home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

6 Cara Jitu untuk Mengatasi Mata Panda yang Ganggu Penampilan

6 Cara Jitu untuk Mengatasi Mata Panda yang Ganggu Penampilan

Kesibukan yang menguras pikiran dan tenaga sampai harus begadang lama-lama dapat menyebabkan lingkaran hitam terbentuk di bawah mata. Jika dibiarkan terus, mata panda bisa membuat penampilan Anda tampak lusuh dan lebih tua. Tak mau, ‘kan? Berbagai cara menghilangkan mata panda berikut ini mungkin bisa membantu meningkatkan kepercayaan diri Anda kembali.

Penyebab munculnya mata panda

Sebelum mempelajari cara untuk menghilangkan mata panda, akan lebih baik jika Anda mengenali penyebabnya lebih dahulu. Pasalnya, dengan tahu penyebabnya, Anda akan lebih mudah untuk terlepas dari masalah ini.

Nah, periorbital dark circle atau yang Anda kenal dengan sebutan mata panda, umumnya muncul karena kurang tidur, baik itu karena begadang atau insomnia. Namun, penyebab dari masalah pada kulit mata ini tidak hanya itu saja, menurut studi pada The Journal of clinical and aesthetic dermatology.

Paparan sinar matahari yang menipiskan permukaan kulit, faktor genetik, dehidrasi, alergi, hingga merokok juga bisa jadi penyebabnya yang mungkin tidak Anda sadari.

Cara menghilangkan mata panda yang ampuh

krim mata panda pria
Sumber: Maskulin

Supaya mata panda tidak lagi mengganggu tampilan wajah, Anda bisa mengikuti beberapa cara mengatasinya berikut ini.

1. Hindari begadang

Dalam banyak kasus, kebanyakan begadang di malam hari bisa menyebabkan kemunculan lingkar hitam di bawah mata Anda. Nah, oleh sebab itu, hindari begadang sampai dini hari. Usahakan untuk tidur lebih awal dari biasanya. Idealnya, waktu tidur yang normal bagi orang dewasa berkisar dari 7-8 jam per malam.

Cara ini tidak hanya membantu menghilangkan mata pada, tapi bisa juga meningkatkan kesehatan Anda secara menyeluruh. Pasalnya, tidur tidur 7-8 jam per hari merupakan kebutuhan paling mendasar untuk menjaga pikiran dan tubuh tetap sehat. Jika fondasi tersebut goyah, tentu kurang tidur bisa menimbulkan masalah kesehatan nantinya.

2. Tidur dengan posisi yang tepat

Selain tidur yang cukup, posisi tidur ternyata juga bisa menjadi cara ampuh untuk menghilangkan mata panda, lho! Ketika tidur, tinggikan kepala Anda dengan menggunakan beberapa bantal agar cairan mata tidak menggenang di bawah mata dan menyebabkan bengkak.

Akan tetapi, pastikan kalau bantal yang Anda gunakan adalah bantal yang empuk dan nyaman. Hindari menggunakan bantal yang terlalu keras karena bisa membuat leher Anda sakit. Selain tak bisa tidur dengan nyaman, hal tersebut justru akan menambah lingkar hitam di bawah mata Anda.

3. Kompres dingin

kompres es dingin
Sumber: Health Ambition

Kompres dingin bisa membantu meredakan bengkak dan mengecilkan pembuluh darah yang membesar di bawah mata. Alhasil, lingkar hitam sekaligus kantung mata yang membesar bisa perlahan-lahan tersamarkan.

Cara menghilangkan mata panda ini membutuhkan bahan-bahan seperti handuk kecil yang bersih dan es batu. Setelah itu, bungkus beberapa buah es batu menggunakan handuk kecil lalu tempelkan tepat di bawah mata Anda selama kurang lebih 20 menit.

Anda juga bisa membasahi handuk dengan air dingin dan peras sampai lembap. Kemudian letakkan handuk di bawah mata Anda. Ulangi cara ini sampai es batu yang ada di dalam handuk mencair.

4. Pakai kantong teh

Tak hanya kompres dingin, Anda juga bisa menempelkan kantong teh pada area bawah mata. Teh mengandung kafein dan antioksidan yang dapat membantu merangsang sirkulasi darah, mengecilkan pembuluh darah, serta mengurangi retensi cairan di bawah kulit mata Anda.

Cara menghilangkan mata panda satu ini dilakukan dengan merendam dua kantong teh hitam atau hijau dalam air panas selama kurang lebih 5 menit. Tiriskan sebentar dan masukkan ke dalam kulkas selama 15 hingga 20 menit.

Setelah dingin, letakkan kantong teh yang dingin di kelopak mata Anda yang tertutup dan tunggu selama 10-15 menit. Jangan lupa, bilas mata Anda dengan air dingin setelahnya. Anda juga bisa menggunakan irisan mentimun dingin atau sendok dingin yang diletakkan di atas kelopak mata.

5. Tutupi dengan makeup

mengganti makeup

Sudah coba berbagai cara alami di atas, tapi mata panda masih belum pudar sepenuhnya? Jangan khawatir, cara menghilangkan mata panda satu ini bisa jadi pilihan Anda selanjutnya.

Dalam banyak kasus, penggunaan makeup untuk menyamarkan lingkar hitam di bawah mata terbilang cukup efektif. Anda bisa menggunakan concealer dengan warna senada kulit Anda untuk menutupi area gelap di bawah mata. Agar lebih maksimal, Anda juga bisa menambahkan foundation dan bedak. Akan tetapi, pastikan Anda menggunakan produk kosmetik yang tepat dan sesuai dengan jenis kulit Anda.

Beberapa produk makeup untuk mata mungkin dapat memicu gejala alergi atau bahkan memperburuk kondisi kulit Anda. Jika Anda mulai mengalami gejala yang tidak biasa, hentikan penggunaan makeup atau kosmetik apapun dan segeralah berkonsultasi ke dokter.

6. Perawatan di dokter

Bagi Anda yang belum puas akan hasil dari berbagai cara menghilangkan mata panda yang sudah disebutkan di atas, melakukan perawatan di dokter bisa jadi solusi terbaik. Beberapa perawatan di dokter yang bisa dilakukan untuk membantu menyamarkan garis hitam di bawah mata di antaranya:

  • Chemical peeling untuk mengurangi pigmentasi.
  • Laser untuk meregenerasi kulit dan mengencangkan kulit.
  • Tato medis untuk menyuntikan pigmen tertentu ke area kulit yang menipis.
  • Filler untuk menyembunyikan pembuluh darah dan melanin yang menyebabkan perubahan warna kulit di bawah mata.

Dokter mungkin akan menawarkan berbagai prosedur medis lainnya untuk membantu menghilangkan mata panda.

Sebelum itu, tanyakan dulu secara mendetail kepada dokter terkait risiko dan efek samping yang mungkin terjadi setelahnya. Pastikan juga kalau Anda melakukan perawatan di dokter spesialis kulit profesional yang sudah berpengalaman.

7. Tempelkan timun pada area mata

manfaat mentimun untuk mata

Jika di rumah Anda tidak menemukan kantung teh, gunakan timun segar. Cara menghilangkan mata panda ini sangat mudah Anda lakukan.

Siapkan timun segar dan dingin, potong menjadi beberapa bagian dan letakkan dalam di bawah mata Anda. Tempelkan timun pada mata ini selama kurang lebih 16 menit. Kandungan aktif timun dan suhu dinginnya dapat mengurangi pembengkakan serta lingkaran hitam di mata.

8. Perbanyak minum air

Menghitamnya area bawah mata, menjadi salah satu tanda dehidrasi. Agar kulit sekitar mata kembali normal, Anda perlu meningkatkan asupan cairan. Setidaknya, Anda perlu minum air 8 gelas sehari. Akan tetapi, asupannya bisa saja bertambah jika Anda melakukan aktivitas berat atau berada di bawah sinar matahari dalam waktu lama.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Sarkar, R., Ranjan, R., Garg, S., Garg, V. K., Sonthalia, S., & Bansal, S. (2016). Periorbital Hyperpigmentation: A Comprehensive ReviewThe Journal of clinical and aesthetic dermatology9(1), 49–55.

Dark circles under eyes. (2019, October 08). Retrieved March 31, 2021, from https://www.mayoclinic.org/symptoms/dark-circles-under-eyes/basics/definition/sym-20050624.

Dark circles under the eyes. (n.d.). Retrieved March 31, 2021, from https://www.dermnetnz.org/topics/dark-circles-under-the-eyes/.

T;, V. (n.d.). Infraorbital dark CIRCLES: A review of the Pathogenesis, evaluation and treatment. Retrieved March 31, 2021, from https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/27398005/.

What are allergic shiners? (2018, February 05). Retrieved March 31, 2021, from https://acaai.org/resources/connect/ask-allergist/what-are-allergic-shiners.

Mukherjee, P. K., Nema, N. K., Maity, N., & Sarkar, B. K. (2013). Phytochemical and therapeutic potential of cucumber. Fitoterapia, 84, 227-236. doi:10.1016/j.fitote.2012.10.003.

Marini, A., Grether-Beck, S., Jaenicke, T., Weber, M., Burki, C., Formann, P., . . . Krutmann, J. (2012). Pycnogenol® effects on skin elasticity and hydration coincide with increased gene expressions of collagen type i and hyaluronic acid synthase in women. Skin Pharmacology and Physiology, 25(2), 86-92. doi:10.1159/000335261.

Shatalebi, M., & Ahmadraji, F. (2015). Evaluation of the clinical efficacy and safety of an Eye COUNTER pad containing caffeine and vitamin k IN emulsified emu oil base. Advanced Biomedical Research, 4(1), 10. doi:10.4103/2277-9175.148292.

 

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh Aprinda Puji
Tanggal diperbarui 25/03/2019
x