengaruhi kondisi mood atau mental seseorang, nyatanya mengonsumsi gula berlebih juga bisa memicu kelenjar minyak untuk menghasilkan lebih banyak minyak di wajah. Hal ini dikarenakan mengonsumsi makanan yang tinggi gula meningkatkan kadar hormon dan gula darah, yang kemudian dapat menyebabkan produksi minyak berlebih. Ditambah, indeks glikemik gula cukup tinggi dan berbahaya bagi kulit.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

7 Kesalahan yang Membuat Kulit Rentan Rusak Selama Bulan Puasa

Apabila tidak dijaga dengan baik, kulit wajah Anda bisa menjadi kurang nutrisi sampai rusak saat puasa. Ketahui beberapa penyebabnya di bawah ini!

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Hari Raya, Ramadan 02/05/2020 . Waktu baca 4 menit

Penyebab Masalah Kulit Saat Karantina dan Cara Merawatnya

Meskipun kulit aman dari polusi, faktor lainnya di rumah bisa memicu masalah kulit. Ini sederet tips merawat kulit saat karantina.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Perawatan Kulit, Hidup Sehat 27/04/2020 . Waktu baca 6 menit

5 Tips Merawat Kulit Sehabis Mencuci Tangan

Mencuci tangan memang kebiasaan baik, tetapi merawat kulit setiap saat melakukannya pun tidak kalah penting agar kulit tetap bersih dan sehat. Ini caranya.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Perawatan Kulit, Hidup Sehat, Kecantikan 29/03/2020 . Waktu baca 7 menit

Mana yang Lebih Baik: Eksfoliasi Pakai Chemical Peeling atau Scrub?

Mungkin Anda bingung lebih baik pilih chemical peeling atau scrub untuk perawatan kulit. Ternyata perawatan kulit perlu menyesuaikan kondisi kulit Anda.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Perawatan Kulit, Hidup Sehat 26/03/2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

skin fasting adalah

Menilik Skin Fasting, Tren ‘Puasa’ Skincare agar Kulit Lebih Cantik

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 28/06/2020 . Waktu baca 5 menit

Tips Menjaga Kesehatan Kulit Sebelum dan Sesudah Berolahraga

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 18/06/2020 . Waktu baca 4 menit
perbedaan hydrating dan moisturizing

Apa Bedanya Skincare yang Hydrating dan Moisturizing untuk Kulit Anda?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Dipublikasikan tanggal: 08/05/2020 . Waktu baca 4 menit
glass skin

5 Langkah Wujudkan Kulit Bening Bercahaya ala Glass Skin

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Dipublikasikan tanggal: 03/05/2020 . Waktu baca 4 menit