Definisi

Apa itu kutil kelamin?

Kutil kelamin adalah kondisi ketika Anda memiliki kutil di organ genital Anda. Kutil mungkin terlihat seperti benjolan daging kecil berwarna atau memiliki penampilan seperti kembang kol. Dalam banyak kasus, kutil terlalu kecil sehingga Anda tidak bisa melihatnya. Kutil kelamin adalah salah satu jenis yang paling umum dari infeksi menular seksual, yang disebabkan oleh virus papiloma manusia (HPV). Virus ini dapat menyebabkan kutil kelamin serta kanker serviks pada wanita.

Seberapa umumkah kutil kelamin?

Penyakit ini umum terjadi. Wanita lebih mungkin dibandingkan pria untuk mengalami kutil kelamin. Kondisi ini dapat mempengaruhi pasien pada usia berapa pun. Kondisi ini dapat dikelola dengan mengurangi faktor risiko Anda. Silakan diskusikan dengan dokter Anda untuk informasi lebih lanjut.

Tanda-tanda & gejala

Apa saja tanda-tanda dan gejala kutil kelamin?

Tanda-tanda dan gejala kutil kelamin yang umum adalah:

  • Bengkak kecil di daerah kemaluan Anda
  • Beberapa kutil berdekatan yang menyerupai bentuk kembang kol
  • Rasa gatal atau rasa tidak nyaman di daerah kemaluan Anda
  • Perdarahan saat hubungan seksual

Perempuan dapat memiliki kutil kelamin yang tumbuh pada vulva, dinding vagina, daerah antara alat kelamin eksternal dan anus, saluran anus, dan leher rahim. Pria dapat memiliki kutil kelamin di ujung atau batang penis, skrotum, atau anus.

Kutil juga berkembang di mulut atau tenggorokan dari orang yang telah memiliki kontak seksual oral dengan orang yang terinfeksi.

Kemungkinan ada tanda-­tanda dan gejala yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran akan sebuah gejala tertentu, konsultasikanlah dengan dokter Anda.

Kapan saya harus periksa ke dokter?

Anda perlu periksa ke dokter jika Anda atau pasangan Anda memiliki benjolan atau kutil di daerah genital. Jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala yang tercantum di atas atau memiliki pertanyaan, silakan berkonsultasi dengan dokter Anda. Tubuh masing-­masing orang berbeda. Selalu konsultasikan ke dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.

Penyebab

Apa penyebab kutil kelamin?

Penyebab kutil kelamin adalah manusia papilloma virus (HPV). Dilaporkan bahwa lebih dari 40 jenis yang berbeda dari HPV dapat mempengaruhi daerah genital. Melalui kontak seksual, HPV genital ditularkan. Jika sistem kekebalan tubuh cukup kuat untuk membunuh HPV genital, Anda tidak akan mengalami tanda-tanda atau gejala infeksi. Namun, dalam banyak kasus, HPV menetap dan tidak menimbulkan gejala apapun.

Faktor-faktor risiko

Apa yang meningkatkan risiko saya untuk kutil kelamin?

Ada banyak faktor risiko untuk kutil kelamin, seperti:

  • Melakukan  seks tanpa kondom dengan pasangan yang berbeda
  • Memiliki infeksi menular seksual
  • Berhubungan seks dengan pasangan yang Anda tidak tahu sejarah seksualnya
  • Menjadi aktif secara seksual di usia muda

Obat & Pengobatan

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter Anda.

Apa saja pilihan pengobatan saya untuk kutil kelamin?

Dokter mungkin memberikan Anda perawatan kutil topikal, termasuk imiquimod (Aldara), podofilin dan podofiloks (Condylox), atau asam trikloroasetat (TCA).

Obat-obatan penghilang kutil yang beredar di pasaran tidak dianjurkan untuk mengobati kutil kelamin karena jaringan area genital terlalu lembap, dan obat-obatan tersebut dapat menyebabkan rasa sakit dan iritasi.

Operasi diperlukan bila Anda memiliki kutil yang lebih besar, atau kutil Anda tidak merespon pengobatan. Jika Anda sedang hamil, operasi juga dianjurkan untuk menghindari penggunaan obat yang bisa mempengaruhi bayi. Pilihan bedah termasuk pembekuan dengan nitrogen cair (cryotherapy) dan perawatan laser.

Apa saja tes yang biasa dilakukan untuk kutil kelamin?

Pemeriksaan fisik dari setiap daerah di mana Anda menduga kutil muncul akan dilakukan. Jika kutil berkembang lebih dalam di dalam tubuh perempuan, pemeriksaan panggul juga diperlukan. Dokter Anda mungkin menerapkan larutan asam ringan, yang membantu untuk membuat kutil lebih terlihat.

Dokter mungkin juga akan mengambil sampel dari daerah yang terkena untuk mendapatkan sel-sel dari leher rahim Anda (Pap smear) untuk mendiagnosis penyakit Anda. Sampel kemudian dapat diuji untuk adanya HPV. Selain itu, dokter juga dapat mengajukan beberapa pertanyaan untuk mengetahui tentang kesehatan dan riwayat seksual.

Pengobatan di rumah

Apa saja perubahan gaya hidup atau pengobatan rumahan yang dapat dilakukan untuk mengatasi kutil kelamin?

Berikut gaya hidup dan pengobatan rumahan dapat membantu Anda mengatasi kutil kelamin:

Menggunakan kondom saat berhubungan seks. Penggunaan kondom ini secara signifikan mengurangi risiko tertular kutil kelamin.

Lakukan sitz bath. Tuangkan beberapa cm air hangat pada bak mandi dan kemudian Anda dapat duduk di dalamnya selama 10 atau 15 menit setiap hari.

Gunakan lampu panas atau pengering rambut. Anda dapat menggunakan alat-alat ini untuk mengeringkan area genital Anda. Namun, Anda sebaiknya memegang lampu atau pengering setidaknya 40 cm dari kulit Anda.
Bila ada pertanyaan, konsultasikanlah dengan dokter untuk solusi terbaik masalah Anda.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: Desember 14, 2016 | Terakhir Diedit: Desember 14, 2016