Alasan Merawat Kulit Wajah Harus Dilakukan Sedini Mungkin

Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 3 Desember 2020 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Merawat kulit wajah sejak dini itu penting. Bagaimanapun, wajah merupakan aset tubuh yang sangat penting. Dengan kulit wajah yang sehat, maka polutan penyebab penyaki bisa terhindarkan.

Sejak kapan baiknya kita mulai perawat kulit wajah? Tentu jawabannya sejak dini, yaitu mulai dari remaja. Perawatan kulit yang dilakukan sejak dini menjadi investasi Anda di masa tua nanti.

Risiko ketika kita tak merawat kulit wajah sejak dini

Merupakan keinginan setiap orang ingin selalu tampil muda di usia berapapun. Sayangnya, keinginan itu tidak bisa selalu terwujud karena kini ada masalah penuaan dini yang bisa mengganggu penampilan kita.

Melansir Everyday Health 90% penyebab penuaan dini adalah faktor radiasi sinar matahari dan asap rokok. Karena itu, dua faktorr tersebut perlu kita cegah dengan perawatan sejak remaja.

Mungkin saja di awal usia 20an, kita tak terlalu cemas mengenai kondisi kulit saat ini. Seakan semuanya terasa baik-baik saja, tanpa melakukan rangkaian perawatan kulit tertentu. Namun ingatlah, menjaga kulit tetap bersinar di usia 20 hingga seterusnya merupakan investasi jangka panjang dalam hidup. 

Debra Jaliman, seorang dermatologis dan asisten profesor klinis dari Mount Sinai School of Medicine di New York mengatakan, membiarkan kulit tidak terawat bisa mengakumulasi masalah kulit. Misalnya, tidak melakukan eksfoliasi kulit dapat menumpuk sel kulit mati, sehingga kesehatan kulit tidak terjaga.

Efek yang timbul ketika kita malas mengeksfoliasi adalah kulit jadi lebih kusam. Padahal, kulit butuh beregenerasi.

Selain itu, jika seseorang tak merawat kulit wajah sejak dini, dapat meningkatkan risiko penuaan dini. Lebih lanjut, kulit juga rentan dehidrasi dan memperbesar risiko kanker kulit akibat radiasi sinar UV.

Masalah kulit ini bisa jadi tak Anda alami sekarang, tetapi mungkin saja terjadi pada kemudian hari. Oleh karena itu, penting untuk melakukan perawatan kulit seawal mungkin.

Manfaat merawat kulit sejak dini untuk kesehatan tubuh

langkah perawatan kulit

Tidak ada yang sia-sia ketika Anda mulai menjaga kesehatan kulit sejak sekarang. Salah satu manfaat yang diperoleh merawat kulit sejak dini adalah Anda bisa terhindar dari penuaan dini.

Bagaimanapun, kulit merupakan organ terluar dari tubuh manusia. Kulit memberikan perlindungan untuk organ internal tubuh dengan berjuang melawan polutan, sinar UV, dan mikroorganisme penyebab penyakit.

Oleh karenanya, penting untuk merawat kulit Anda selagi masih ada waktu. Mengaplikasikan sunscreen yang memberikan proteksi terhadap sinar UVA dan UVB dengan minimal SPF 30 merupakan salah satu upaya mudah untuk merawat kulit wajah dan tubuh. 

Ketika kesehatan kulit terjaga, tentu akan mengurangi mikroorganisme yang masuk ke dalam kulit. Dengan demikian, kulit sehat dan terhindar dari jerawat dan iritasi.

Menurut National Institute of Arthritis and Muscloskeletal and Skin Diseases, menjaga kulit sehat artinya juga menjaga tubuh kita dari beragam bakteri yang bisa membahayakan otot, internal organ, bahkan tulang kita.

Sehingga dapat dikatakan menjaga kulit sehat selalu juga membawa manfaat untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Sejak kapan sebaiknya Anda memulai perawatan kulit wajah?

perawatan kulit

Ada baiknya seseorang mulai merawat kulit wajah dan tubuhnya di pra-remaja. Kulit yang sehat juga membuat wajah tampak lebih berseri. Melakukan perawatan rutin juga dapat mencegah dan menyembuhkan pertumbuhan jerawat, serta komedo.

Untuk di usia muda, ada tiga perawatan wajah dasar yang perlu dilakukan, yakni:

 1. Cuci wajah

Merawat kulit wajah dapat dimulai secara mudah dengan menjaga kebersihannya. Jerawat tumbuh karena keringat, kotoran, minyak. Lebih baik, cuci wajah dengan sabun cuci muka setiap pagi dan malam sebelum tidur. 

2. Aplikasikan obat penghilang jerawat

Setelah mencuci muka, jangan lupa untuk mengeringkan wajah dengan handuk. Lalu pakai krim untuk menyembuhkan jerawat. Anda bisa membelinya di apotek atau berdasarkan rekomendasi dokter kulit langganan. Jangan lupa baca instruksinya sebelum pemakaian. Bila tak ada jerawat, silakan lompati langkah ini dan beralih ke langkah selanjutnya.

3. Pakai pelembap

Sabun cuci muka dan perawatan jerawat kerap membuat kulit jadi lebih kencang dan kering. Penting untuk memakai pelembap setiap hari untuk menjaga kelembutan kulit, serta mencegahnya kusam.

Pilih produk yang bersifat noncomedogenic atau bebas minyak, sehingga pelembap bisa menyehatkan kulit dan tak menyumbat pori-pori.

Semakin bertambah usia, Anda juga perlu semakin detail dalam merawat kulit wajah dan tubuh. Terutama pada usia 20an, ada 4 rangkaian perawatan kulit yang perlu diterapkan dalam menjaga kesehatan kulit, yakni pembersih wajah, eksfoliator, pelembap, dan sunscreen. 

Saat beraktivitas, tentu para perempuan memoleskan makeup ke wajahnya. Meskipun seharian kulit terlindung pelembap dan makeup, jangan lupa untuk tetap menghapusnya hingga bersih sebelum tidur.

Empat langkah tersebut ibarat wajib hukumnya untuk Anda, sehingga kulit dapat terjaga dan mampu menjalankan fungsinya secara optimal.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Mengenal Alpha Arbutin, Bahan Andalan untuk Produk Perawatan Kulit

Alpha arbutin adalah pilihan yang aman untuk Anda yang ingin mencerahkan kulit wajah. Apa saja manfaat dari alpha arbutin untuk wajah?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Shylma Na'imah
Perawatan Kulit, Kesehatan Kulit 9 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit

Fungsi Produk Skincare dan Urutan Pemakaiannya Secara Umum

Kira-kira, berapa lama produk skincare akan menunjukkan hasil dan perubahan pada kulit wajah Anda? Untuk tahu jawabannya, simak artikel berikut ini.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Shylma Na'imah
Perawatan Kulit, Kesehatan Kulit 9 Desember 2020 . Waktu baca 10 menit

3 Cara Terbaik untuk Mengobati Gusi Turun yang Mengganggu

Gusi turun tak boleh dianggap remeh karena bisa menyebabkan masalah gigi yang lebih parah. Sebelum terlambat, ketahui cara mengatasi gusi turun berikut ini.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Gigi dan Mulut 7 Desember 2020 . Waktu baca 5 menit

6 Tanda Pasangan Anda Selingkuh

Sikap pasangan yang berubah drastis bisa menjadi tanda-tanda bahwa ia sedang selingkuh. Apa saja tanda-tanda yang bisa diperhatikan?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Kesehatan Mental, Hubungan Harmonis 22 November 2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

cara menakar porsi makan

Cara Praktis Menakar Porsi Makan untuk Menjaga Berat Badan

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 24 Februari 2021 . Waktu baca 6 menit
Obat Pencegah Kehamilan Tradisional

Cegah Kehamilan Tanpa Kontrasepsi Medis dengan 6 Pilihan Makanan Ini

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fajarina Nurin
Dipublikasikan tanggal: 27 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit
mengatasi keringat dingin

Memahami Gejala, Penyebab, dan Cara Mengatasi Keringat Dingin

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Dipublikasikan tanggal: 26 Desember 2020 . Waktu baca 6 menit
scrub matcha dari bahan alami

Ragam Scrub dari Bahan Alami yang Bagus dan Bikin Glowing

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 9 Desember 2020 . Waktu baca 6 menit