Kapan Sakit Flu Harus Periksa ke Dokter?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 04/04/2020 . 4 menit baca
Bagikan sekarang

Flu adalah penyakit akibat infeksi virus influenza yang menyerang sistem pernapasan. Penyakit ini bisa sembuh dengan sendirinya pada satu atau dua minggu dengan beristirahat di rumah dan mengonsumsi makanan bernutrisi, Namun, bagaimana bila flu tidak kunjung sembuh? Kapan harus ke dokter saat flu menyerang? Berikut ulasannya. 

Tanda-tanda Anda harus segera ke dokter saat flu

Saat flu menyerang, ada beberapa gejala yang akan dirasakan, seperti demam, batuk dan sakit tenggorokan, hidung beringus, sakit kepala, meriang, panas dingin, dan kelelahan. Bahkan di beberapa kasus anak kecil, gejala yang dirasakan bisa ditambah dengan mual, muntah, dan diare.

Meski dapat sembuh dengan beristirahat di rumah, ada beberapa kondisi yang menjadi tanda bahwa seseorang harus segera ke dokter atas flu yang dideritanya. Flu yang tidak kunjung sembuh bisa berisiko terhadap penyakit yang lebih serius, seperti pneumonia, bronkitis, atau infeksi sinus. Bahkan, di beberapa kasus, flu yang tidak kunjung sembuh bisa membuat seseorang dirawat di rumah sakit atau bahkan hingga kematian.

Oleh karena itu, perhatikan tanda-tanda di bawah ini saat Anda terkena flu dan segera berkonsultasi ke dokter.

  • Kesulitan bernapas

Flu juga bisa menimbulkan gejala hidung tersumbat. Bila gejala flu ini tak kunjung sembuh hingga 10 hari dan dibarengi dengan kesulitan bernapas, segera konsultasi ke dokter. Kondisi ini bisa menjadi tanda adanya penyakit yang lebih serius pada diri Anda, seperti pneumonia atau infeksi pada paru-paru, sinusitis, atau bronkitis.

  • Merasakan sakit di dada atau perut

Merasakan sakit atau adanya tekanan di dada bisa menjadi salah satu tanda bahaya pada diri Anda. Kondisi ini juga merupakan salah satu tanda pneumonia. Adapun pada penderita penyakit jantung, gejala dada yang sakit saat flu bisa menyebabkan serangan jantung dan stroke.

  • Sering muntah

Saat flu, tubuh Anda membutuhkan banyak cairan. Namun, bila cairan di dalam tubuh terus menerus keluar atau muntah, flu Anda akan sulit untuk disembuhkan. Kondisi ini mungkin menjadi tanda adanya penyakit serius dalam diri Anda, seperti sepsis. Bila tidak segera ditangani, sepsis bisa menyebabkan kegagalan pada organ.

  • Sempat membaik, tetapi kembali memburuk

Setelah membaik, seharusnya flu Anda tidak kembali memburuk secara tiba-tiba. Bila hal ini terjadi, sesuatu yang buruk mungkin terjadi pada diri Anda. Segera konsultasikan flu yang Anda alami ke dokter bila hal ini terjadi.

  • Sulit menelan

Bila tenggorokan sangat sakit hingga membuat sulit menelan, Anda harus segera memeriksakan diri ke dokter. Kondisi ini bila dibarengi dengan demam yang tinggi hingga kesulitan bernapas saat tidur dapat menjadi tanda adanya infeksi bakteri lainnya.

  • Demam tinggi

Bila flu dibarengi dengan demam yang tinggi, terutama pada anak-anak, segera konsultasikan ke dokter. Anak-anak dengan demam mencapai 40° C atau bayi dengan usia di bawah 12 minggu yang demam, berapapun suhunya, perlu segera ditangani oleh dokter.

Golongan yang perlu segera ke dokter bila terkena flu

Selain tanda-tanda di atas, ada beberapa kelompok orang yang perlu segera ke dokter saat flu menyerang. Kelompok orang di bawah ini berisiko tinggi terhadap komplikasi dari sakit flu.

  • Bayi dengan usia di bawah 12 bulan.
  • Orang yang berusia 65 tahun atau lebih.
  • Wanita hamil atau baru 2 minggu melahirkan.
  • Di bawah usia 19 tahun dan sedang menerima terapi aspirin jangka panjang.
  • Memiliki penyakit kronis, terutama di bagian paru-paru, seperti asma, gangguan pernafasan, penyakit jantung, diabetes, penyakit neurologis atau perkembangan saraf, serta penyakit ginjal, hati, atau darah.
  • Memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah karena berbagai faktor, seperti penggunaan steroid jangka panjang, HIV, transplantasi organ, kanker darah, atau penderita kanker yang sedang menjalani perawatan kemoterapi.
  • Memiliki indeks massa tubuh (IMT) sebesar 40 atau lebih besar.
  • Penghuni fasilitas perawatan jangka panjang, seperti panti jompo.

Meski sakit flu sering dianggap akan sembuh dengan sendirinya, namun jangan anggap remeh. Sakit flu dengan gejala-gejala yang dipaparkan di atas harus segera mendapat penanganan dokter.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Rutin Minum Air Putih Bisa Mencegah Risiko Flu

Selain baik untuk kesehatan Anda, terbiasa minum air putih juga bisa bantu mencegah Anda dari penyakit flu. Berikut penjelasannya.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Flu, Health Centers 11/04/2020 . 4 menit baca

Tips Menyembuhkan Flu dengan Cepat

Terserang penyakit flu dapat mengganggu aktivitas, sehingga Anda pasti ingin cepat sembuh. Apa saja tips untuk menyembuhkan flu dengan cepat?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Flu, Health Centers 03/04/2020 . 4 menit baca

Kenapa Jika Sedang Padat Aktivitas Malah Mudah Kena Flu?

Semakin aktivitas padat, sebagian orang lebih mudah terserang flu. Hal ini disebabkan oleh beberapa penyebab yang mungkin Anda belum sadari.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Hidup Sehat, Tips Sehat 18/03/2020 . 4 menit baca

5 Jenis Minyak Esensial untuk Mengatasi Flu

Minyak esensial yang makin marak digunakan untuk gaya hidup sehari-hari ini ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi gejala flu.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Flu, Health Centers 15/03/2020 . 4 menit baca

Direkomendasikan untuk Anda

Batuk ke arah siku etika batuk

Etika Batuk yang Benar untuk Mencegah Penularan Penyakit

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Fidhia Kemala
Dipublikasikan tanggal: 02/07/2020 . 7 menit baca
gerimis bikin sakit

Benarkah Gerimis Lebih Bikin Sakit Daripada Hujan?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 31/05/2020 . 5 menit baca
puasa saat flu saat puasa

Kena Flu Saat Puasa Itu Baik! Kok Bisa? Ini Penjelasan Ilmiahnya

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 04/05/2020 . 3 menit baca
penyebab hidung tersumbat

Apa Penyebab Hidung Tersumbat dan Bagaimana Mengatasinya?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ulfa Rahayu
Dipublikasikan tanggal: 15/04/2020 . 4 menit baca