home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

5 Minuman Sehat untuk Membantu Anda Agar Tidur Nyenyak

5 Minuman Sehat untuk Membantu Anda Agar Tidur Nyenyak

Pada umumnya, masalah sulit tidur yang diakibatkan insomnia ditangani dengan perubahan pola tidur yang lebih bersih dan gaya hidup sehat. Pada kasus tertentu, orang yang mengalami insomnia mungkin butuh menjalani terapi atau minum obat tidur. Namun tahukah Anda bahwa beberapa makanan dan minuman alami yang bisa bantu Anda agar tidur nyenyak sepanjang malam? Intip di sini, yuk!

Berbagai minuman sehat yang bisa Anda agar tidur nyenyak

Minuman yang bisa Anda coba, antara lain:

1. Susu hangat

Susu mengandung senyawa aktif triptofan. Kandungan triptofan dalam susu mampu merangsang otak memproduksi hormon serotonin dan melatonin. Kedua hormon inilah yang membuat Anda merasa lebih rileks, tenang, dan cepat mengantuk. Selain itu, susu juga tinggi kalsium, yang sama-sama bisa bikin ngantuk.

Agar tidur nyenyak, ada baiknya Anda mengonsumsi susu hangat sebelum tidur. Suhu hangat bisa membantu Anda semakin merasa rileks dan santai.

2. Teh lavender dan chamomile

Menurut Marie Ruggles, seorang ahli diet seperti yang dikutip dari Reader’s Digest, teh herbal kombinasi bunga chamomile dan lavender bisa membuat Anda tidur lebih nyenyak. Teh dari bunga chamomile yang dikeringkan mengandung efek yang bisa bantu menghilangkan stres dan menenangkan pikiran. Sedangkan minyak esensial lavender bisa melemaskan saraf tegang setelah seharian beraktivitas.

Untuk membuatnya, Anda bisa menggunakan 2 kantung teh chamomile yang diseduh air hangat selama 8 menit. Lalu, aduk sambil ditambahkan 1 atau 2 tetes minyak lavender murni. Konsumsi 30-60 menit sebelum waktu tidur Anda.

3. Jus ceri

Jus ceri dipercaya bisa menjadi minuman untuk mengatasi insomnia. Dalam sebuah penelitian, penderita insomnia yang mengonsumsi dua ons jus ceri selama dua minggu bisa tidur 90 menit lebih lama daripada yang tidak minum jus sebelum tidur.

Ceri memiliki sifat antiradang yang diyakini membantu jam biologis untuk lebih baik mengatur siklus tidur Anda. Pastikan Anda mengonsumsi jus ceri murni tanpa gula tambahan.

4. Smoothies kacang almond

Kacang almond mengandung magnesium yang bekerja menenangkan sistem saraf. Efeknya, otak akan memicu pelepasan produksi serotonin dan melatonin yang membuat Anda cepat merasa ngantuk.

Cara membuatnya seperti ini: blender susu kacang almond tawar (plain) dengan potongan pisang. Pisang juga menjadi sumber makanan tinggi triptofan dan magnesium yang membantu Anda agar tidur nyenyak.

5. Teh lemon balm

Dalam sebuah penelitian yang meneliti tentang manfaat kesehatan dari buah lemon balm, salah satunya ditemukan untuk mengatasi masalah insomnia. Peneltian tersebut melaporkan 81 persen orang yang mengonsumsi teh herbal kombinasi lemon balm dan valerian dapat tidur lebih nyenyak dibandingkan orang yang hanya mengonsumsi teh placebo. Selain itu, lemon balm juga memberikan efek menenangkan dan memperbaiki mood Anda agar tidur nyenyak lagi.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

What to eat or drink to help you sleep  https://www.livestrong.com/article/505910-what-to-eat-or-drink-to-help-you-sleep/ Diakses pada 4 Januari 2018.

Natural Insomnia Remedies https://www.everydayhealth.com/sleep-pictures/0708/8-cheap-and-natural-insomnia-remedies.aspx Diakses pada 4 Januari 2018.

https://www.webmd.com/sleep-disorders/features/sleep-supplements-herbs#1

http://healthyeating.sfgate.com/benefits-lavender-tea-5325.html

https://www.everydayhealth.com/columns/therese-borchard-sanity-break/ways-beat-insomnia-get-better-sleep/

http://www.umm.edu/health/medical/altmed/herb/lemon-balm

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh Novita Joseph
Tanggal diperbarui 4 minggu lalu
x