6 Jenis Psoriasis di Dunia, dari yang Ringan Hingga Parah

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 27/03/2020 . Waktu baca 8 menit
Bagikan sekarang

Psoriasis adalah penyakit autoimun yang menyebabkan kulit kemerahan dan ditumbuhi bercak tebal bersisik berwarna putih keperakan. Selain itu, psoriasis juga dapat menyebabkan kulit terasa gatal dan nyeri. Gejala psoriasis ini muncul akibat pertumbuhan sel-sel kulit baru yang terlalu cepat sehingga menumpuk di permukaan kulit. Psoriasis itu sendiri terdiri dari beberapa jenis dengan kemunculan gejala tambahan yang khas serta tingkat keparahan penyakit yang berbeda-beda. Berikut penjelasan lebih lengkapnya.

Apa saja jenis psoriasis?

komplikasi psoriasis

Setiap orang yang memiliki psoriasis mungkin saja terdampak lebih dari satu jenis, tapi kebanyakan hanya mengalami kekambuhan gejala dari salah satunya pada satu waktu. Artinya, gejala dari dua macam psoriasis yang berbeda tidak biasanya datang bersamaan sekaligus.

Namun kadang setelah gejala hilang, kemunculan gejala psoriasis satunya dapat muncul sebagai respon terhadap pemicu.

Berdasarkan klasifikasi National Psoriasis Foundation, berikut beberapa jenis mulai dari yang ringan hingga paling parah.

1. Psoriasis plak

Jenis psoriasis plak atau dikenal juga sebagai psoriasis vulgaris adalah yang paling umum di dunia. Sekitar 80-90% dari total kasus psoriasis secara umum memperlihatkan gejala psoriasis vulgaris.

Tingkat keparahan psoriasis ini cenderung ringan hingga sedang.

Gejala

Gejala psoriasis plak bisa berbeda pada setiap orang. Jenis ini umumnya ditandai dengan kemunculan lesi (kulit pecah) berupa plak atau bercak merah pada kulit yang ditutupi oleh sisik kering tipis berwarna putih keperakan.

Gejala umum lainnya antara lain:

  • Kulit yang menebal
  • Kulit kering dan pecah-pecah hingga berdarah
  • Rasa gatal dan perih terbakar pada area yang terkena
  • Area kulit yang berwarna gelap bisa bertambah gelap, berubah warna menjadi abu-abu keunguan atau coklat gelap.
  • Ukuran plak atau bercak beragam, mulai dari sebesar koin hingga seukuran telapak tangan.

Gejala psoriasis plak terdistribusi secara simetris pada bagian kulit tertentu, paling sering adalah siku dan lutut. Bisa juga muncul di kulit kepala, psoriasis pada kuku, dan di kulit punggung bawah.

Pengobatan

Pilihan pengobatan meliputi terapi sinar ultraviolet (UV), krim atau salep, dan pelembab untuk memperlambat pertumbuhan kulit. Dokter juga mungkin memberikan obat oral jika pengobatan lainnya tidak berhasil.

2. Psoriasis kulit kepala

Psoriasis pada kulit kepala berbeda dari eksim seboroik (eksim di kulit kepala).

Menurut American Academy of Dermatology (AAD), sebanyak 50 persen orang yang mengalami psoriasis di bagian tubuh mana pun rentan mengalami gejala di kulit kepala. Ini artinya, jenis psoriasis yang terjadi entah itu di siku, lutut, atau kuku, juga berisiko memunculkan gejala sama di kulit kepala.

Gejala

Psoriasis ini tidak hanya muncul di kulit kepala, tapi bisa juga muncul di dahi atau bagian belakang kepala, dan menyebar ke leher atau belakang telinga. Seseorang dengan psoriasis pada kulit kepala dapat memiliki psoriasis pada bagian tubuh lainnya pada saat bersamaan.

Gejala lain dari psoriasis kulit kepala meliputi:

  • Kulit tebal berwarna merah di kulit kepala
  • Kulit kepala terkelupas
  • Gatal dan kulit kepala berdarah
  • Kulit kepala kering
  • Rambut rontok sementara selama kekambuhan gejala

Pengobatan

Pengobatan psoriasis kulit kepala sering melibatkan kombinasi lebih dari satu metode secara berbarengan. Pilihan pengobatan untuk psoriasis di kepala meliputi sampo khusus psoriasis, obat topikal dan salep, suntikan, hingga terapi sinar UV (fototerapi) pada kulit kepala.

3. Psoriasis guttata

Psoriasis guttata adalah jenis psoriasis yang mulai muncul pada usia anak-anak sampai remaja atau dewasa muda. Menurut National Psoriasis Foundation, sekitar 8 persen penderita psoriasis seiring waktu cenderung mengalami psoriasis gutata.

Gejala

Gejala paling umum adalah kemunculan bintik-bintik merah kecil (pustula) yang menyebar merata di permukaan kulit. Tekstur bintik tidak setebal plak pada psoriasis vulgaris.

Gejala psoriasis gutata paling sering muncul pada bagian depan tubuh, mulai dari dada, lengan, dan kaki. Pada beberapa kasus, pustula bisa terdistribusi lebih luas pada bagian wajah, telinga, dan kulit kepala.

Gejala psoriasis guttata bisa muncul secara tiba-tiba kemudian berkembang dengan cepat pada area kulit yang terdampak. Bentuk psoriasis ini paling sering muncul setelah terjadi infeksi pada kulit, seperti akibat infeksi bakteri streptococcus, atau infeksi virus cacar air. 

Pengobatan

Kebanyakan dokter menganggap obat topikal sangat efektif untuk psoriasis guttata.

Namun, karena psoriasis ini menimbulkan begitu banyak bintik kecil, durasi waktu terapi dapat memakan waktu lebih lama dan butuh ketelitian tinggi. Maka itu, pengobatan topikal lebih direkomendasikan untuk ruam pada area yang lebih kecil.

Pilihan pengobatan lainnya termasuk terapi kulit yang terfokus. Dokter jarang menggunakan obat-obatan yang memengaruhi seluruh tubuh untuk psoriasis ini.

4. Psoriasis inversa

Psoriasis inversa adalah jenis yang memunculkan ruam merah di lipatan kulit, seperti di ketiak dan pangkal paha, di bawah payudara, tengkuk leher, di belakang lutut, hingga bokong dan penis.

Bentuk psoriasis ini tidak umum terjadi, tapi bisa menyerang siapa saja termasuk anak-anak dan bayi. Orang dengan psoriasis inversa sering memiliki gejala psoriasis lain di tempat lain di tubuh.

Gejala

Tidak seperti psoriasis pada umumnya yang membuat kulit kering dan bersisik, lesi kulit yang disebabkan psoriasis inversa bertekstur halus dan licin. Plak memiliki bentuk lebar dengan sisi yang membulat.

Tekstur plak pada psoriasis inversa berbeda dengan bentuk plak psoriasis lainnya disebabkan karena plak muncul pada bagian kulit dengan permukaan yang lebih lembab. Meskipun begitu plak juga bisa muncul pada area kulit yang mengerak, seperti pada penis.

Pengobatan

Area tubuh yang paling sering terkena psoriasis inversa cenderung cukup sensitif dan memiliki kulit lebih tipis dibanding daerah lainnya. Hal ini bisa membuat penanganan psoriasis jenis ini lebih sulit.

Krim steroid dan salep merupakan pengobatan yang efektif, namun risiko efek samping yang ditimbulkan akan lebih tinggi karena ketipisan pada kulit.

5. Psoriasis pustulosa

Psoriasis pustulosa adalah jenis yang ditandai dengan kemunculan bintil berwarna putih mengandung nanah yang dikelilingi ruam kulit merah. Nanah dalam bintil pustula berisi sel-sel darah putih, tapi tidak menandakan infeksi dan tidak menular.

Gejala

Lepuh yang disebabkan oleh psoriasis pustular dapat dibatasi pada satu area tubuh atau juga bisa di seluruh tubuh. Sebelum lepuhan muncul, kulit cenderung memerah. Begitu lepuh telah hilang, kulit bisa menjadi bersisik.

Jenis psoriasis pustular spesifik yang disebut pustulosis palmoplantar menyebabkan lepuh terbentuk di telapak tangan dan telapak kaki. Lepuhan dapat berbetuk pola dan seiring waktu, lepuhan ini akan menjadi kerak berwarna coklat.

Pengobatan

Pilihan pengobatan untuk psoriasis ini adalah obat oral (seperti acitretin dan methotrexate) atau terapi cahaya. Terapi bertujuan mengurangi risiko efek samping dan membersihkan daerah kulit yang terkena.

Psoriasis pustular yang hanya menyerang satu area tubuh bisa diobati dengan salep.

6. Psoriasis eritrodermik

Psoriasis eritrodermik adalah jenis yang paling parah dan bisa mengancam nyawa. Psoriasis ini menutupi hampir seluruh tubuh dengan ruam merah yang mengelupas dan terasa sangat menyakitkan. Penampakannya terlihat seolah-olah disebabkan oleh luka bakar.

Gejala

Gejala psoriasis eritrodermik cenderung sangat serius. Mereka mungkin termasuk kombinasi gejala seperti:

  • kulit merah yang meradang dan mengelupas
  • kulit terlihat seperti luka bakar
  • gatal parah, nyeri, dan panas seperti terbakar
  • denyut jantung lebih cepat
  • demam
  • bengkak di kaki atau pergelangan kaki

Orang yang memiliki psoriasis eritrodermik rentan terhadap infeksi. Mereka mungkin juga mengalami masalah serius lainnya, termasuk gagal jantung dan pneumonia.

Pengobatan

Tidak seperti pada kasus psoriasis lainnya, krim topikal bukanlah pengobatan utama. Orang dengan psoriasis eritrodermik biasanya memerlukan perawatan di rumah sakit.

Jenis psoriasis ini membutuhkan obat-obatan yang memengaruhi kerja seluruh tubuh.

Konsultasi ke dokter untuk pastikan jenis psoriasis Anda

Penyebab psoriasis sebenarnya masih belum diketahui secara pasti. Sejauh ini, kemunculan jenis psoriasis serta gejala yang dialami seseorang dilaporkan berkaitan dengan gangguan sistem imun dan faktor genetik.

Tingkat keparahan penyakit secara umum juga ditentukan dari berapa banyak bagian tubuh yang terdampak oleh psoriasis. Psoriasis digolongkan ringan ketika memengaruhi kurang dari 3 persen luas kulit tubuh, dan taraf sedang memengaruhi sekitar 3-10 persen luas kulit. Psoriasis sudah dikatakan berat atau parah ketika lebih dari 10 persen kulit tubuh terdampak oleh gejalanya. 

Maka itu, konsultasi ke dokter dapat membantu Anda memastikan jenis psoriasis beserta gejala dan pemicunya. Anda pun dapat mempermudah dokter merencanakan pengobatan yang tepat sasaran.

Menjalani pengobatan medis dapat mengendalikan psoriasis dan perawatan kulit yang telaten dapat membantu menjaga kesehatan kulit secara keseluruhan

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Penanganan Psoriasis Arthritis dengan Tips Menjalani Hidup Sehat

Psoriasis arthritis memicu berbagai gejala mengganggu. Meski tidak bisa disembuhkan, ada cara yang bisa dilakukan untuk penanganan psoriasis arthritis.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Hidup Sehat, Tips Sehat 23/05/2020 . Waktu baca 4 menit

Salep Apa yang Baik untuk Mengatasi Gatal Cacar Air?

Obat oles seperti salep dapat digunakan untuk membantu mengatasi rasa gatal akibat cacar air. Bagaimana cara penggunaannya yang efektif?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Fidhia Kemala
Penyakit Kulit, Health Centers 22/05/2020 . Waktu baca 6 menit

6 Pilihan Salep yang Ampuh Redakan Gejala Psoriasis

Pemakaian salep secara rutin efektif meredakan gejala psoriasis yang mengganggu. Namun, salep dengan kandungan apa yang paling ampuh untuk psoriasis?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Fidhia Kemala
Penyakit Kulit, Health Centers 25/04/2020 . Waktu baca 6 menit

Pilihan Obat Biduran untuk Anak yang Aman

Anak Anda mengalami ruam merah dan gatal secara tiba-tiba? Bisa jadi itu biduran. Ketahui beberapa jenis obat biduran anak yang diperbolehkan.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Kesehatan Anak, Parenting, Hidup Sehat 30/03/2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

penyakit mata pada psoriasis

Komplikasi Penyakit Mata yang Biasa Terjadi pada Pasien Psoriasis

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Dipublikasikan tanggal: 19/06/2020 . Waktu baca 4 menit
terapi untuk psoriasis arthritis

Pilihan Terapi Alternatif untuk Bantu Meringankan Psoriasis Arthritis

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Dipublikasikan tanggal: 13/06/2020 . Waktu baca 4 menit
gatal karena kulit kering

Kulit Kering Bikin Gatal? Begini Cara Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Rizki Pratiwi
Dipublikasikan tanggal: 01/06/2020 . Waktu baca 5 menit
obat pemicu psoriasis

Punya Psoriasis? Waspada, 5 Obat Ini Bisa Jadi Pemicu Gejalanya Makin Parah

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Fidhia Kemala
Dipublikasikan tanggal: 26/05/2020 . Waktu baca 4 menit