home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

6 Nutrisi Penting yang Baik untuk Menjaga Kecantikan Kulit Wajah

6 Nutrisi Penting yang Baik untuk Menjaga Kecantikan Kulit Wajah

Anda mungkin sudah tahu tiga cara dasar terbaik yang bisa bikin kulit yang senantiasa awet muda. Antara lain, melindungi kulit Anda dari sinar radiasi matahari, jangan merokok, dan makan makanan sehat. Sebagai tambahan, ada juga berbagai jenis vitamin kecantikan yang kandungannya bagus untuk kesehatan kulit wajah. Apa saja itu? Mari simak di bawah ini:

Berbagai jenis vitamin kecantikan yang baik untuk kulit wajah

1. Vitamin C, E, dan selenium

Penelitian telah membuktikan bahwa vitamin C dan E, dan selenium, dapat membantu perlindungan ekstra untuk kulit Anda dari kerusakan akibat sinar radiasi matahari dan risiko terkena kanker kulit.

Kandungan pada vitamin kecantikan ini bahkan didapuk bisa mengatasi flek hitam dan keriput yang sering ditandai sebagai tanda-tanda penuaan. Sedangkan antioksidan di dalamnya bekerja untuk mempercepat proses pemulihan alami kulit dan mencegah kerusakan kulit lebih lanjut.

Berdasarkan Angka Kebutuhan Gizi (AKG), Anda dianjurkan untuk mengonsumsi vitamin C sebanyak 1.000-3.000 miligram, vitamin E sebesar 400 IU (dalam bentuk D-alpha-tocopherol), dan 100-200 mikrogram selenium (l-selenomethionine). Ini dilakukan demi mendapatkan manfaat optimalnya, terutama untuk kesehatan kulit.

2. Coenzyme Q10

Coenzyme Q10 adalah antioksidan natural dalam tubuh yang membentuk pertumbuhan sel dan melindunginya dari bahaya kanker. Penurunan kadar Coenzyme Q10 alami yang muncul pada usia lanjut sering diduga sebagai hasil dari penuaan kulit.

Sebuah studi menemukan bahwa mengoleskan krim yang mengandung Coenzyme Q10 pada kulit wajah akan membantu mengurangi keriput. Kebanyakan uji coba menggunakan dosis sebanyak 0.3%.

3. Asam Alpha-lipoic

Asam Alpha-lipoic merupakan salah satu jenis antioksidan sintetis dalam vitamin kecantikan yang sering diproduksi dalam bentuk krim. Fungsi antioksidan ini membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Peneliti menyarankan dosis asam alpha lipoic sebanyak 3% – 5% dalam beberapa hari sekali. Anda bisa meningkatkan dosisnya menjadi sehari satu kali jika ada perkembangan baik di kulit Anda.

4. Asam Retinoat

Asam retinoat adalah bentuk aktif dari vitamin A yang ada di dalam kulit. Kandungan ini merupakan “ratunya” pada produk skincare anti-aging. Krim asam retinoat berfungsi untuk memperbaiki keriput, flek hitam, dan kulit kasar yang diakibatkan oleh ekspos sinar matahari berlebihan.

Dalam studi yang dipublikasikan dalam Journal of Dermatological Science, peneliti menemukan bahwa penanganan dengan asam retinoat terbukti mengembalikan jaringan elastis yang menyatukan jaringan kulit, dan mengurangi penampakan keriput.

Asam retinoat tersedia dalam gel dan krim, biasanya digunakan sekali dalam sehari. Walaupun para dermatolog awalnya menganggap asam retinoat membuat kulit tambah sensitif terhadap matahari, mereka kini menemukan bahwa yang terjadi justru sebaliknya. Asam retinoat mampu melindungi kulit dari kerusakan lebih parah akibat sinar matahari.

Terlalu sering mengoleskan asam retinoat dalam dosis tinggi dapat mengakibatkan kulit menjadi merah, sangat kering, hingga terkelupas. Disarankan untuk mulai dari dosis rendah sampai ke dosis yang sesuai dengan kebutuhan kulit.

5. Flavonoid (dari green tea dan cokelat)

Banyak riset yang membuktikan bahwa kandungan flavonoid dalam green tea atau coklat adalah antioksidan yang kuat dan bisa melindungi kulit dari kanker serta peradangan. Sebuah studi menemukan, bahwa wanita yang mengonsumsi minuman cokelat hangat dengan konsentrasi flavonoid yang tinggi secara rutin selama 3 bulan mempunyai kulit yang lebih halus dan lembut dibanding dengan wanita yang mengonsumsi minuman yang sama tapi dengan konsentrasi flavonoid yang rendah.

Lalu, studi lainnya menemukan bahwa wanita yang kulitnya diolesi dengan ekstrak green tea akan lebih terlindungi dari efek paparan sinar matahari. Walaupun tampak menjanjikan, namun dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan jika flavonoid memang bekerja sembari menentukan dosis yang tepat.

6. Vitamin B

Vitamin B merupakan salah satu kandungan vitamin kecantikan yang sangat penting untuk sel-sel dalam tubuh, termasuk sel kulit. Ini bisa Anda dapat dengan mudah di dalam makananseperti ayam, telur, dan padi-padian. Kekurangan vitamin B dapat menyebabkan kulit yang kering dan gatal. Riset menunjukkan bahwa beberapa vitamin B memberikan hasil yang lebih baik jika dioleskan langsung ke kulit.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Novita Joseph Diperbarui 21/04/2021
Ditinjau secara medis oleh dr Tania Savitri
x