4 Penyebab Batuk Berdahak Pada Pagi Hari

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 15/04/2020
Bagikan sekarang

Batuk berdahak di pagi hari umumnya sering dialami para orang lanjut usia (lansia). Tidak dipungkiri juga, anak-anak atau orang dewasa juga bisa mengalaminya. Ada batuk yang hanya terjadi dalam jangka waktu sebentar, ada juga yang terjadi dalam jangka waktu yang lama. Batuk terjadi karena mekanisme pertahanan saluran pernapasan untuk mengeluarkan benda asing di dalamnya, termasuk dahak. Lalu, apa penyebab batuk berdahak di pagi hari?

Penyebab batuk berdahak di pagi hari

Batuk berdahak di pagi hari dapat terjadi karena berbagai penyebab. Kondisi ini terjadi ketika refleks batuk tertekan di waktu Anda tidur, sehingga dahak jadi menumpuk di malam hari. Akhirnya ketika terbangun di pagi hari tubuh akan bereaksi dengan menimbulkan batuk berdahak.

Kondisi lain yang bisa menyebabkan batuk berdahak di pagi hari

1. Bronkitis akut

Bronkitis akut adalah salah satu penyebab batuk yang paling umum. Parahnya lagi, hal ini biasa terjadi di pagi hari. Bronkitis akut mengacu pada kondisi pembengkakan saluran udara (bronkus) yang membesar dan disebabkan oleh infeksi virus.

Infeksi pada saluran udara dapat menyebabkan peningkatan produksi lendir. Selain batuk yang terus menerus, gejala bronkitis akut ini bisa termasuk mengi dan sesak napas. Demam juga biasa terjadi selama satu minggu atau lebih pada orang yang berbeda.

2. Pneumonia

Pneumonia adalah infeksi yang menyerang kantung udara di dalam paru-paru. Tidak seperti bronkitis akut, kebanyakan kasus pneumonia disebabkan oleh infeksi bakteri. Sedangkan kondisi yang disebabkan virus dan jamur kurang umum.

Selain batuk berdahak di pagi hari, gejala lainnya juga biasa terjadi. Antara lain termasuk demam, menggigil, sesak napas, badah lemah, dan nyeri saat bernapas. Pengobatan antibiotik merupakan cara pengobatan bakteri pneumonia. Rawat inap dan alat bantuan pernapasan lainnya mungkin diperlukan untuk penderita pneumonia berat.

3. Edema paru (paru-paru basah)

Edema paru adalah penumpukan cairan pada paru-paru. Kondisi ini juga sering disebut paru-paru basah. Cairan akan menumpuk pada kantung udara, sehingga menyebabkan sulit bernapas. Edema paru biasanya disebabkan oleh gangguan jantung, tapi ada kondisi medis lainnya yang dapat menyebabkan edema paru.

4. Kondisi lainnya

Sejumlah penyakit dan kondisi lainnya juga bisa menyebabkan Anda mengalami batuk berdahak di pagi hari. Kanker paru-paru misalnya. Kondisi ini juga bisa menyebabkan Anda terbatuk-batuk di waktu pagi. Hal ini terjadi ketika tumor atau kanker menghalangi saluran pernapasan Anda.

Selain itu, ada asma yang bisa menyebabkan Anda batuk setelah bangun tidur. Terkadang asma bisa menimbulkan batuk kering.

Konsultasikan dengan dokter Anda sesegera mungkin bila Anda mengalami batuk dahak, terutama jika gejala tidak sembuh setelah lebih dari satu minggu. Segera ke instalasi gawat darurat apabila gejala batuk dahak Anda disertai dengan tanda-tanda seperti demam tinggi, batuk darah, menggigil, sesak napas, nyeri dada, sakit kepala hebat, pingsan, lemas, tidak sadar, dan/ atau wajah pucat.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

5 Fungsi Antiseptik Cair Selain untuk Mandi

Antiseptik mampu memusnahkan atau menghambat perkembangan bakteri pada jaringan hidup. Yuk, baca 5 fungsi antiseptik cair untuk kesehatan Anda dan keluarga.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Willyson Eveiro

7 Cara Menjaga Tubuh Agar Tetap Fit Saat Puasa

Jangan sampai karena puasa Anda jadi lemas, lesu, dan mudah sakit. Simak rutinitas yang bisa dilakukan agar tetap fit saat puasa.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Hari Raya, Ramadan 09/05/2020

Kenapa Saya Sakit Perut Setelah Buka Puasa?

Pernahkah Anda sakit perut setelah buka puasa? Bisa jadi ini karena pengaruh makanan yang Anda konsumsi saat berbuka. Apa lagi sebab lainnya?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Hari Raya, Ramadan 07/05/2020

Kenapa Kita Sering Ngantuk Saat Puasa?

Penelitian menunjukkan bahwa pukul 14.00 sampai 16.00 adalah waktunya kantuk menyerang saat kita berpuasa. Kenapa sering ngantuk saat puasa?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Angga Maulana
Hari Raya, Ramadan 07/05/2020

Direkomendasikan untuk Anda

diagnosis hiv

Apa Bedanya Stres dan Depresi? Kenali Gejalanya

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 26/05/2020
mulut terasa pahit saat puasa

5 Penyebab Mulut Anda Terasa Pahit Saat Puasa

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 19/05/2020
minum madu saat sahur

Rutin Minum Madu Saat Sahur Bisa Memberikan 5 Kebaikan Ini

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 17/05/2020
buah untuk berbuka puasa

3 Buah Selain Kurma yang Baik untuk Berbuka Puasa

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Monika Nanda
Dipublikasikan tanggal: 14/05/2020