home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Badan Capek Tapi Susah Tidur, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Badan Capek Tapi Susah Tidur, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Tubuh lelah adalah pertanda bahwa Anda membutuhkan istirahat. Itu sebabnya setelah kecapekan dari beraktivitas seharian biasanya Anda jadi lebih gampang tertidur lelap. Namun, terkadang sebagian orang justru mengeluhkan susah tidur malam karena kecapekan. Kenapa bisa badan capek tapi bikin sulit tidur sepanjang malam? Yuk, cari tahu jawabannya pada ulasan berikut.

Badan capek tapi susah tidur, apa penyebabnya?

somniphobia

Normalnya, tubuh yang lelah membuat Anda lebih gampang tertidur. Namun pada beberapa situasi, Anda bisa saja kesulitan tidur saking lelahnya. Kondisi ini mungkin terjadi karena kualitas tidur Anda yang buruk.

Begini, jika dari awal Anda sudah memiliki jadwal tidur yang berantakan, Anda tidak akan merasa bugar dan semangat untuk beraktivitas. Badan yang terasa “berat” karena kurang tidur bisa membuat Anda lebih gampang kecapekan.

Nah, akumulasi dari kombinasi stres fisik karena badan yang kecapekan dan stres emosional sangat mungkin membuat Anda kesulitan untuk memejamkan mata.

Selain buruknya kualitas tidur, ternyata badan capek tapi susah tidur juga bisa disebabkan oleh masalah kesehatan, antara lain:

1. Kekurangan hormon kortisol

Jika pola tidur Anda sudah baik namun masih sering susah tidur malam karena badan kecapekan, ini mungkin tandanya tubuh Anda mengalami kekurangan hormon kortisol. Gangguan atau kerusakan pada kelenjar adrenal dapat menyebabkan hal ini, menurut laman Mayo Clinic.

Hormon kortisol berperan meningkatkan kadar gula dalam darah, menekan kerja sistem imun, meningkatkan metabolisme lemak, protein, dan karbohidrat, serta membantu mengatur metabolisme dan jam biologis tubuh.

Gangguan pada kelenjar adrenal dapat menyebabkan sistem imun malah melemah ketika stres datang menghampiri. Pada akhirnya, ketidakseimbangan kadar kortisol dalam tubuh mengacak-acak jam biologis tubuh Anda.

Normalnya, pada pagi hari kadar kortisol akan meningkat namun dan semakin menurun ketika malam hari sehingga membuat kita tertidur. Namun jika Anda memiliki gangguan kelenjar adrenal, yang terjadi bisa sebaliknya. Hormon kortisol meningkat pada malam hari sehingga Anda jadi lebih gelisah dan mengalami insomnia pada malam hari.

Selain itu, gangguan kelenjar adrenalin bisa menyebabkan Anda mengalami sindrom kelelahan kronis, yang bisa memperburuk keluhan sulit tidur malam Anda.

Seperti yang telah dijelaskan di atas, akumulasi dari stres fisik dan emosional yang Anda hadapi sehari-hari dapat membuat tubuh semakin rentan kecapekan dan akhirnya “drop”. Pada akhirnya, ini membuat Anda sulit tidur malam setiap hari.

2. Penyakit mental

Penyebab badan capek tapi susah tidur yang mungkin Anda alami bisa jadi adalah penyakit mental, seperti depresi atau gangguan kecemasan. Terus-menerus merasa cemas bisa menguras energi fisik dan emosional yang bisa mengganggu tidur. Begitu pula dengan depresi yang membuat terus-menerus membuat Anda sedih juga bisa mengganggu tidur.

Keduanya, bisa menyebabkan Anda kekurangan tidur dan pada akhirnya membuat tubuh super kelelahan dan susah tidur karena terus dihantui perasaan sedih dan cemas.

3. Gangguan tidur

Jika bukan karena kedua masalah kesehatan di atas, badan capek tapi susah tidur kemungkinan besar terjadi karena restless legs syndrome (RLS) dan sleep apnea.

Gangguan tidur RLS membuat kaki Anda bergerak tanpa kendali saat tidur karena munculnya sensasi tidak nyaman pada kaki. Sementara sleep apnea menyebabkan napas terhenti beberapa detik saat tidur yang bisa membangunkan Anda.

Kaki yang terus bergerak ini membuat tubuh jadi kelelahan dan sulit tidur dengan nyenyak. Efeknya sama dengan sleep apnea. Hanya saja kondisi ini membuat susah tidur dan kelelahan karena bangun dengan kondisi kaget dan terengah-engah karena asupan oksigen terputus beberapa saat.

Selain badan capek dan susah tidur, adakah gejala lain?

kaki gelisah gangguan tidur

Bila penyebab kelelahan dan susah tidur disebabkan oleh masalah kesehatan tertentu, kemungkinan ada gejala lain yang menyertai. Namun, setiap gejala tidaklah sama, tergantung dengan masing-masing penyakit yang mendasarinya.

Jika penyebabnya adalah kelelahan kelenjar adrenalin, Anda akan pusing, tekanan darah rendah, kerontokan rambut pada tubuh, dan warna kulit akan berubah serta berat badan menurun.

Lain gejalanya jika Anda mengalami depresi atau gangguan kecemasan. Anda kemungkinan besar akan mengalami suasana hati yang memburuk, kehilangan minat pada berbagai hal, dan mencemaskan hal-hal yang sebenarnya tidak perlu Anda cemaskan.

Pada pengidap restless leg syndrome, akan ada sensasi kesemutan, tersengat listrik, gatal, atau bahkan kaki di tarik-tarik saat tidur. Semnetara gejala paling khas dari sleep apnea adalah tidur mengorok, sakit kepala di pagi hari, dan terus mengantuk di siang hari.

Memahami gejala penyerta ini bisa membantu Anda menemukan penyebab dari badan capek tapi susah tidur, sehingga akan lebih mudah ditangani.

Cara mengatasi badan capek tapi susah tidur

perawatan hormon estrogen rendah

Mengalami tubuh lelah sekaligus susah tidur, pasti mengganggu aktivitas harian. Dampaknya juga bisa membuat kesehatan Anda menuru. Oleh sebab itu perlu segera perawatan dokter, agar kondisi tidak semakin bertambah parah.

Cara mengatasi badan capek tapi susah tidur sebenarnya bisa Anda atasi dari penyebabnya. Jika memang berkaitan dengan pola tidur yang buruk, maka Anda perlu memperbaiki kualitas tidur. Anda dapat mengatur kembali jadwal tidur dan bangun dan menghindari hal-hal yang mengganggu tidur, seperti main ponsel sebelum tidur atau minum kopi pada malam hari.

Bila kondisi yang Anda alami terjadi karena adanya penyakit, Anda mungkin perlu melakukan perubahan gaya hidup, mengikuti terapi untuk mengatasi stres, memakai alat khusus seperti CPAP untuk mengatasi sleep apnea, atau minum obat-obatan.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Sleep quality: How to determine if you’re getting poor sleep. (2020, December 17). Retrieved April 14, 2021, from https://www.sleepfoundation.org/sleep-hygiene/how-to-determine-poor-quality-sleep.

Adrenal fatigue: What causes it? (2020, April 16). Retrieved April 14, 2021, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/addisons-disease/expert-answers/adrenal-fatigue/faq-20057906.

The role of cortisol in the body. Retrieved April 14, 2021, from https://www.healthdirect.gov.au/the-role-of-cortisol-in-the-body.

Depression (major depressive disorder). (2018, February 03). Retrieved April 14, 2021, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/depression/symptoms-causes/syc-20356007.

Anxiety disorders. (2018, May 04). Retrieved April 14, 2021, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/anxiety/symptoms-causes/syc-20350961.

Nhs choices. Retrieved April 14, 2021, from https://www.nhs.uk/live-well/sleep-and-tiredness/10-medical-reasons-for-feeling-tired/.

Restless legs syndrome. (2020, January 21). Retrieved April 14, 2021, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/restless-legs-syndrome/symptoms-causes/syc-20377168.

Sleep apnea. (2020, July 28). Retrieved April 14, 2021, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/sleep-apnea/symptoms-causes/syc-20377631.

Foto Penulis
Ditulis oleh Aprinda Puji pada 4 minggu lalu
x