home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

8 Tips Mudah Mengobati Gejala Bronkitis Kronis secara Alami

8 Tips Mudah Mengobati Gejala Bronkitis Kronis secara Alami

Bronkitis merupakan salah satu jenis penyakit pernapasan yang memengaruhi saluran udara atau bronkus. Jika penyakit ini berlangsung dalam waktu lama, bronkitis dapat dikategorikan sebagai penyakit kronis. Kondisi ini dapat mengganggu aktivitas dan kenyamanan sehari-hari. Untungnya, selain dengan obat-obatan resep dokter, Anda bisa mencoba berbagai cara untuk membantu mengobati bronkitis kronis secara alami. Yuk, baca selengkapnya di bawah ini untuk tahu apa saja tipsnya.

Cara mengobati bronkitis kronis secara alami

Bronkitis kronis adalah penyakit yang ditandai dengan batuk berulang yang tidak kunjung mereda setidaknya dalam 3 bulan. Jika Anda mengidap bronkitis kronis, Anda mungkin akan mengalami gejala-gejala lain, seperti produksi dahak bertambah, sesak napas, dan tubuh kelelahan.

Seseorang yang menderita bronkitis kronis tidak dapat sembuh total. Akan tetapi, pasien masih perlu menjalani pengobatan bronkitis untuk mengendalikan gejala-gejalanya.

Selain menerima pengobatan medis, bronkitis kronis juga bisa dikontrol dengan perawatan alami di rumah, lho.

Ada beberapa pilihan bahan herbal yang bisa Anda coba sebagai obat alami untuk meredakan gejala bronkitis kronis seperti di bawah ini.

1. Jahe

Jahe untuk batuk

Jahe merupakan tanaman yang sudah lama dimanfaatkan sebagai obat tradisional untuk berbagai penyakit, salah satunya bronkitis kronis.

Di balik rasa pedas dan hangatnya yang khas, jahe mengandung berbagai senyawa aktif yang membantu melegakan pernapasan, seperti gingerol dan shogaol.

Sebuah studi dari American Thoracic Society menyebutkan bahwa kandungan dalam jahe memiliki potensi manfaat serupa obat bronkodilator, yaitu melegakan saluran pernapasan.

Tak hanya itu, jahe juga memiliki senyawa anti-inflamasi yang baik untuk melawan infeksi pernapasan. Ingat, penderita bronkitis kronis lebih rentan terkena infeksi dibanding orang sehat.

Dengan rutin mengonsumsi jahe, Anda dapat menurunkan risiko terkena infeksi pernapasan yang dapat memperparah bronkitis kronis. Jahe dapat dinikmati dengan cara direbus, dimakan langsung, atau dicampurkan dengan makanan.

2. Madu

madu untuk ibu menyusui

Cara alami selanjutnya untuk membantu mengobati bronkitis kronis adalah dengan rutin mengonsumsi madu.

Ya, madu dipercaya sejak lama sebagai obat alami untuk mengurangi batuk. Ini artinya, gejala batuk akibat bronkitis dapat dikendalikan dengan madu.

Mengonsumsi madu sebanyak 10 ml atau sekitar 2 sendok teh sehari diyakini dapat membantu mengurangi batuk, terutama batuk yang sering muncul di malam hari.

Banyak pasien bronkitis kronis yang mengeluhkan gejala sulit tidur akibat terlalu sering batuk di malam hari. Dengan rutin minum madu, diharapkan dapat membantu meredakan gejala batuk serta membantu pasien tidur lebih nyenyak di malam hari.

3. Bawang putih

manfaat bawang putih untuk telinga

Selain digunakan sebagai bumbu dapur, ternyata bawang putih juga memiliki potensi sebagai obat herbal bronkitis kronis.

Bawang putih diperkaya dengan berbagai senyawa yang berkhasiat untuk mengatasi berbagai kondisi kesehatan, termasuk bronkitis kronis. Manfaat bawang putih untuk bronkitis kronis telah dikaji dalam beberapa studi. Salah satunya terdapat di Avicenna Journal of Phytomedicine.

Studi tersebut mengungkapkan bahwa ekstrak bawang putih berpotensi menghambat penularan virus penyebab bronkitis. Tak hanya itu, bawang putih juga dinilai efektif meredakan gejala batuk serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

4. Kunyit

manfaat kunyit putih untuk kanker

Cara alami berikutnya membatu mengobati gejala bronkitis kronis secara alami adalah dengan mengonsumsi kunyit.

Rempah-rempah ini diyakini mengandung efek anti-inflamasi yang baik untuk mengatasi peradangan saluran bronkus akibat bronkitis kronis. Selain itu, asupan kunyit yang cukup juga berpotensi mengembalikan stamina tubuh, terutama bagi pasien bronkitis yang sering kali mengalami rasa lelah.

Tidak berhenti sampai di situ, kunyit juga memiliki senyawa antioksidan yang bermanfaat untuk sistem kekebalan tubuh pengidap bronkitis kronis.

5. Air garam

aturan pemberian garam untuk diabetes

Anda juga bisa memanfaatkan air garam sebagai cara mengobati bronkitis kronis secara alami.

Fungsi air garam adalah untuk membantu meredakan gejala batuk berulang, serta mengencerkan dahak yang menumpuk di saluran pernapasan.

Caranya cukup mudah. Anda hanya perlu mencampurkan 1 sendok teh garam dengan segelas air hangat, kemudian kumur dengan larutan tersebut.

Cara lain untuk mengobati bronkitis kronis secara alami

Selain dengan obat tradisional dan bahan herbal, Anda juga perlu menerapkan beberapa perubahan gaya hidup sehari-hari untuk membantu mengurangi gejala bronkitis kronis secara alami.

1. Menghirup uap panas

Uap panas air untuk flu

Uap yang dihasilkan air panas dapat membantu mengencerkan dahak di saluran pernapasan. Dengan begitu, dahak bisa dikeluarkan dengan mudah melalui hidung atau mulut.

Cara paling mudah untuk menghirup uap panas adalah dengan mandi air hangat. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan baskom yang diisi air hangat, kemudian hiruplah uap yang keluar air tersebut.

Untuk hasil terbaik, Anda bisa mencoba mencampurkan minyak esensial untuk batuk ke dalam air hangat, seperti minyak peppermint atau thyme.

2. Tidur yang cukup

pola tidur yang baik

Cara berikutnya untuk membantu mengobati bronkitis kronis secara alami namun sering kali dianggap sepele oleh sebagian orang adalah tidur atau beristirahat yang cukup.

Mendapatkan istirahat yang berkualitas membantu memaksimalkan kinerja pengobatan bronkitis, meningkatkan kekebalan tubuh, dan mengembalikan energi Anda.

3. Menghindari pemicu bronkitis

memakai masker

Pastikan Anda juga menghindari berbagai faktor pemicu bronkitis kronis, seperti asap rokok dan polusi, baik di dalam maupun luar ruangan.

Apabila Anda memang harus berada di tempat dengan risiko tinggi terpapar pemicu, sebaiknya gunakan masker untuk melindungi diri.

Itulah berbagai cara yang dapat Anda tempuh untuk membantu mengobati bronkitis kronis secara alami. Namun, ingatlah bahwa cara-cara di atas bukanlah metode utama untuk pengobatan bronkitis.

Untuk mengendalikan gejala batuk, pengobatan medis dari dokter masih diperlukan. Tips-tips di atas hanya akan membantu meningkatkan kinerja obat-obatan supaya hasilnya semakin optimal.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Podlogar, J. A., & Verspohl, E. J. (2012). Antiinflammatory effects of ginger and some of its components in human bronchial epithelial (BEAS-2B) cells. Phytotherapy research : PTR, 26(3), 333–336. https://doi.org/10.1002/ptr.3558

Mohajer Shojai, T., Ghalyanchi Langeroudi, A., Karimi, V., Barin, A., & Sadri, N. (2016). The effect of Allium sativum (Garlic) extract on infectious bronchitis virus in specific pathogen free embryonic egg. Avicenna journal of phytomedicine, 6(4), 458–267.

Ramadan, G., Al-Kahtani, M. A., & El-Sayed, W. M. (2011). Anti-inflammatory and anti-oxidant properties of Curcuma longa (turmeric) versus Zingiber officinale (ginger) rhizomes in rat adjuvant-induced arthritis. Inflammation, 34(4), 291–301. https://doi.org/10.1007/s10753-010-9278-0

Babaei, F., Nassiri-Asl, M., & Hosseinzadeh, H. (2020). Curcumin (a constituent of turmeric): New treatment option against COVID-19. Food science & nutrition, 8(10), 5215–5227. https://doi.org/10.1002/fsn3.1858

Townsend, E. A., Siviski, M. E., Zhang, Y., Xu, C., Hoonjan, B., & Emala, C. W. (2013). Effects of ginger and its constituents on airway smooth muscle relaxation and calcium regulation. American journal of respiratory cell and molecular biology, 48(2), 157–163. https://doi.org/10.1165/rcmb.2012-0231OC

Bayan, L., Koulivand, P. H., & Gorji, A. (2014). Garlic: a review of potential therapeutic effects. Avicenna journal of phytomedicine, 4(1), 1–14.

Widysanto, A., Matthew, G. (2021). Chronic Bronchitis. StatPearls.

Oduwole, O., Udoh, E., Oyo-Ita, A., & Meremikwu, M. (2018). Honey for acute cough in children. Cochrane Database Of Systematic Reviews, 2018(12). https://doi.org/10.1002/14651858.cd007094.pub5

Bronchitis – Mayo Clinic. (2017). Retrieved August 12, 2021, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/bronchitis/symptoms-causes/syc-20355566 

Tosh, PK. (2020). Is it true that honey calms coughs better than cough medicine does? – Mayo Clinic. Retrieved August 12, 2021, from https://www.mayoclinic.org/symptoms/cough/expert-answers/honey/faq-20058031 

Smith, C. (2020). 6 At-Home Remedies to Ease Your Sore Throat – Penn Medicine. Retrieved August 12, 2021, from https://www.pennmedicine.org/updates/blogs/health-and-wellness/2018/february/sore-throat

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Shylma Na'imah Diperbarui 30/08/2021
Ditinjau secara medis oleh dr. Mikhael Yosia, BMedSci, PGCert, DTM&H.