Definisi

Apa itu bibir sumbing?

Bibir sumbing atau celah bibir adalah cacat lahir di mana bagian wajah yang membentuk bibir atas terpisah dan tidak menyatu sebelum kelahiran. Celah yang serupa juga dapat terjadi pada langit-langit mulut.

Bibir sumbing dan celah langit dapat terjadi sendiri atau bersamaan pada orang yang sama. Kondisi ini terjadi pada awal pembentukan janin. Cacat dapat disebabkan oleh genetik atau akibat paparan dari lingkungan selama kehamilan.

Tanda-tanda & gejala

Apa saja tanda-tanda dan gejala bibir sumbing?

Biasanya, celah pada bibir atau langit-langit langsung terlihat saat kelahiran. Bibir sumbing dan celah langit dapat muncul sebagai:

  • Celah pada bibir dan langit-langit mulut yang dapat mempengaruhi salah satu atau kedua sisi wajah
  • Celah pada bibir yang dapat terlihat sebagai torehan pada bibir atau dapat berkisar dari bibir melalui gusi atas dan langit-langit hingga bagian bawah hidung
  • Celah pada langit-langit mulut yang tidak mempengaruhi tampilan pada wajah.

Terkadang, celah hanya terjadi pada otot dari langit-langit lunak (celah pada langit-langit submukosa), yang terletak di bagian belakang mulut dan tertutup oleh lapisan mulut. Jenis celah ini sering kali tidak terdeteksi saat kelahiran dan mungkin tidak terdiagnosis hingga tanda-tanda muncul. Tanda-tanda dan gejala dari celah langit-langit submukosa dapat meliputi:

  • Kesulitan menelan
  • Suara berbicara dari hidung (suara sengau)
  • Infeksi telinga yang berulang

Kemungkinan ada tanda-tanda dan gejala yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran akan sebuah gejala tertentu, konsultasikanlah dengan dokter Anda.

Obat & Pengobatan

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter Anda.

Bagaimana cara mengobati bibir sumbing?

Tidak ada yang menginginkan cacat lahir pada bayi. Saat kegembiraan akan lahirnya bayi menghadapi stress akibat mengetahui bayi Anda memiliki bibir sumbing atau celah langit-langit, kondisi ini dapat menyebabkan suasana yang emosional bagi seluruh keluarga.

Untuk orang tua dan keluarga

Saat memiliki bayi dengan bibir sumbing dan celah langit di keluarga, ikuti tips berikut:

  • Jangan salahkan diri Anda. Fokus untuk mendukung dan membantu anak Anda.
  • Kenali emosi Anda. Sangat wajar untuk merasa sedih dan kecewa.
  • Cari dukungan dan informasi. Pekerja rumah sakit dapat membantu Anda mencari informasi untuk menjalani operasi untuk memperbaiki bibir sumbing, dan berbagai dukungan lain.

Untuk anak-anak

Anda dapat mendukung anak Anda dengan berbagai cara:

  • Fokus kepada anak Anda sebagai seseorang, bukan pada kondisinya.
  • Tunjukkan atribut positif pada orang lain yang tidak melibatkan tampilan fisik.
  • Bantu anak Anda meningkatkan rasa percaya diri dengan membiarkannya mengambil keputusan.
  • Berikan dorongan bahasa tubuh yang percaya diri, seperti tersenyum, menegakkan kepala dan pundak.
  • Jaga agar komunikasi terbuka. Apabila cemooh atau masalah kepercayaan diri muncul di sekolah, pastikan anak Anda merasa aman untuk membicarakannya dengan Anda.

Kapan saya harus periksa ke dokter gigi?

Bibir sumbing dan celah langit biasanya muncul saat lahir, dan dokter akan langsung mulai mengatur perawatan. Apabila bayi Anda memiliki tanda-tanda dan gejala dari celah langit-langit submukosa, seperti kesulitan saat menyusui, atur jadwal pertemuan dengan dokter anak.

 

Pencegahan

Bagaimana cara mencegah bibir sumbing

Setelah bayi lahir dengan celah, orang tua wajar jika memiliki kekhawatiran untuk memiliki anak lagi dengan kondisi yang sama. Walau biasanya kondisi ini tidak dapat dicegah, pertimbangkan langkah-langkah berikut untuk meningkatkan pengertian Anda atau mengurangi risiko:

  • Pertimbangkan konseling genetik. Apabila Anda memiliki sejarah keluarga terhadap bibir sumbing dan celah langit, beri tahu dokter sebelum kehamilan Anda. Dokter dapat merujuk Anda ke konselor genetik yang dapat membantu menunjukkan risiko memiliki anak dengan kondisi ini.
  • Konsumsi vitamin prenatal. Mengonsumsi multivitamin sebelum dan selama mengandung dapat membantu mengurangi risiko cacat lahir, seperti bibir sumbing dan celah langit. Apabila Anda berencana untuk hamil dalam waktu dekat, mulailah untuk mengonsumsi vitamin prenatal sekarang.
  • Jangan mengonsumsi tembakau atau alkohol. Penggunaan alkohol dan tembakau selama kehamilan dapat meningkatkan risiko memiliki bayi dengan cacat celah.

Bila ada pertanyaan, konsultasikanlah dengan dokter untuk solusi terbaik masalah Anda.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: Juli 14, 2017 | Terakhir Diedit: Juli 14, 2017

Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan