Apa Itu Anemia Defisiensi Vitamin?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Definisi

Apa itu anemia defisiensi vitamin?

Anemia defisiensi vitamin adalah anemia akibat kekurangan vitamian esensial atau zat-zat yang dibutuhkan untuk memproduksi sel-sel darah merah yang sehat. Vitamin B12, folat (atau vitamin B9), dan vitamin C adalah vitamin yang berfungsi penting untuk membentuk sel-sel darah merah yang diperlukan untuk mengangkut oksigen ke sel-sel di seluruh tubuh.

Selain itu, anemia akibat kekurangan vitamin dapat terjadi ketika tubuh kesulitan untuk menyerap atau memproses vitamin-vitamin ini.

Hal lain yang menyebabkan Anda menderita anemia defisiensi vitamin adalah kekurangan zat besi dan penyakit darah tertentu. Itu sebabnya penting untuk memeriksakan diri ke dokter agar mendapatkan diagnosis dan pengobatan yang sesuai untuk anemia Anda. Penyakit akibat kekurangan vitamin ini biasanya dapat diperbaiki dengan suplemen vitamin dan perubahan pada pola makan.

Seberapa umumkah anemia akibat kekurangan vitamin terjadi?

Kondisi kesehatan ini sangatlah umum terjadi dan dapat mengenai pasien pada usia berapa pun. Hal ini dapat diatasi dengan mengurangi faktor risiko Anda. Diskusikanlah dengan dokter untuk informasi lebih lanjut.

Tanda-Tanda dan Gejala

Apa saja tanda-tanda dan gejala anemia defisiensi vitamin?

Gejala umum dari penyakit kekurangan vitamin ini, antara lain:

  • Kelelahan
  • Sesak napas
  • Pusing
  • Kulit pucat atau kekuningan
  • Detak jantung tidak teratur
  • Penurunan berat badan
  • Mati rasa atau kesemutan di tangan dan kaki
  • Kelemahan otot
  • Perubahan kepribadian
  • Gerakan yang goyah (limbung)
  • Kebingungan mental atau sifat pelupa

Kemungkinan ada tanda-tanda dan gejala yang tidak disebutkan di atas. Jika Anda memiliki kekhawatiran akan gejala tertentu, konsultasikanlah pada dokter.

Kapan saya harus periksa ke dokter?

Jika Anda mengalami satu pun tanda atau gejala yang disebutkan di atas, atau memiliki pertanyaan apa pun, konsultasikanlah pada dokter. Tubuh setiap orang bereaksi dengan cara berbeda. Selalu lebih baik untuk mendiskusikan apa yang terbaik untuk keadaan Anda dengan dokter.

Penyebab

Apa penyebab anemia akibat kekurangan vitamin?

Kekurangan vitamin atau zat yang diperlukan untuk pembentukan sel darah merah adalah penyebab utama dari anemia defisiensi vitamin. Bisa juga, anemia akibat kekurangan vitamin terjadi karena tubuh tidak dapat menyerap nutrisi dari makanan yang Anda konsumsi dengan baik.

Anemia karena kekurangan folat

Folat (juga dikenal sebagai vitamin B-9) adalah nutrisi yang ditemukan terutama dalam buah-buahan dan sayuran berdaun hijau. Memiliki masalah penyerapan folat dari makanan juga dapat menyebabkan defisiensi.

Kebanyakan nutrisi dari makanan diserap di usus halus. Itu sebabnya orang yang memiliki penyakit atau masalah pada usus halus dapat mengalami kesulitan menyerap folat atau bentuk sintetisnya, asam folat.

Alkohol mengurangi penyerapan folat, sehingga minum alkohol yang berlebihan dapat menyebabkan tubuh kekurangan vitamin ini. Obat-obatan tertentu yang diresepkan, seperti beberapa obat anti-kejang, dapat mengganggu penyerapan nutrisi ini.

Wanita hamil dan menyusui memiliki kebutuhan yang lebih tinggi akan folat. Begitu juga dengan orang yang menjalani hemodialisis untuk penyakit ginjal.

Anemia defisiensi vitamin B12

Vitamin B12 berasal dari daging, ikan, telur, dan produk susu. Orang yang tidak mengonsumsi makanan tersebut dalam jumlah yang cukup, seperti vegetarian, berisiko untuk terkena anemia defisiensi vitamin.

Alkohol juga dapat mengganggu penyerapan vitamin B12, itu sebabnya para alkoholik merupakan salah satu kelompok yang berisiko.

Gangguan usus atau pencernaan

Kondisi seperti penyakit Crohn dan penyakit celiac dapat menghambat kemampuan tubuh untuk menyerap vitamin B12.

Lansia juga dapat memiliki kondisi yang disebut achlorhydria (dikenal juga sebagai tubuh tidak memproduksi cukup asam lambung untuk melepaskan vitamin B12 dalam makanan untuk diserap oleh usus).

Operasi bypass lambung yang dijalani untuk mengurangi berat badan dapat menyebabkan bentuk anemia defisiensi vitamin ini pula.

Anemia defisiensi vitamin C

Kekurangan vitamin C dapat terjadi ketika Anda tidak mendapatkan cukup vitamin C dari makanan yang Anda konsumsi. Kekurangan vitamin C juga mungkin terjadi jika sesuatu mengganggu kemampuan Anda untuk menyerap vitamin C dari makanan. Misalnya, merokok mengganggu kemampuan tubuh untuk menyerap vitamin C.

Faktor Pemicu

Apa yang membuat saya lebih berisiko terkena anemia defisiensi vitamin?

Ada banyak faktor yang dapat memicu anemia akibat kekurangan vitamin, seperti:

  • Pola makan yang hanya mengandung sedikit atau tanpa sumber makanan alami bervitamin
  • Anda sedang hamil
  • Anda memiliki masalah usus atau kondisi medis lainnya
  • Anda menyalahgunakan alkohol
  • Anda menggunakan obat-obatan tertentu yang diresepkan

Diagnosis dan Pengobatan

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter Anda untuk informasi lebih lanjut.

Bagaimana anemia defisiensi vitamin didiagnosis?

Beberapa tes yang dapat dilakukan untuk menegakkan diagnosis adanya penyakit kekurangan vitamin ini, yaitu:

  • Tes darah
  • Tes tambahan untuk defisiensi B-12
  • Tes antibodi
  • Tes asam methylmalonic (kadar zat ini lebih tinggi pada orang yang kekurangan vitamin B-12)
  • Tes Schilling

Apa saja pengobatan untuk anemia defisiensi vitamin?

Pengobatan untuk anemia akibat kekurangan vitamin sering berkaitan dengan memperbaiki pola makan, yaitu dengan makanan yang kaya akan vitamin yang Anda butuhkan. Anda juga dapat menggunakan suplemen vitamin secara oral atau, dalam kasus serius, dengan injeksi.

Suplemen atau injeksi vitamin dapat mempertahankan jumlah sel darah merah. Namun, orang dengan anemia pernisiosa harus menerima injeksi vitamin B12 sepanjang sisa hidup mereka.

Dalam semua kasus, setelah tubuh mulai menerima cukup jumlah vitamin yang diperlukan, anemia defisiensi vitamin seharusnya akan membaik dengan sendirinya dalam beberapa minggu.

Pencegahan

Apa saja yang bisa saya lakukan di rumah untuk mencegah atau mengatasi anemia defisiensi vitamin?

Gaya hidup dan pengobatan di rumah berikut dapat membantu Anda mengatasi anemia akibat kekurangan vitamin ini, yaitu:

  • Jalani pola makan yang sehat
  • Pertimbangkan untuk mengonsumsi multivitamin
  • Jangan merokok
  • Kurangi konsumsi alkohol, atau bahkan berhenti

Jika Anda memiliki pertanyaan, konsultasikanlah pada dokter untuk memahami solusi terbaik untuk Anda.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: Desember 18, 2018 | Terakhir Diedit: Desember 18, 2018

Yang juga perlu Anda baca