Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya
ask-doctor-icon

Tanya Dokter Gratis

Kirimkan pertanyaan atau pendapatmu di sini!

Daftar Pantangan Makanan yang Patut Diperhatikan oleh Penderita Psoriasis

    Daftar Pantangan Makanan yang Patut Diperhatikan oleh Penderita Psoriasis

    Psoriasis adalah kelainan kulit kronis yang membuat tubuh memproduksi lebih banyak sel kulit secara tak terkendali. Supaya tak kambuh, sebaiknya perhatikan daftar pantangan penderita psoriasis berikut ini.

    Pentingnya jaga pola makan untuk penderita psoriasis

    nutrisi mencegah coronavirus

    Sebelu mengetahui beberapa makanan yang menjadi pantangan, ada baiknya penderita psoriasis mengetahui terlebih dahulu tentang makanan yang dikonsumsi dan kaitannya dengan psoriasis.

    Penyakit kulit ini tidak dapat sembuh total. Itu artinya, berbagai obat psoriasis yang dikonsumsi bertujuan untuk mengurangi keparahan gejala serta menghindari Anda dari kemungkinan kambuh yang lebih sering.

    Begitu juga dengan makanan, tidak ada satu pun yang dapat menyembuhkan penyakit psoriasis. Meski demikian, mengonsumsi makanan yang sehat akan mengurangi intensitas gejala yang Anda rasakan.

    Pasalnya, terdapat beberapa makanan pemicu peradangan yang kerap dialami oleh pasien psorasis. Ada pula beberapa makanan lain yang dapat mencegahnya. Pemilihan makanan yang tepat membantu Anda mengendalikan kekambuhan kondisinya.

    Tak hanya itu, makanan sehat juga akan menghindari Anda dari masalah obesitas. Seperti yang telah diketahui, obesitas merupakan salah satu penyebab psoriasis yang membuat seseorang lebih rentan terhadap psoriasis.

    Hal ini dikemukakan sebuah penelitian yang diterbitkan dalam JAMA Internal Medicine. Penelitian tersebut menunjukkan bahwa ukuran lingkar pinggang, lingkar pinggul, serta selisih lingkar pinggang ke pinggul yang lebih besar dapat meningkatkan risiko penyakit ini.

    Maka dari itu, ada baiknya bagi Anda untuk benar-benar mematuhi pantangan bila ingin proses penyembuhan penyakit menjadi lebih lancar.

    Berbagai Pilihan Salep yang Ampuh untuk Redakan Psoriasis

    Daftar makanan yang jadi pantangan penderita psoriasis

    Berikut berbagai pantangan makanan dan minuman bagi penderita psoriasis yang seharusnya dihindari agar gejala tidak muncul.

    1. Daging merah

    makan daging merah

    Daging merah mengandung lemak tak jenuh jamak (polyunsaturated fat) yang disebut asam arakidonat. Asam lemak yang satu ini dapat membuat gejala psoriasis makin parah karena bisa memicu radang di dalam tubuh.

    Terlalu banyak mengonsumsi daging merah juga dapat dapat meningkatkan risiko seseorang terkena berbagai penyakit serius seperti kanker, jantung, hingga gagal ginjal. Untuk itu, hindari segala jenis daging merah seperti daging sapi, kambing, dan juga kerbau.

    2. Produk susu dan olahannya

    Produk susu juga mengandung asam arakidonat, senyawa yang menjadi pemicu peradangan alami di dalam tubuh. Selain itu, susu sapi juga mengandung protein kasien yang terbukti dapat memicu peradangan.

    Untuk itu, usahakan untuk menghindari berbagai produk susu dan olahannya seperti keju dan yoghurt saat psoriasis sedang menyerang tubuh.

    3. Tanaman nightshade

    makan terong saat hamil ibu hamil makan terong

    Tanaman dari keluarga nightshade seperti cabai, terong, tomat, kentang, dan juga paprika disebut-sebut dapat memicu gejala psoriasis jadi semakin parah. Kelompok tanaman ini mengandung solanin alias senyawa kimia yang terbukti memicu rasa sakit dan peradangan.

    Beberapa orang dengan psoriasis bahkan merasa jika menghindari kelompok sayuran ini, gejala psoriasisnya justru stabil bahkan berkurang. Lain halnya ketika mengonsumsinya, kondisi peradangan di kulit sebagian orang menjadi semakin parah.

    4. Gluten

    Pada beberapa kasus, penderita psoriasis juga sensitif terhadap protein gluten yang biasa terdapat dalam roti, gandum, pasta, dan sereal. Bila orang-orang dengan kondisi ini makan makanan yang mengandung gluten, efeknya bisa memperparah gejala psorasis yang dirasakan.

    Karena alasan itulah beberapa penderita disarankan untuk tidak mengonsumsi makanan ini. Namun, hal ini kembali lagi pada kondisi masing-masing. Bila tubuh Anda tidak sensitif terhadap gluten, konsumsinya mungkin masih diperbolehkan.

    5. Makanan olahan yang dibekukan

    memanaskan makanan

    Makanan olahan yang dibekukan seperti piza dan lainnya menandakan proses pengolahan yang berlapis. Lisa Cimperman, RDN, juru bicara di Academy of Nutrition and Dietetics menyatakan bahwa proses pembuatan yang panjang dapat meningkatkan senyawa pemicu peradangan di dalam tubuh.

    Selain itu, terlalu banyak mengonsumsi makanan ini juga dapat menyebabkan obesitas, gangguan metabolisme tubuh, serta gangguan kesehatan lainnya. Pasalnya, makanan olahan mengandung banyak gula dan tepung yang diolah di dalamnya.

    6. Alkohol dan soda

    Alkohol dan soda adalah minuman yang dapat memperparah psoriasis sehingga tetap menjadi pantangan. Sebab, mengonsumsi lebih dari segelas alkohol dalam sehari dapat memperlebar pembuluh darah.

    Nantinya, pelebaran pembuluh darah ini akan memicu keluarnya sel darah putih termasuk sel limfosit T yang berperan dalam terjadinya psoriasis. Sementara soda mengandung kadar gula yang tinggi dan dapat memicu obesitas.

    Saat mengalami obesitas, ada molekul tertentu yang dikeluarkan sel lemak yang bisa membuat psoriasis makin memburuk. Selain itu, menurut para peneliti di Harvard University, gula juga dikenal dapat meningkatkan reseptor peradangan dalam tubuh.

    Makanan yang baik untuk penderita psoriasis

    manfaat bayam hijau

    Selain makanan yang menjadi pantangan, tentu ada pula berbagai makanan yang baik konsumsinya untuk penderita psoriasis. Pada dasarnya, mereka yang mengidap kondisi ini disarankan untuk menjalani diet rendah kalori dan lemak serta memakan lebih banyak makanan yang mengandung antioksidan.

    Beberapa makanan yang baik dikonsumsi untuk menggantikan asupan daging merah untuk penderita psoriasis bisa didapatkan dari ikan omega-3 seperti salmon, tuna, atau sarden. Omega-3 berfungsi menghambat peradangan yang bisa membantu jaga kondisi kesehatan.

    Antioksidan seperti vitamin C, vitamin E, dan beta karoten juga dikenal memiliki agen anti-inflamasi yang dapat membantu mencegah peradangan serta menjauhkan dari berbagai penyakit. Kandungan ini bisa Anda dapatkan dari buah dan sayuran hijau termasuk alpukat, bayam, serta kubis.

    Bila Anda masih memiliki pertanyaan seputar makanan apa saja yang boleh dikonsumsi, Anda bisa mengonsultasikannya pada dokter spesialis kulit atau ahli gizi. Mereka kemungkinan juga dapat membantu Anda dalam menyusun menu makan sehat.

    Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Sumber

    Psoriatic Arthritis: Which Foods are Triggers and Which are Suppresants? (2018). Rheumathoid Arthritis Support Network. Retrieved 17 September 2020, from https://www.rheumatoidarthritis.org/psoriatic-arthritis/diet/

    Diet and Psoriasis. (n.d.). National Psoriasis Foundation. Retrieved 17 September 2020, from https://www.psoriasis.org/dietary-modifications/

    Afifi, L., Danesh, M., Lee, K., Beroukhim, K., Farahnik, B., & Ahn, R. et al. (2017). Dietary Behaviors in Psoriasis: Patient-Reported Outcomes from a U.S. National Survey. Dermatology And Therapy, 7(2), 227-242. doi: 10.1007/s13555-017-0183-4

    Jensen, P., Zachariae, C., Christensen, R., Geiker, N., Schaadt, B., & Stender, S. et al. (2013). Effect of Weight Loss on the Severity of Psoriasis. JAMA Dermatology, 149(7), 795. doi: 10.1001/jamadermatol.2013.722

    Psoriasis and Diet: Food that Cause Flare-ups. (n.d.). Blue Cross and Blue Shiled’s Federal Employee Program. Retrieved 17 September 2020, from https://www.fepblue.org/news/2017/08/15/15/09/psoriasis-and-diet_foods-that-cause-flare-ups

    Foto Penulisbadge
    Ditulis oleh Widya Citra Andini Diperbarui Dec 23, 2020
    Ditinjau secara medis oleh dr. Patricia Lukas Goentoro
    Next article: