Kenali 4 Jenis Vitamin Kesuburan Ini Agar Cepat Hamil

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 10/02/2020 . Waktu baca 8 menit
Bagikan sekarang

Mengonsumsi nutrisi yang baik bisa meningkatkan peluang hamil, nyatanya bukan sekadar mitos. Ada beragam vitamin untuk kesuburan yang dapat membantu memperbesar peluang hamil yang diharapkan. Vitamin ini bisa diperoleh dari beragam jenis makanan. Apa saja vitamin kesuburan untuk program hamil dan bagaimana memperolehnya ? Berikut penjelasannya.

Jenis vitamin kesuburan untuk meningkatkan peluang kehamilan

Tubuh yang sehat merupakan kunci utama bagi para pasangan yang ingin memiliki momongan. Pasalnya, beberapa penyakit ternyata dapat membuat tubuh jadi lebih sulit menyerap nutrisi, contohnya penyakit Celiac yang tidak dapat diobati. Hal ini tidak hanya membuat penyakitnya semakin parah, tetapi juga dapat meningkatkan risiko infertilitas alias ketidaksuburan pada pria maupun wanita.

Itulah mengapa, Anda wajib memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral setiap hari yang dibutuhkan oleh tubuh. Anda dapat memenuhinya melalui makanan yang bergizi atau vitamin kesuburan untuk program hamil yang sesuai dengan anjuran dokter. Selain menjaga kesehatan tubuh, penggunaan vitamin kesuburan untuk program hamil juga bermanfaat untuk membantu meningkatkan kesuburan Anda dan pasangan.

Sejumlah vitamin yang akan mendukung program hamil, bagi pria dan wanita adalah sebagai berikut:

1. Vitamin B

jenis vitamin b saat puasa

Ada terdapat berbagai jenis vitamin B yang baik untuk kesehatan. Mulai dari vitamin B3, B6, B9, dan B12. Setiap jenis vitamin B memiliki peranan penting untuk kesehatan tubuh. Sebagai contoh, saat tubuh kekurangan vitamin B12, Anda mungkin akan mengalami anemia.

Di antara sekian banyak jenis vitamin B, vitamin B6 dan vitamin B9 merupakan dua vitamin kesuburan yang paling penting dikonsumsi untuk program hamil. Berikut penjelasannya.

Vitamin B6

Salah satu vitamin B yang baik untuk kesuburan adalah vitamin B6. Vitamin ini dapat meningkatkan kesuburan Anda dan pasangan karena hubungannya dengan kadar homosistein di dalam tubuh. Berdasarkan penelitian yang dimuat di dalam jurnal berjudul Nutrition Journal menyatakan bahwa homosistein adalah asam amino yang terdapat pada aliran darah Anda.

Jika kadarnya meningkat, homosistein dapat menyebabkan penyakit jantung dan juga stroke. Sementara itu, kadar homosistein yang tinggi di dalam folikel juga dapat memengaruhi ovulasi.

Sementara itu, vitamin B6 sebagai salah satu vitamin kesuburan untuk program hamil dapat membantu menurunkan kadar homosistein di dalam darah. Dengan begitu, kesempatan Anda untuk mengalami kehamilan pun meningkat. Walau demikian, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan hal tersebut.

Vitamin B9

Vitamin B yang juga bermanfaat untuk program hamil adalah vitamin B9. Vitamin B9 bisa disebut dengan folat atau asam folat. Meski demikian, keduanya berbeda. Perbedaan antara folat dan asam folat adalah jika folat adalah bentuk murni dari B9. Sementara, asam folat merupakan bentuk sintetis dari vitamin B9.

Mengapa vitamin B9 baik untuk kesuburan dan program hamil? Pasalnya, asupan asam folat yang rendah dapat membuat fase luteal menjadi tidak normal. Fase luteal adalah rentang waktu dari ovulasi menuju awal menstruasi.

Ketika fase luteal lebih pendek dari 10 hari, hal ini disebut sebagai cacat fase luteal. Jika ini terjadi, proses ovulasi jelas akan terganggu sehingga siklus menstruasi menjadi tidak teratur.

Sementara pada pria, asupan folat yang rendah dapat menurunkan kualitas sperma. Maka itu, pastikan tubuh Anda mendapatkan cukup folat. Idealnya, Anda harus mengonsumsi folat, bukan asam folat. Jika Anda mengonsumsi suplemen asam folat, maka tubuh harus mengubah asam folat menjadi folat terlebih dahulu supaya lebih mudah diserap.

Ketimbang memperberat kerja tubuh untuk mengubah asam folat menjadi folat, ada baiknya Anda mengonsumsi makanan sumber folat yang alami. Berbagai jenis sayuran yang mengandung vitamin B9 yang baik untuk kesuburan dan program hamil ini di antaranya buncis, sayuran hijau gelap, asparagus, dan brokoli.

2. Vitamin C

kebutuhan vitamin C saat puasa

Vitamin C merupakan salah satu vitamin kesuburan untuk program hamil yang dapat membantu Anda cepat hamil. Ini karena vitamin C termasuk kaya antioksidan yang tak hanya membantu menangkal radikal bebas, tetapi juga meningkatkan kesuburan.

Jika dikombinasikan dengan vitamin E, vitamin C dapat meningkatkan kesehatan sperma dan mengurangi kerusakan DNA sperma. Hal ini dibuktikan oleh sebuah penelitian yang menemukan bahwa pemberian suplemen vitamin C dapat meningkatkan jumlah dan motilitas (pergerakan) sperma. Ini artinya, kualitas sperma pun akan meningkat dan lebih mudah mencapai sel telur dan membuahinya.

Sementara pada wanita, vitamin C dapat membantu menstabilkan kadar hormon dalam tubuh. Selain itu, vitamin C juga dapat menguatkan dinding pembuluh darah dan melawan infeksi yang dapat mengganggu proses ovulasi sehingga baik untuk kesuburan. Semakin baik kualitas sperma pria dan proses ovulasi pada wanita, maka semakin besar pula peluang terjadinya kehamilan.

Asupan vitamin C bisa Anda dapatkan dari berbagai sumber makanan seperti jeruk, mangga, tomat, stroberi, kacang polong, dan kentang.

3. Vitamin D

manfaat vitamin d3 dan vitamin d2

Selain vitamin B dan C, rupanya vitamin D juga sama pentingnya untuk kesuburan, khususnya bagi Anda yang ingin mengikuti program hamil. Anda tentu sudah sangat akrab dengan vitamin D. Ya, vitamin yang dikenal sebagai vitamin sinar matahari ini memiliki fungsi utama.

Fungsi utamanya yaitu untuk menjaga kesehatan tulang dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Namun jangan salah, vitamin D juga termasuk salah satu vitamin yang bermanfaat dikonsumsi untuk program hamil, lho!

Wanita yang kekurangan vitamin D nyatanya lebih berisiko mengalami masalah ovulasi dan meningkatkan risiko endometriosis. Perlu dicatat bahwa endometriosis merupakan salah satu penyebab sulit hamil pada sebagian besar wanita.

Untuk kesuburan, vitamin D berperan penting untuk membantu penyerapan kalsium. Tidak hanya membantu meningkatkan kepadatan tulang, vitamin D yang baik untuk kesuburan ini juga dapat menormalkan perkembangan folikel pada wanita.

Folikel adalah kantung dalam ovarium berisi sel telur yang belum matang. Saat wanita mendapatkan cukup vitamin D, maka folikel akan lebih mudah melepaskan sel telur yang lebih optimal dan siap dibuahi.

Maka itu, pastikan Anda dan pasangan sudah memenuhi kebutuhan vitamin D harian. Bahkan, pasangan yang menjalani prosedur medis seperti in vitro fertilization (IVF) atau yang lebih akrab disebut dengan bayi tabung juga memiliki tingkat keberhasilan yang lebih tinggi. Khususnya jika dibandingkan dengan pasangan yang kekurangan asupan vitamin D untuk kesuburan.

Anda bisa mendapatkan asupan vitamin D dengan cara alami. Sebagai contoh, Anda bisa berjemur di bawah sinar matahari pagi. Selain dengan rutin berjemur di pagi hari, Anda juga bisa mendapatkan asupan vitamin D dari berbagai makanan lainnya.

Sebagai contoh, Anda bisa mendapatkan asupan vitamin D untuk kesuburan melalui makanan seperti susu, minyak ikan cod, salmon, tuna, hati sapi, dan sereal yang diperkaya dengan vitamin ini.

4. Vitamin E

makanan kaya vitamin e

Selain vitamin yang disebutkan di atas sebagai vitamin untuk program hamil adalah vitamin E. Salah satu manfaat vitamin E untuk kesuburan pria yaitu dapat memengaruhi kematangan sel sperma.

Sementara, saat sel sperma tidak berhasil matang secara optimal, maka kualitas dari sel sperma akan berubah menjadi buruk, sehingga tidak mampu membuahi sel telur dengan baik. Pria yang jumlah spermanya sedikit umumnya mengandung lebih sedikit vitamin E dalam air maninya, daripada pria yang jumlah spermanya normal atau banyak.

Dengan pemberian tambahan vitamin E, motilitas dan kualitas spermanya cenderung meningkat hingga 5 persen. Bahkan, peluang terjadinya kehamilan pun ikut meningkat hingga 10,8 persen.

Maka itu, pastikan untuk selalu memenuhi kebutuhan vitamin E harian. Vitamin E bisa Anda dapatkan dari makanan. Sebagai contoh, alpukat, ubi jalar, sayuran hijau, biji-bijian, dan kacang-kacangan seperti kacang almond dan kacang tanah.

Meski berbagai vitamin ini memang diduga dapat meningkatkan kesuburan Anda, akan lebih baik jika Anda berkonsultasi dengan dokter kandungan mengenai kondisi kesehatan Anda. Lalu, tanyakan pula kepada dokter vitamin apa yang sesuai untuk membantu Anda meningkatkan kesuburan. Mengonsumsi vitamin kesuburan termasuk salah satu upaya yang bisa Anda dan pasangan lakukan agar segera memiliki momongan.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Makan Makanan Berlemak Ternyata Ada Pengaruhnya Bagi Kesuburan

Lemak tubuh yang rendah bisa mengganggu kesuburan. Jika demikian, apakah wanita harus banyak makan makanan berlemak untuk meningkatkan kesuburan?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Kesuburan, Kehamilan 19/01/2020 . Waktu baca 4 menit

Bagaimana Stres Saat Liburan Dapat Memengaruhi Kesuburan Anda

Dampak dari stres saat liburan ternyata tidak hanya merusak liburan Anda, melainkan juga memengaruhi tingkat kesuburan Anda. Mengapa demikian?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Kesuburan, Kehamilan 25/12/2019 . Waktu baca 5 menit

Mengapa Bertambahnya Usia Dapat Memengaruhi Kesuburan Wanita

Mungkin banyak dari Anda yang belum mengetahui bahwa usia bisa memengaruhi kesuburan wanita. Mengapa hal tersebut bisa terjadi?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Kesuburan, Kehamilan 23/12/2019 . Waktu baca 3 menit

Kapan Masa Subur Pria dan Bagaimana Cara Menghitungnya?

Mengetahui kapan saat masa subur pria dapat meningkatkan kemungkinan hamil. Ketahui cara menghitung masa subur pria dalam artikel berikut ini.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Kesuburan, Kehamilan 05/11/2019 . Waktu baca 7 menit

Direkomendasikan untuk Anda

hormon-gnrh

Mengenal Fungsi Gonadotropin-Releasing Hormone (GnRH) bagi Kesuburan

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 24/05/2020 . Waktu baca 4 menit
puasa pengaruhi kesuburan

Apakah Puasa Memengaruhi Kesuburan untuk Hamil?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Dipublikasikan tanggal: 29/04/2020 . Waktu baca 3 menit
ciri ciri subur

8 Ciri Wanita Sedang dalam Masa Subur

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Dipublikasikan tanggal: 08/04/2020 . Waktu baca 10 menit
phthalate mempengaruhi kesuburan

Phthalate, Kandungan Utama Plastik yang Katanya Bisa Pengaruhi Kesuburan

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Dipublikasikan tanggal: 21/02/2020 . Waktu baca 3 menit