Bagaimana Cara Mengobati Bronkitis dengan Madu?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 14 Agustus 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Ketika Anda didiagnosis bronkitis, Anda punya beberapa pilihan pengobatan untuk mengatasinya. Beberapa bahan alami pun disebut bisa meredakan gejala bronkitis, salah satunya madu. Bagaimana cara mengobati gejala bronkitis dengan madu? Benarkah ampuh? Simak ulasannya berikut ini.

Bagaimana cara mengobati bronkitis dengan madu?

Teknik batuk efektif

Gejala paling utama dari bronkitis, entah akut atau kronis, adalah batuk. Bronkitis akut menyebabkan batuk yang tak kunjung sembuh hingga lebih dari tiga minggu. Sementara itu, bronkitis kronis menyebabkan batuk yang terjadi terus menerus setiap hari, hingga tiga bulan lamanya.

Pada bronkitis akut, pengobatan medis disebut tidak sepenuhnya efektif mengatasi kondisinya. Sering kali, bronkitis akut sembuh dengan sendirinya. Hal ini lantaran bronkitis akut sering kali disebabkan oleh virus.

Oleh karena itu, banyak orang yang mencari alternatif lain untuk mengurangi rasa tidak nyaman akibat gejalanya. Salah satu cara mengobati gejala yang ditimbulkan dari bronkitis adalah dengan minum madu. 

Madu telah digunakan selama ribuan tahun dalam pengobatan tradisional. Selain mengandung karbohidrat fruktosa dan glukosa sebagai komponen utamanya, madu mengandung banyak zat bermanfaat yang bersifat antimikroba, antioksidan, antivirus, antiparasit, antiperadangan, antimutagenik, hingga antikanker. 

Mengenal keampuhan madu untuk meredakan batuk saat bronkitis

Dikutip dari situs layanan kesehatan masyarakat di Britania Raya, National Health Service (NHS), cara mengobati gejala infeksi saluran pernapasan atas, termasuk bronkitis, dengan madu terbukti efektif. Hal ini juga berlaku bagi batuk yang sering dan parah.

Madu sebagai obat batuk alami untuk anak

Mayo Clinic menyebutkan minum teh atau air lemon hangat yang dicampur dengan madu adalah cara  yang dipercaya ampuh untuk meredakan sakit tenggorokan. Namun, madu yang diminum langsung juga bisa menjadi penekan batuk yang efektif. 

Sementara itu, Cleveland Clinic menyebutkan teh dengan madu adalah obat klasik lama untuk mengobati pilek. Namun, obat alami itu tidak banyak membantu membersihkan batuk Anda, tetapi dapat meredakan sakit tenggorokan yang sering menyertainya. 

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa madu adalah cara yang lebih efektif untuk mengobati batuk, yang merupakan gejala utama bronkitis, dibandingkan obat seperti dextromethorphan dan diphenhydramine. Penelitian tersebut dilakukan pada anak-anak dan orangtua. 

Sebuah penelitian yang dipublikasikan National Library of Medicine menunjukkan bahwa minum madu sebanyak 2,5 ml sebelum tidur memiliki efek yang lebih meringankan batuk. Namun, penelitian ini berfokus pada batuk yang menjadi infeksi pernapasan atas.

Pedoman dari National Institute for Health and Care Excellence (NICE) dan Public Health England (PHE) menyebutkan madu baik dikonsumsi untuk orang dewasa dan anak-anak di atas 5 tahun. Terlepas dari cara mengobati gejala bronkitis dengan madu, penting untuk dicatat bahwa bahan alami itu tidak aman untuk anak berusia di bawah satu tahun. Madu mungkin saja mengandung bakteri Clostridium botulinum, yang dapat menyebabkan infeksi serius pada bayi.

Selain madu, apa saja bahan alami yang bisa mengatasi gejala bronkitis?

Bronkitis merupakan kondisi yang dapat mengganggu aktivitas Anda karena menyebabkan batuk berminggu-minggu, bahkan setelah infeksinya hilang. Oleh karena itu, Anda perlu mengambil langkah cepat. 

Batuk menerus

Selain dengan madu, ada beberapa cara atau bahan alami lain yang juga bisa Anda coba untuk meredakan sekaligus mengobati gejala batuk akibat bronkitis. Beberapa di antaranya, yaitu:

  • Nanas untuk meredakan batuk berdahak
  • Jahe untuk menenangkan saluran pernapasan yang meradang
  • Bawang putih untuk menghambat virus penyebab bronkitis
  • Kunyit untuk mengatasi iritasi dan meningkatkan daya tahan tubuh

Pengobatan bronkitis, baik medis atau pun non-medis, bertujuan untuk meredakan gejala, mencegah komplikasi bronkitis, hingga memperlambat berkembangnya penyakit. Meski begitu, pastikan Anda tidak menggunakan madu atau dengan bahan alami lainnya sebagai cara utama dan satu-satunya untuk mengobati bronikitis.

Konsultasikanlah ke dokter mengenai pengobatan yang tepat, termasuk jika Anda memutuskan untuk menggunakan madu atau bahan alami lainnya untuk meredakan gejala bronkitis.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Sama-Sama Bikin Sesak Napas, Ini Perbedaan Asma dan Bronkitis

Sesak napas, batuk, dan dada sesak sama-sama dialami pengidap asma dan bronkitis. Namun, ada sejumlah perbedaan antara asma dan bronkitis. Apa saja?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Kesehatan Pernapasan, Bronkitis 8 Mei 2018 . Waktu baca 4 menit

Obat-obatan yang Digunakan untuk Mengatasi Bronkitis

Pengobatan bronkitis dapat membantu meringankan gejala yang bikin Anda tak nyaman. Lantas, pilihan obat apa saja yang biasanya diresepkan untuk bronkitis?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fajarina Nurin
Kesehatan Pernapasan, Bronkitis 3 April 2018 . Waktu baca 5 menit

Sama-Sama Menyerang Paru, Apa Bedanya Pneumonia dan Bronkitis?

Meskipun pneumonia dan bronkitis sama-sama menyerang sistem pernapasan, terdapat perbedaan di antara keduanya. Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fajarina Nurin
Kesehatan Pernapasan, Bronkitis 31 Maret 2018 . Waktu baca 5 menit

Apa yang Akan Terjadi Ketika Anda Menghirup Debu

Tak hanya memicu batuk-batuk, menghirup debu saat Anda bernapas juga bisa menimbulkan dua kondisi kesehatan berikut ini. Apa saja?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Hidup Sehat, Fakta Unik 4 Agustus 2017 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

cara mengobati gejala bronkitis dengan bawang putih

Bagaimana Cara Mengobati Gejala Bronkitis dengan Bawang Putih?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fajarina Nurin
Dipublikasikan tanggal: 17 Juli 2020 . Waktu baca 4 menit
Apakah bronkitis menular? Bagaimana langkah pencegahan untuk menghindari penyakit itu?

Ditandai dengan Batuk Terus-menerus, Apakah Bronkitis Menular?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fajarina Nurin
Dipublikasikan tanggal: 16 Juli 2020 . Waktu baca 5 menit
penyebab bronkitis

Berbagai Penyebab Bronkitis yang Perlu Anda Waspadai

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fajarina Nurin
Dipublikasikan tanggal: 15 Juli 2020 . Waktu baca 7 menit
isoprinosine adalah obat

Isoprinosine

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 27 November 2018 . Waktu baca 8 menit