Definisi

Apa itu ulcerative colitis?

Ulcerative Colitis (UC) adalah sebuah penyakit yang menyebabkan peradangan pada dinding saluran pencernaan. Dikenal juga dengan nama radang usus besar. Iritasi dari cairan tertentu membantu mencerna makanan dalam usus halus dan usus besar yang menyebabkan penyebaran radang pada bagian lain. Peradangan yang terjadi kadang kala bisa menyebabkan pendarahan dan menimbulkan nanah dan lendir. Cairan dalam saluran pencernaan masuk ke usus besar. Usus besar seringkali harus dikosongkan secara berkala, sehingga menyebabkan diare.

Gejala ulcerative colitis, penyebab ulcerative colitis, dan obat ulcerative colitis, akan dijelaskan lebih lanjut di bawah ini.

Seberapa umumkah ulcerative colitis?

Pria dan wanita memiliki kemungkinan yang sama untuk mengalami UC dan biasanya UC merupakan penyakit turun temurun. Orang-orang yang berumur 15-35 tahun merupakan yang paling sering terkena penyakit ini. Kebanyakan orang mengidap UC seumur hidup mereka. Sekitar setengah pengidap UC memiliki gejala ringan namun yang lainnya memiliki gejala yang lebih parah dan sering.

Tanda-tanda & gejala

Apa saja tanda-tanda dan gejala ulcerative colitis?

Gejala dan keluhan yang paling sering dilaporkan adalah sakit perut dan diare, tinja dan lendir berdarah. Buang air besar dapat menghilangkan rasa sakit di bagian kiri perut. Saat UC menjadi lebih parah, frekuensi dan jumlah diare bertambah sepanjang hari. Penyembuhan dapat terjadi, namun pada lebih dari 75% penderita akan kambuh.

Gejala lain yang ditimbulkan termasuk kelelahan, turunnya berat badan, anoreksia, dan demam. Gejala lain juga dapat dipengaruhi oleh masalah dalam usus besar ini, termasuk nyeri sendi, biasanya di lutut, pergelangan kaki, dan pergelangan tangan. Masalah dengan mata juga dapat terjadi. Komplikasi yang dapat dialami termasuk pendarahan parah, perforasi usus, usus hipertrofik (perenggangan usus) dan radang selaput perut. Penderita UC juga berisiko lebih besar terkena kanker usus besar.

Selain itu, masih terdapat juga beberapa ciri dan gejala yang tidak disebutkan di atas. Apabila Anda memiliki keluhan yan sama, tolong konsultasikan kepada dokter Anda.

Kapan saya harus periksa ke dokter?

Anda harus menghubungi dokter apabila menemukan gejala di bawah ini:

  • Demam atau meriang, bertambahnya frekuensi buang air besar, atau pendarahan
  • Perut kembung, nyeri pada perut, atau mulai muntah-muntah

Penyebab

Apa penyebab ulcerative colitis?

Penyebab pasti dari penyakit ini masih belum dapat dipastikan. Sebelumnya, kebanyakan orang mengira bahwa diet ketat dan stres merupakan penyebab UC tetapi, dokter belakangan ini melihat bahwa faktor tersebut memang merangsang UC namun bukanlah penyebab utama UC.

Penyebab lain yang mungkin adalah disfungsi pada kekebaan tubuh. Saat sistem kekebalan tubuh seharusnya memerangi virus dan bakteri, sistem kekebalan tubuh yang tidak normal justru menyerang sel-sel sistem pencernaan itu sendiri.

Faktor genetis juga memegang peran penting dalam menyebabkan UC karena penyakit ini lebih sering ditemukan pada keluarga yang memiliki anggota dengan kecenderungan terkena UC. Meskipun begitu, kebanyakan pasien tidak memiliki sejarah keluarga.

Faktor-faktor risiko

Apa yang meningkatkan risiko saya untuk ulcerative colitis?

Beberapa faktor berisiko di bawah ini dapat memengaruhi kemungkinan Anda terkena UC, yakni:

  • Usia: UC biasanya muncul sebelum usia 30. Meskipun begitu, UC juga dapat terjadi pada umur berapapun, dan bahkan beberapa orang baru terkena penyakit ini pada usia 60
  • Ras: meskipun orang berkulit putih memiliki resiko infeksi yang lebih tinggi, tetapi UC dapat terjadi pada ras apapun. Dan apabila Anda seorang Yahudi Ashkenazi, risikonya bahkan akan menjadi jauh lebih tinggi
  • Sejarah keluarga: Anda akan berisiko lebih tinggi apabila Anda memiliki anggota keluarga seperti orangtua, saudara kandung, atau anak, yang juga memiliki penyakit tersebut
  • Menggunakan isotretinoin: Isotretinoin (Amnesteem, Claravis, Sotret; dulunya disebut accutane) merupakan jenis obat yang kadang-kala digunakan untuk mengatasi jerawat dan bekas jerawat. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa obat tersebut meningkatkan faktor risiko terjangkit UC, namun kejelasan hubungan antara UC dan isotretinoin belum ditentukan

Obat & Pengobatan

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter Anda.

Apa saja pilihan pengobatan saya untuk ulcerative colitis?

Tujuan dari pengobatan ini adalah untuk mengurangi gejala, mengontrol peradangan, dan mencegah komplikasi.

Obat-obatan yang paling utama dalam menangani UC adalah obat inflamasi, seperti mesalamine, sulfasalazine, olsalazine, dan steroid. Mesalamine digunakan untuk mencegah penyakit muncul lagi dan mengontrol gejala ringan hingga menengah agar tidak memburuk. Gejala yang parah dapat membutuhan perawatan rumah sakit, maka Anda akan diharuskan untuk tidak makan terlebih dahulu dan melakukan infus.

Sebanyak 25% pasien membutuhkan operasi saat obat-obatan tidak bekerja atau saat penyakit menyebar menjadi serius. Operasi dapat termasuk menghilangkan sebagian dari usus.

Apa saja tes yang biasa dilakukan untuk ulcerative colitis?

Dokter akan memeriksa sejarah rekam medis keluarga Anda dan melakukan serangkaian tes fisik. Dokter akan mengambil sampel darah dan urin untuk mengecek pendarahan dan infeksi. UC didiagnosis melalui identifikasi endoskopis. Dalam prosedur ini, sebuah kabel fleksibel dengan lampu akan dimasukkan ke dalam rektum (anus) untuk melihat kondisi anus dan bagian bawah usus. Sampel lapisan usus kemudian dicopot untuk diobservasi menggunakan mikroskop.

Pengobatan di rumah

Apa saja perubahan gaya hidup atau pengobatan rumahan yang dapat dilakukan untuk mengatasi ulcerative colitis?

Berikut merupakan bentuk-bentuk dari gaya hidup sehat dan pengobatan tempat tinggal yang dapat membantu Anda menghadapi UC:

  • Konsumsi obat-obatan sebagaimana diinstruksikan oleh dokter
  • Tanyakan dokter apakah Anda bisa meminum vitamin, suplemen mineral, dan tablet zat besi
  • Usahakan untuk melakukan aktivitas fisik normal
  • Temui dokter secara berkala. Pemeriksaan kolonoskopi sangat penting untuk mengawasi secara periodik bagaimana perkembangan penyakit Anda dan mencegahnya agar tidak memburuk menjadi kanker usus

Bila ada pertanyaan, konsultasikanlah dengan dokter untuk solusi terbaik masalah Anda.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: Desember 14, 2016 | Terakhir Diedit: Desember 14, 2016

Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan