Definisi

Apa itu cantengan (ingrown toenails, onychocryptosis)?

Ingrown nail alias kuku tumbuh ke dalam atau cantengan adalah kondisi ketika kuku kaki (atau kuku tangan) memiliki bagian akhir yang tajam yang tumbuh ke bawah dan ke dalam daging jari tangan atau jari kaki. Setiap jari tangan atau jari kaki bisa memiliki kuku yang tumbuh ke dalam, tetapi biasanya terjadi pada jempol kaki. Ingrown toenail yang tidak diobati dapat menyebabkan infeksi kulit dan masalah tulang yang serius.

Gejala ingrown nail, penyebab ingrown nail, dan obat ingrown nail, akan dijelaskan lebih lanjut di bawah ini.

Seberapa umumkah cantengan (ingrown toenails, onychocryptosis)?

Kuku cenderung menebal seiring dengan meningkatnya usia, yang mengakibatkan orang yang lebih tua memiliki kuku yang tumbuh ke dalam. Anak-anak dan remaja juga cenderung memiliki kuku yang tumbuh ke dalam. Hal ini dapat dicegah dengan mengurangi faktor risiko Anda. Silakan diskusikan dengan dokter Anda untuk informasi lebih lanjut.

Tanda-tanda & gejala

Apa saja tanda-tanda dan gejala cantengan (ingrown toenails, onychocryptosis)?

Gejala yang muncul termasuk jari kaki yang mengeras, bengkak, dan terasa rapuh di sekitar kuku. Daerah ini menjadi memerah dan sangat sakit dan terasa panas. Kulit tumbuh di atas kuku yang tumbuh ke dalam. Jika kaki yang terinfeksi, nanah atau cairan dapat mengalir dari jari kaki.

Kemungkinan ada tanda­-tanda dan gejala yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran akan sebuah gejala tertentu, konsultasikanlah dengan dokter Anda.

Kapan saya harus periksa ke dokter?

Jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala yang tercantum di atas atau mengalami ketidaknyamanan parah di kaki Anda atau muncul nanah atau kemerahan yang tampaknya akan menyebar. Jika Anda memiliki diabetes atau kondisi lain yang menyebabkan gangguan aliran darah ke kaki Anda dan mengalami sakit kaki atau infeksi, silakan konsultasi dengan dokter Anda. Tubuh masing-­masing orang berbeda. Selalu konsultasikan ke dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.

Penyebab

Apa penyebab cantengan (ingrown toenails, onychocryptosis)?

Penyebab kondisi ini termasuk memakai sepatu yang terlalu kecil, memotong kuku dengan cara yang salah, kelainan tulang, atau cedera jari kaki seperti jari kaki tersandung. Orang yang sudah lanjut usia, yang memiliki diabetes, atau yang memiliki masalah dengan sirkulasi darah di kaki mereka memiliki peluang lebih besar untuk memiliki kuku kaki yang tumbuh ke dalam. Hal ini juga berlaku bagi anak-anak dan remaja yang mungkin memakai sepatu yang sempit.

Faktor-faktor risiko

Apa yang meningkatkan risiko saya untuk cantengan (ingrown toenails, onychocryptosis)?

Ada banyak faktor risiko untuk ingrown toenail seperti:

  • Usia
  • Diabetes
  • Aliran darah yang buruk ke bagian kaki

Obat & Pengobatan

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter Anda.

Apa saja pilihan pengobatan saya untuk cantengan (ingrown toenails, onychocryptosis)?

Jika masalah yang terjadi tidak parah, merendam kaki atau tangan pada air sabun yang hangat beberapa kali setiap hari dapat mengurangi masalah. Mengangkat tepi kuku yang tumbuh ke dalam dan meletakkan beberapa kapas di bawah kuku untuk memisahkannya dari kaki juga dapat membantu.

Untuk kaki yang terinfeksi parah atau kuku kaki yang tumbuh ke dalam yang terus datang kembali, dokter dapat mengangkat bagian dari kuku. Dokter akan melakukan bius pada kaki dan menggunakan gunting untuk memotong bagian kuku yang tumbuh ke dalam. Seorang ahli penyakit kaki, dokter yang mengkhususkan diri dalam masalah kaki, juga bisa menghilangkan kuku.

Dokter akan meresepkan obat antibiotik untuk kaki yang terinfeksi dengan ingrown toenail. Orang dengan diabetes dapat memiliki komplikasi serius dari ingrown toenail seperti luka (ulkus kaki), yang bisa membutuhkan operasi.

Apa saja tes yang biasa dilakukan untuk cantengan (ingrown toenails, onychocryptosis)?

Dokter membuat diagnosis dengan melihat dan memeriksa kuku dan jari kaki. Jika kuku yang tumbuh ke dalam terinfeksi, dokter dapat mengambil sampel nanah atau cairan lalu mengirimkannya untuk diteliti untuk mengetahui bakteri yang menyebabkan infeksi.

Pengobatan di rumah

Apa saja perubahan gaya hidup atau pengobatan rumahan yang dapat dilakukan untuk mengatasi cantengan (ingrown toenails, onychocryptosis)?

Berikut adalah gaya hidup dan pengobatan rumahan yang dapat membantu Anda mengatasi ingrown toenail:

  • Kenakan kaus kaki bersih dan sepatu berujung terbuka sementara waktu untuk menyembuhkan kaki Anda
  • Bersihkan dan keringkan daerah sekitar kuku Anda setelah mandi
  • Jagalah kaki Anda agar tetap bersih
  • Jangan potong kuku Anda di bagian tepi sehingga Anda memiliki bagian tepi yang tajam. Bagian tepi dapat tumbuh ke dalam kaki di sekitar kuku

Bila ada pertanyaan, konsultasikanlah dengan dokter untuk solusi terbaik masalah Anda.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: Desember 14, 2016 | Terakhir Diedit: Desember 14, 2016

Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan